Senin, 17 Maret 2014

RPP KLS XI Proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

            Sekolah                       : SMA Negeri 3 Semarang
            Mata pelajaran             : Sejarah
            Kelas/semester            : XI/ gasal
Materi pokok               : Proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat
                                      (latar belakang dan tujuan bangsa barat datang ke Indonesia)
            Alokasi waktu             :  2 X 45 menit (1x pertemuan)
A.    Kompetensi inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora, dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban yang terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapakan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat  dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkritdan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetnsi dasar
Indikator
1.1 Menghayati nilai- nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan Negara Indonesia.
1.1.1 Mampu mengucap salam dan berdoa di awal dan akhir pelajaran.
1.1.2 Mampu mengucap syukur didalam kelas.
2.1 Mengembangakan nilai dan perilaku mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada kegigihan para pejuang dalam melawan penjajah.
2.5 Berlaku jujur dan tanggung jawab dalam mengerjakan tugas dari pembelajaran sejarah.
2.1.1 Mampu meneladani kegigihan para pejuang dalam melawan penjajah.
2.5.1 Mampu bertanggung jawab dalam mengerjakan setiap tugas sejarah yang diberikan oleh guru.
3.2 Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan Bangsa barat (Portugis, Belanda, Inggris) di Indonesia.
3.2.1 Mendeskripsikan latar belakang dan tujuan masuknya bangsa barat ke Indonesia.

4.2 Mengolah informasi tentang proses masuk dan berkembangnya penjajahan Bangsa barat  dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.  

4.2.1 Menyajikan cerita tentang proses masuknya Bangsa barat (melalui membuat peta pelayaran Bangsa barat ke Indonesia ).

C.    Tujuan Pembelajaran
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.1.1.1Mampu mengucap salam dan berdoa di awal dan akhir pelajaran.
1.1.1.2 Mampu mengucap syukur di dalam kelas.
2.1.1.1 Mampu meneladani kegigihan para pejuang dalam melawan penjajah.
2.5.1.1Mampu bertanggung jawab dalam mengerjakan setiap tugas sejarah yang diberikan  oleh guru.

Kompetensi Pengetahuan dan keterampilan
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik mampu:
            3.2.2.1  Memahami latar belakang masuknya bangsa barat ke Indonesia.
3.2.2.2  Mendeskripsikan latar belakang masuknya bangsa barat ke Indonesia.
3.2.2.3  Menganalisis tujuan bangsa barat datang ke Indonesia.
3.2.2.4 Menjelaskan proses masuknya bangsa barat ke Indonesia (membuat peta pelayaran ).
D.    Metode dan Model  pembelajaran
Pendekatan     : Saintifik
Metode             : Ceramah, Tanya jawab
Model               :  Tebak kata
E.     Media, alat dan sumber belajar
Media              : Gambar rempah-rempah, power point, kartu tebak kata
Alat                 : Laptop, Lcd, papan tulis, kertas HVS, pensil, penghapus, penggaris
Sumber            :  Triyono, Suwito.2009. Sejarah sekolah menengah atas dan madrasah  aliyah program IPS.Jakarta: BSE
                        http://harunarcom.blogspot.com/2014/01/tokoh-tokoh-penjelajahan-samudera.html (di unduh pada 24 Maret 2014)
                        Latar belakang bangsa Eropa datang ke Indonesia.htm (di unduh pada 24 Maret 2014)

F.      Langkah-langkah Pembelajaran
Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran       
Alokasi waktu
Kegiatan pembuka
·         Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Guru menjelaskan tentang Model pembelajaran yang akan digunakan Tebak kata
10 menit

Kegiatan Inti
Mengamati
·         Guru mengarahkan dan membangkitkan motivasi siswa untuk melihat gambar kekayaan Indonesia berupa rempah-rempah  
·         Guru melakukan pemaparan materi tentang latar belakang dan tujuan bangsa barat datang ke Indonesia
·         Siswa memperhatikan gambar rempah-rempah
·         Nilai yang dikembangkan : ketelitian,kesungguhan, mencari informasi
Menanya
·         Guru memberikan waktu kepada peserta didik untuk berinteraksi Tanya jawab tentang gambar atau slide
Nilai yang dikembangkan : rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran yang kritis
Mengumpulkan data
·         Siswa dipersilahkan membaca buku paket atau sumber lain yang terkait dengan materi
·         Nilai yang dikembangkan : ketelitian,
Mengasosiasikan
·        Siswa diminta untuk mencari pasangan (2 orang)
·        Peserta didik menganalisis data dan informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan
·        Nilai yang dikembangkan :  Kerja keras
Mengkomunikasikan
·         Guru meminta siswa untuk berkumpul dengan pasangan dan beberapa pasang siswa maju kedepan kelas
·         Siswa diberikan kertas dimana salah satu dari siswa tersebut menjadi penebak dan pemberi pertanyaan
·         Siswa yang menjadi pemeberi pertanyaan memberikan klu atau kata kunci kepada pasangan yang menjadi penebak.
Terjadi komunikasi atau interaksi antar siswa yang dipandu oleh guru
Nilai yang dikembangkan : kemampuan berfikir sistematis, mengungkapkan pendapat yang singkat dan jelas







