Senin, 17 Maret 2014

RPP corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan            : SMA Negeri 12 Semarang
Kelas/Semester                  : X/1
Mata Pelajaran                    : Sejarah Indonesia
Materi Pokok                      : Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
Alokasi Waktu                    : 3 pertemuan (6 JP)
A.           Kompetensi Inti
1.             Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.             Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.             Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.             Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranahabstrak(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.            Kompetensi Dasar dan Indikator

No.
Kompetensi Dasar
Indikator


  1.  
1.2.     Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

1.2.1        Memberikan kesempatan untuk beribadah bagi umat agama lain .
1.2.2        Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan dirumuskannya Pancasila sebagai dasar negara oleh para pendiri negara.

  1.  
2.1.       Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada zaman praksara, Hindu – Buddha dan Islam.

2.1.1        Memanfaatkan Museum sebagai sumber referensi bejalar kebudayaan Praaksara.
2.1.2        Menunjukkan rasa tanggung jawab dengan memelihara dan menjaga hasil kebudayaan Praaksara di Indonesia

  1.  
3.2.        Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
3.2.1    Menjelaskan proses terbentuknya kepulauan Indonesia
3.2.2   Menjelaskan Perkembangan bumi dari masa ke masa
3.2.3   Menjelaskan  Asal-usul dan migrasi Manusia     Purba ke Indonesia
3.2.4    Menganalisis jenis manusia Purba
3.2.5    Menganalisis corak kehidupan masyarakat  Praaksara

4.       
4.2. Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisanl
4.2.1 Menganalisis perkembangan bumi dari masa ke masa
4.2.2   Mendeskripsikan Jenis-jenis Manusia Purba
4.2.3    Mengkomunikasikan (mempresentasikan) kepada kelas tentang corak kehidupan masyarakat  Praaksara




C.           Tujuan Pembelajaran  

Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
Pertemuan 1, 2 dan 3
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik mampu:
1.2.1.1  Memberikan kesempatan untuk beribadah bagi umat agama lain .
1.2.2.1  Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa terbentuknya kepulauan Indonesia
2.1.1.1       Memanfaatkan Museum sebagai sumber referensi bejalar kebudayaan Masa Praaksara.
2.1.2.1   Menunjukkan rasa tanggung jawab dengan memelihara dan menjaga kekayaan flora dan fauna di Indonesia
Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik mampu:
a.         Mengetahui Proses terbentuknya kepulauan indonesia
b.        Menjelaskan Perkembangan bumi dari masa ke masa

Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik mampu:
3.2.1.4       Mengetahui Asal-usul dan migrasi Manusia Purba ke Indonesia
3.2.1.4       Menjelaskan jenis-jenis manusia purba di Indonesia

Pertemuan Ketiga
3.2.1.5 Menganalisis corak kehidupan masyarakat praaksara




D.           Materi Pembelajaran 
Pertemuan Pertama
1.      Mengetahui Proses terbentuknya kepulauan indonesia
2.      Menjelaskan Perkembangan bumi dari masa ke masa

Pertemuan Kedua
1.             Asal-usul dan migrasi Manusia Purba ke Indonesia
2.             Jenis-jenis manusia purba di Indonesia

Pertemuan Ketiga
1.             Corak kehidupan masyarakat pra aksara


E.  PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan                  : Scientific Learning
Model                          : Example Non Example
Metode                        :
1.    Ceramah Bervariasi
2.    Diskusi
3.    Tanya jawab
4.    Penugasan
F. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.    Pertemuan 2
a.      Pendahuluan (15 menit)
1)      Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa
2)      Guru mengkondisikan kelas
3)      Guru mereview materi pelajaran yang lalu secara umum
4)      Peserta didik menerima informasi mengenai topik dan tujuan pembelajaran
5)      Guru menjelaskan tentang model pembelajaran Example Non Example
6)      Peserta didik membuat kelompok diskusi  dengan jumlah anggota kelompok 2-3 orang per kelompok.
                   