60 menit
Kegiatan penutup
·         Guru memberi penugasan peserta didik membuat peta jalur pelayaran (portugis,Spanyol,Belanda, Inggris) ke Indonesia
·         Guru mengingatkan siswa untuk tetap belajar dan menghimbau kepada mereka untuk tidak segan bertanya jika ada hal yang belum dimengerti pada pertemuan selanjutnya.

10 menit

G.    Penilaian
1.             Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
1.      Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial
a.    Teknik Penilaian: Observasi
b.    Bentuk Instrumen: Lembar Observasi
c.    Kisi-kisi:
Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan   : …………………..
Materi Pokok/Tema     : …………………..
No.
Aspek yang Diamati
Skor
1
2
3
4
1.                   
Berdoa sebelum kegiatan pembelajaran




2.                   
Mengucapkan syukur ketika selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran




3.                   
Menghargai dan menghormati sesama




4.                   
Memelihara hubungan baik dengan teman sekelas




5.                   
Menjaga kebersihan lingkungan kelas





Total Skor





Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,34 – 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor  2,66 – 3,33
Cukup              : apabila memperoleh skor  1,66 – 2,65
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  1,66

Tes terulis
Kompetensi Pengetahuan
a.      Teknik Penilaian              :    Tes tertulis
b.      Bentuk Instrumen           :    uraian
c.       Kisi-kisi                           :   


 














Kunci jawaban
1)      Kisah perjalanan Marcopolo (1254-1324) seorang pedagang dari Venesia, Italia ke Cina yang dituangkan dalam buku “Book of Various Experiences” mengisahkan tentang keajaiban dunia atau Imago mundi.
Jatuhnya Konstantinopel, Ibukota Romawi Timur ke tangan kesultanan Turki tahun 1453 menyebabkan terputusnya hubungan dagang ke dunia Timur
Adanya semangat penaklukan (Reconquesta) terhadap orang-orang yang beragama Islam serta membuat daerah-daerah kekuasaan yang dimiliki kerajaan-kerajaan Islam tersebut. Semangat penaklukan ini misalnya dilakukan oleh Spanyol – Ratu Isabella membiayai penjelajahan Samodra Columbus tahun 1492 untuk mencari jalan ke “Barat”
teknik pelayaran dan penemuan kompas. Kompas dapat berfungsi menentukan arah dan posisi laut. Mereka menciptakan kapal yang lebih mudah dan lebih cepat digerakkan dengan memperbaiki konstruksi kapal serta memadukan layar yang berbentuk segi tiga dengan tali temali persegi.
Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo-Galileo menyatakan bahwa bumi ini bulat. Pendapat ini memperkuat keberanian para pelaut karena orang yang berlayar ke dunia Timur tidak akan tersesat. Semakin ke Timur akan sampai ke tempat semula.
Adanya keinginan untuk mengetahui lebih jauh mengenai rahasia alam semesta, keadaan geografi dan bangsa-bangsa yang tinggal di belahan bumi lain.
Ingin memperoleh keuntungan/kekayaan sebanyak-banyaknya.
2)      Imprealisme adalah usaha untuk menguasai daerah lain atau perluasan daerah jajahan atau kekuasaan
3)      Perbedaannya adalah dari segi tujuan imperialism itu sendiri Imperialisme kuno bertujuan 3G (gold, groly dan gospel) gold sendiri diartikan sebagai semangat untuk mencari emas,kekayaan glory adalah mencari kejayaan politik dan gospel adalah menyebarkan agama nasrani. Sedangkan imperialisme modern bertujuan 3P yaitu, mencari daerah sebagai pemasaran hasil barang industri,  penghasil bahan mentah dan penanaman modal
4)      Ferdinand Magelhaens, Bartholomeus Diaz, Cornelis De Houtman, Alfonso d’Alburqueque
5)             Jatuhnya Konstantinopel, Ibukota Romawi Timur ke tangan kesultanan Turki tahun 1453 menyebabkan terputusnya hubungan dagang ke dunia Timur. Bangsa Barat berusaha mencari jalan sendiri ke pusat rempah-rempah di Asia.  Salah satu latar belakang bangsa barat datang ke nusantara adalah jatuhnya kota Konstantinopel Istanbul ke tangan Turki Ustnami.  Pada tahun 1453, Sultan Usmani Muhammad II yang bergelar Al-Fatih (Sang Penakluk) menyerang Konstantinopel. Ibu kota pun berpindah dari Andrianopel ke Konstantinopel atau disebut juga Istambul yang berarti “Tahta Islam”. Dengan dikuasainya Konstantinopel ini berarti berakhirlah riwayat kekaisaran Romawi, dengan demikian, pusat perdagangan rempah-rempah di Instambul dikuasai oleh para pedagang Islam. Bagi masyarakat Eropa, rempah-rempah merupakan kebutuhan vital. Jatuhnya kota Konstantinopel menyebabkan harga rempah-rempah melambung tinggi. Untuk itu , tidak ada jalan lain bagi bangsa-bangsa Eropa kecuali berusaha mencari barang berharga itu (rempah-rempah) langsung dari sumbernya, khususnya Maluku yang dikenal sebagai The Spice Island, nasib perdagangan orang-orang Eropa bergantung pada Usmani. Kota ini merupakan jalur perdagangan. Dikuasainya Konstantinopel, pusat perdagangan di sekitar laut tengah dikuasai oleh para pedagang Islam sehingga para pedagang Eropa mengarungi Samudera Atlantik dan Samudera Hindia yang belum dikuasai oleh kerajaan Islam.Orang-orang Portugis mengalihkan rute pelayaran samudera dengan melewati pantai barat Afrika,ujung Afrika, timur Afrika terus ke samudera Hindia dan sampailah ke Malaka dan Maluku.Hasil pelayaran ini nanti diikuti oleh pelayar-pelayar lain dari eropa.Inilah salah satu sebab awal terjadinya praktik kolonialisme dan imperialisme bangsa-bangsa Eropa atas negeri negeri di Asia. 


 





Tebak Kata


 







Rounded Rectangle: Sebutkan lah aku, aku adalah tujuan dari imperialisme modern?                                               







Cloud Callout: Penghasil bahan baku
Tempat pemasaran, tempat penanaman modal
penanaman


Rounded Rectangle: Aku adalah jenis rempah-rempah yang rasanya sangat pedas, aku biasanya dipakai untuk bumbu sup, bentukku bulat kecil-kecil seperti kerikil warnaku ada ang putih dan ada yang hitam, apakah aku
 








Oval: Merica atau lada                               

                                               








Rounded Rectangle: Apakah istilah dariku, aku adalah tujuan dari imperialism kuno,pengertianku adalah semangat untuk mengumpulkan emas atau kekayaan sebanyak-banyaknya


Pentagon: Gold
 






Rounded Rectangle: Aku merupakan orang yang mampu menguasai Konstantinopel,aku adalah seorang sultan dari Turki, aku mendapat julukan AlFatih, siapakah aku?

                                               


Flowchart: Terminator: Sultan Mahmud II                                                                                               













Rounded Rectangle: Siapakah aku, aku adalah orang dari Venesia Italia. Aku adalah orang yang menulis buku Book of Various Experiences



Flowchart: Punched Tape: Marcopolo


Rounded Rectangle:   siapakah aku, aku berasal dari portugis, aku adalah pemimpin pelayaran yang sampai di Malaka pada tahun 1511
 






                               




Pentagon: Alfonso D’Alburqueque
 
                                                                               


Rounded Rectangle: Apakah aku, aku adalah salah satu rempah yang berbentuk seperti bunga, bauku harum aku sering dipakai untuk campuran bahan membuat rokok, aku juga digunakan untuk campuran masakan
 
                               


Explosion 1: Cengkeh 








Rounded Rectangle:   siapakah aku, aku adalah pelayar yang berasal dari Belanda, daerah Indonesia yang pertama kali ku injak adalah Banten
 
                                                                               





Flowchart: Punched Tape: Cornelis De Houtman
 
                                                               