b.      Inti (60 menit)
1)      Mengamati
a) Peserta didik melakukan pengamatan tentang gambar jenis- jenis manusia purba yang ditampilkan oleh guru
b) Nilai yang dikembangkan : teliti, kreatif
.
Menanya
a) Peserta didik dimotivasi untuk mengeksplorasi dan merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung (pertanyaan hipotetik) terkait dengan materi ajar. apa, siapa, dimana, kapan, bagaimana, mengapa.
b) Nilai yang dikembangkan : rasa ingin tahu
2)     Mencoba/mengumpulkan informasi
a)      Peserta didik mengumpulkan informasi/data dengan membaca buku teks pelajaran, dari gambar, penelusuran internet, dan/atau mencari di perpustakaan untuk menganalisis gambar tersebut.
b)      Peserta didik diberi tugas secara kelompok (3 orang per kelompok) untuk
Menganalisis gambar yang tersebut.
                        c)  Nilai yang dikembangkan: berpikir kritis, kreatif
3)     Mengasosiasi/menalar
a)      Peserta didik menganalisis data dan informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
b)      Peserta didik mendiskusikan didalam kelompok untuk merumuskan kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah disusun,lalu hasil diskusi ditulis didalam kertas
c)      Nilai yang dikembangkan : bertanggung jawab, kerja keras


.
4)     Mengkomunikasikan
a)      Salah satu peserta didik sebagai wakil kelompok mempresentasikan hasil simpulan yang telah dirumuskan. Kelompok lain diwajibkan memberi tanggapan.
b)      Peserta didik bersama guru merumuskan simpulan hasil proses kegiatan pembelajaran pada pertemuan pertama.
c)      Nilai yang dikembangkan : kerja sama

c.       Penutup (10 menit)
1)      Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran
2)      Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
3)      Peserta didik diberi tugas untuk menyempurnakan laporan berdasarkan masukan dan saran pada saat presentasi yang telah dikonfirmasi guru.


F. PENILAIAN HASIL BELAJAR

1.   Sikap Spiritual
Jenis/Teknik Penilaian                          : Observasi
Bentuk Instrumen dan Instrumen        : Lembar Observasi
Pedoman Penskoran                             : Lampiran 1
2.   Sikap Sosial
Jenis/Teknik Penilaian                          : Observasi
Bentuk Instrumen dan Instrumen        : Lembar Observasi
Pedoman Penskoran                             : Lampiran 2
3.   Pengetahuan
Jenis/Teknik Penilaian                          : Test tertulis
Bentuk Instrumen dan Instrumen        : Lembar Kerja Siswa
Pedoman Penskoran                             : Lampiran 3
4.   Keterampilan
Jenis/Teknik Penilaian                          : Test tertulis dan Praktik
Bentuk Instrumen dan Instrumen        : Lembar Kerja Kelompok
Pedoman Penskoran                             : Lampiran 4


G. SUMBER, ALAT, DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber:
  1. Buku  Sejarah SMA  kelas X  kurikulum 2013 oleh Ratna Hapsari , tahun 2013  penerbit Erlangga
  2. http://sejarahkelasx.blogspot.com/2012/04/kronik-dalam-ilmu-sejarah.html

Alat:
1. LCD (untuk power point)
2. Laptop/komputer
3. White board dan perangkatnya

Media:
1. Gambar
2. Power Point













Lampiran 1
Contoh Lembar Observasi: Sikap Spiritual

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 =  selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3 =  sering, apabila cenderung lebih banyak melakukan aspek yang diamati
2 =  kadang-kadang, apabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1 =  tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan aspek yang diamati
Nama Peserta Didik                  : ...
Kelas                                          : ...
Tanggal Pengamatan                 : ...
Materi Pokok                             : ...

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor



Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,34 – 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor  2,66 – 3,33           
Cukup                         : apabila memperoleh skor  1,66 – 2,65
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  1,66

Lampiran 2
Contoh Lembar Penilaian Diri: Sikap Sosial

Nama Peserta Didik      :           ………………….
Kelas                              :           ………………….
Materi Pokok                 :           ………………….
Tanggal                          :           ………………….

Petunjuk
1.             Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2.             berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari

No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
2
3
4
1
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas




2
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang




3
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain




4
Saya bertanggung jawab untuk melaksanakan tugas-tugas yang diberikan




Jumlah Skor



Keterangan :
·                SL  : selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
·                SR  : sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
·                KD : kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
·                TP  : tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Petunjuk Penskoran :
Lihat petunjuk penskoran pada  pedoman observasi sikap spiritual.