Text Box: Jumlah item soal yang dijawab = nilai
 


2)   Kompetensi Keterampilan
a.         Teknik: tertulis
b.        Bentuk Instrumen: lembar observasi
c.         Kisi-kisi:
1)      Non test
Nama Peserta Didik            : ………………….
Kelas                                   : ………………….
Tanggal Pengamatan           : …………………..
Materi Pokok/Tema            : …………………..
NO
Aspek yang dinilai.        
Skor
1
2
3
4
1.
Ketepatan menunjukkan arah pelayaran dari (Portugis,Inggris, Belanda)




2.
Kejelasan menggambar peta




3
Keaktifan peserta didik dalam mencari sumber belajar

















Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :


Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik            : apabila memperoleh skor  3,34 – 4,00
Baik                        : apabila memperoleh skor  2,66 – 3,33
Cukup         : apabila memperoleh skor  1,66 – 2,65
Kurang        : apabila memperoleh skor kurang  1,66


Semarang,  Maret 2014
Mengetahui,
Kepala SMAN 3 Semarang                                                    Guru Mapel Sejarah



Drs Bambang Nianto Mulyo, M.Ed                                        ..............................
NIP. 19610429 199603 1 007                                                                                                           



Lampiran Materi
Latar belakang Datangnya Bangsa Barat Ke Indonesia
Faktor-faktor apakah yang mendorong Bangsa-Bangsa barat menjelajahi Samudra menuju belahan dunia Timur? Beberapa faktor pendorong penjelajahan Bangsa Eropa adalah:
a.       Kisah perjalanan Marcopolo (1254-1324) seorang pedagang dari Venesia, Italia ke Cina yang dituangkan dalam buku “Book of Various Experiences” mengisahkan tentang keajaiban dunia atau Imago mundi.
  1. Jatuhnya Konstantinopel, Ibukota Romawi Timur ke tangan kesultanan Turki tahun 1453 menyebabkan terputusnya hubungan dagang ke dunia Timur. Bangsa Barat berusaha mencari jalan sendiri ke pusat rempah-rempah di Asia.  Salah satu latar belakang bangsa barat datang ke nusantara adalah jatuhnya kota Konstantinopel Istanbul ke tangan Turki Ustnami.  Pada tahun 1453, Sultan Usmani Muhammad II yang bergelar Al-Fatih (Sang Penakluk) menyerang Konstantinopel. Ibu kota pun berpindah dari Andrianopel ke Konstantinopel atau disebut juga Istambul yang berarti “Tahta Islam”. Dengan dikuasainya Konstantinopel ini berarti berakhirlah riwayat kekaisaran Romawi, dengan demikian, pusat perdagangan rempah-rempah di Instambul dikuasai oleh para pedagang Islam. Bagi masyarakat Eropa, rempah-rempah merupakan kebutuhan vital. Jatuhnya kota Konstantinopel menyebabkan harga rempah-rempah melambung tinggi. Untuk itu , tidak ada jalan lain bagi bangsa-bangsa Eropa kecuali berusaha mencari barang berharga itu (rempah-rempah) langsung dari sumbernya, khususnya Maluku yang dikenal sebagai The Spice Island, nasib perdagangan orang-orang Eropa bergantung pada Usmani. Kota ini merupakan jalur perdagangan. Dikuasainya Konstantinopel, pusat perdagangan di sekitar laut tengah dikuasai oleh para pedagang Islam sehingga para pedagang Eropa mengarungi Samudera Atlantik dan Samudera Hindia yang belum dikuasai oleh kerajaan Islam.Orang-orang Portugis mengalihkan rute pelayaran samudera dengan melewati pantai barat Afrika,ujung Afrika, timur Afrika terus ke samudera Hindia dan sampailah ke Malaka dan Maluku.Hasil pelayaran ini nanti diikuti oleh pelayar-pelayar lain dari eropa.Inilah salah satu sebab awal terjadinya praktik kolonialisme dan imperialisme bangsa-bangsa Eropa atas negeri negeri di Asia. 
c.       Adanya semangat penaklukan (Reconquesta) terhadap orang-orang yang beragama Islam serta membuat daerah-daerah kekuasaan yang dimiliki kerajaan-kerajaan Islam tersebut. Semangat penaklukan ini misalnya dilakukan oleh Spanyol – Ratu Isabella membiayai penjelajahan Samudra Columbus tahun 1492 untuk mencari jalan ke Barat.
  1. Berkembangnya teknik pelayaran dan penemuan kompas. Kompas dapat berfungsi menentukan arah dan posisi laut. Mereka menciptakan kapal yang lebih mudah dan lebih cepat digerakkan dengan memperbaiki konstruksi kapal serta memadukan layar yang berbentuk segi tiga dengan tali temali persegi.
  2. Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo-Galileo menyatakan bahwa bumi ini bulat. Pendapat ini memperkuat keberanian para pelaut karena orang yang berlayar ke dunia Timur tidak akan tersesat. Semakin ke Timur akan sampai ke tempat semula.
  3. Adanya keinginan untuk mengetahui lebih jauh mengenai rahasia alam semesta, keadaan geografi dan bangsa-bangsa yang tinggal di belahan bumi lain.
  4. Ingin memperoleh keuntungan/kekayaan sebanyak-banyaknya.
Tujuan Bangsa barat ke Nusantara
            Pada awalnya, tujuan kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia hanya untuk membeli rempah-rempah dari para petani Indonesia. Jenis rempah-rempah yang dicari dan dibutuhkan oleh bangsa Eropa adalah cengkeh, lada, pala dan bunga pala yang disebut fuli. Fungsi rempah-rempah adalah untuk bumbu/melezatkan masakan, obat-obatan, penghangat tubuh terutama pada musim dingin. Namun, dengan semakin meningkatnya kebutuhan industri di Eropa akan rempah-rempah, mereka kemudian mengklaim daerah-daerah yang mereka kunjungi sebagai daerah kekuasaannya. Di tempat-tempat ini, bangsa Eropa memonopoli perdagangan rempah-rempah dan mengeruk kekayaan alam sebanyak mungkin. Dengan memonopoli perdagangan rempah-rempah, bangsa Eropa menjadi satu-satunya pembeli bahan-bahan ini. Akibatnya, harga bahan-bahan ini pun sangat ditentukan oleh mereka. Hal ini memunculkan imperialisme dan kolonialisme. Kolonialisme sendiri adalah  penguasaan suatu wilayah dan rakyatnya oleh negara lain untuk tujuan-tujuan yang bersifat militer atau ekonomi. Imprealisme adalah usaha untuk menguasai daerah lain atau perluasan daerah jajahan atau kekuasaan. Tujuannya adalah untuk memperoleh kekayaan, rizki, segala macam kemewahan dunia dan kebendaan dengan segala macam cara. Imperialisme sendiri dibagi menjadi dua. Yaitu, imperialisme kuno dan modern. Imperialisme kuno bertujuan 3G (gold, groly dan gospel) gold sendiri diartikan sebagai semangat untuk mencari emas,kekayaan glory adalah mencari kejayaan politik dan gospel adalah menyebarkan agama nasrani. Sedangkan imperialisme modern bertujuan 3P yaitu, mencari daerah sebagai pemasaran hasil barang industri,  penghasil bahan mentah dan penanaman modal. Bangsa yang melakukan imperialisme kuno adalah Portugis dan Spanyol, sedangkan yang melakukan imperialisme modern adalah Belanda, Perancis, Jepang.

 Untuk memperoleh hak monopoli perdagangan ini, bangsa Eropa tidak jarang melakukan pemaksaan. Penguasaan sering dilakukan terhadap para penguasa setempat melalui suatu perjanjian yang umumnya menguntungkan bangsa Eropa. Selain itu, mereka selalu turut campur dalam urusan politik suatu daerah. Bangsa Eropa tidak jarang mengadu domba berbagai kelompok masyarakat dan kemudian mendukung salah satunya. Dengan cara seperti ini, mereka dengan mudah dapat mempengaruhi penguasa untuk memberikan hak-hak istimewa dalam berdagang.
            Tokoh-tokoh penjelajahan Samudra antara lain:
1.      Portugis
Vasco Da Gama, Alfonso D’ Alburqueque, Bartholomeu Dias
2.      Spanyol
Columbus, Ferdinand Magelhaens, Cortes & Pizzaro,Juan Sebastian Delcano
3.      Inggris
SirFrancis Drake, Pilgrim Fathers, Sir James Lancester,George Raymond, Sir Herry Middelton,William Dampier
4.      Belanda
Barentz, Cornelis De Houtman, Abel Tasman

1 komentar:

  1. minta tolong filenya di kirim ke emailku ya lionheart.sape@gmail.com,...semoga alloh paring aman selamat lancar dan barokah

    BalasHapus