Lampiran ke 3
Lembar Kerja Siswa :
Nama :
Kelas :..................
Hari / Tanggal :
Materi :

Kisi –kisi soal
Indikator
Butir soal
Ciri-ciri manusia purba
1-3
Tempat penemuan manusia purba
4
Jenis-jenis manusia purba
5




SOAL
1. Tulislah cirri-ciri manusia purba jenis pithecanthropus !
2. Bedakan ciri fisik manusia Meganthropus dengan Pithekantropus  !
3. Bagaimana ciri-ciri kehidupan manusia purba!
4. Sebutkan  tempat penemuan manusia purba !
5. Setelah di analisa ada berapa jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia !

JAWABAN
1. Ciri Pithecanthropus :
• Hidungnya lebar dengan tulang pipi yang kuat dan menonjol             
• Mengumpulkan makanan dan berburu
• Makanannya daging dan tumbuhan
• Volume otak 750-1350cc
• Badan tegap
• Alat pengunyah dan tengkuk sangat kuat
• Bentuk geraham besar dan rahang yang kuat
• Tonjolan kening tebal
• Hidung tebal
• Belakang kepala tampak menonjol

2.Meganthropus :berbadan tegap,rahang kuat.
              Pithecanthropus : tegap tapi tidak setegap meganthropus.
              Homo                     :bentuk fisik hamper sama dengan manusia sekarang.
3.   Masih FOOD GATHERING , Nomaden.
4.Meganthropus di Sangiran,Pithekantropus di bengawan Solo di wilayah Ngawi,Mojo kerto
               Homo di Wajak, lembah Bengawan Solo.
5. Ada 3 jenis : meganthropus, pithecanthropus, homo

Pedoman Penilaian
1.      Pedoman pensekoran : Sekor max 100
2.      Dengan rincian :          no.1. score 20       no.3. score 25                     no.5 score 25
no.2 score 20       no.4 score 10





Lampiran ke 4
Lembar Kerja Kelompok :
Nama :
Kelas :..................
Hari / Tanggal :
Materi :
Penilaian
Nama

Aspek Penilaian
Rata-Rata Nilai

Partisipasi
Pemahaman materi
Penampilan
















Keterangan
a.   Partisipasi
Peserta didik memperoleh nilai :
4                         : apabila peserta didik berinteraksi dalam satu kelompok dan
3                         : apabila peserta didik aktif dalam penyajian maupun saat sesi diskusi      
2                         : apabila peserta didik  memperhatikan terhadap situasi penyajian
1                         : apabila peserta didik tidak memperhatikan atau acuh terhadap situasi penyajian
b.   Pemahaman Materi
Peserta didik memperoleh nilai :
4                         : apabila peserta didik mampu menganalisis permasalahan dalam materi dan mengembangkan idenya
3                         : apabila peserta didik mampu menganalisis permasalahan dalam materi   
2                         : apabila peserta didik paham akan materi yang disajikan
1                         : apabila peserta didik tidak dapat memahami materi yang disajikan
c.    Penampilan
Peserta didik memperoleh nilai :
4                         : apabila peserta didik mampu mempertahankan pemikirannya dan mengembangkan idenya
3                         : apabila peserta didik mampu menumbuhkan pemikiran baru dari peserta lain     
2                         : apabila peserta didik mampu menyajikan apa yang sudah dikerjakan
1                         : apabila peserta didik kurang yakin akan hasil pekerjaan yang dikerjakan
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 9, skor tertinggi 4 x 3 pernyataan = 12, maka skor akhir :

Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik        : apabila memperoleh skor  3,34 – 4,00
Baik                    : apabila memperoleh skor  2,66 – 3,33        
Cukup                            : apabila memperoleh skor  1,66 – 2,65
Kurang               : apabila memperoleh skor kurang  1,66








                                                                                                Semarang,12 Februari  2014

Kepala Sekolah                                                                                   Guru
SMA Negeri 12 Semarang                                                      Mata Pelajaran Sejarah



......................................................                                          Nanang Pratmaji, S.Pd.
NIP.                                                                                        NIP.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar