Senin, 17 Maret 2014

RPP KLS X Kerajaan – kerajaan Hindu – Budha di Indonesia

                                                                  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 
OLEH AGUS  disini
Satuan Pendidikan            : SMA
Kelas/Semester                  : X/1
Mata Pelajaran                    : Sejarah Indonesia
Materi Pokok                      : Kerajaan – kerajaan Hindu – Budha di Indonesia klikdisini
Alokasi Waktu                    : 6 pertemuan (12 JP)
A.           Kompetensi Inti
1.             Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.             Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.             Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.             Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.            Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator

  1.  
1.2.     Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
1.2.1        Toleransi dalam berdoa antar umat beragama
1.2.2        Musyawarah mufakat dalam memecahkan masalah

  1.  
2.1.       Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil buda ya pada zaman Hindu – Buddha.
2.1.1        Memanfaatkan Museum sebagai sumber referensi bejalar kebudayaan Hindu Buddha.
2.1.2        Menunjukkan rasa tanggung jawab dengan memelihara dan menjaga hasil kebudayaan Hindu – Buddha di Indonesia

  1.  
3.6.  Menganalisis karakteristik kehidupan masyarakat, pemerintah, dan kebudayaan pada masa kerajaan – kerajaan Hindu- Budha di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti – bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini
3.6.1 Mengklasifikasikan kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia
3.6.2 Mendeskripsikan masing – masing kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia
3.6.3 Menunjukkan Bukti-bukti Kehidupan dan hasil-hasil kebudayaan pengaruh Hindu-Buddha yang masih ada pada saat ini
4.       
4.6. Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan Hindu – Buddha dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini.
4.6.1 Menyajikan hasil telaah klasifikasi kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia
4.6.2 Menyajikan hasil deskripsi masing – masing kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia
4.6.3. Menyajikan hasil telaah tentang bukti – bukti kehidupan hasil kebudayaan pengaruh Hindu – Buddha yang masih ada pada saat ini
C.           Tujuan Pembelajaran  
Kompetensi  Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
Pertemuan 1, 2, 3, 4, 5, dan 6
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik mampu:
1.2.1.1  Toleransi dalam berdoa antar umat beragama
1.2.2.1  Musyawarah mufakat dalam memecahkan masalah
2.1.1.1       Memanfaatkan Museum sebagai sumber referensi bejalar kebudayaan Hindu Buddha.
2.1.2.1  Menunjukkan rasa tanggung jawab dengan memelihara dan menjaga hasil kebudayaan Hindu – Buddha di Indonesia
Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik mampu:
3.6.1.1.     Mengklasifikasikan kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia
3.6.2.1       Mengidentifikasikan letak  kerajaan Kutai dan Tarumanegara
3.6.2.2       Menjelaskan tentang kerajaan Tarumanegara
D.           Materi Pembelajaran 
Pertemuan Pertama
1.       Menjelaskan perkembangan kerajaan Kutai dan Tarumanegara
2.      Menganalisis kehidupan  ekonomi masyarakat zaman kerajan Kutai dan Tarumanegara
3.      Menganalisis perkembangan hasil kebudayaan zaman kerajaan Kutai dan Tarumanegara
4.      Menunjukkan nilai-nilai kehidupan dan unsur budaya zaman kerajaan Kutai dan Tarumanegara yang masih ada sampai sekarang
5.       Meneladani tokoh Mulawarman dan purnawarman dalam memimpin kerajaan kutai dan      tarumanegara
6.      Menunjukkan letak kerajaan Kutai dan Tarumanegara
7.      Menganalisis agama dan kepercayaan kerajaan Kutai dan Tarumanegara
E.            Metode Pembelajaran
Pembelajaran Saintifik.
F.            Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.             Media
-          Power point kerajaan –kerajaan Hindu Budha
2.             Alat dan bahan
-            LCD
-            Leptop
-            In focus
3.             Sumber Belajar
·         Hapsari,Ratna. M.Adil. 2013. Sejarah Indonesia Jilid 1 untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
·         Internet
G.           Langkah-langkah kegiatan dalam pembelajaran
Pertemuan Pertama
1)             Kegiatan Pendahuluan (12 menit)
a.         Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b.        Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu wajib nasional dari sabang sampai merauke, dilanjutkan melakukan tanya jawab tentang lagu tersebut  
c.         Guru melakukan apersepsi  melalui tanya jawab mengenai materi tentang kerajaan – kerajaan Hindu Buddha yang ada di Indonesia.
d.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai tentang klasifikasi dan kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia.
2)             Kegiatan Inti (60 menit)
Model Pembelajaran Group Investigation
-        Peserta didik di bagi kedalam 4 kelompok
-        Setiap kelompok diberi tugas untuk menginvestigai sebuah kerajaan
Setiap kelompok mendapatkan tugas:
1.      Mengidentifikasi prasasti dari zaman kerajaan Kutai dan Tarumanegara
2.      Mengidentifikasi letak kerajaan Kutai dan Tarumanegara
3.      Menelaah corak kehidupan politik, ekonomi,sosial dan budaya masyarakat zaman kerajaan Kutai dan Tarumanegara
4.      Mengidentifikasi hasil-hasil budaya zaman kerajaan Kutai dan Tarumanegara
Mengamati
a.         Peserta didik dalam kelompok mengamati dan membaca setiap slide power point tentang kerajaan-kerajaan Hindu-Budha.
b.        Peserta didik dalam kelompok mengidentifikasi masing – masing kerajaan dan mengklasifikasikannya
-          Kompetensi yang dikembangan : Melatih kesungguhan, ketelitian dan mencari informasi
Menanya
a.       Peserta didik dalam kelompok menyusun sejumlah pertanyaan hal-hal yang berkenaan dengan kerajaan – kerajaan Kutai dan Tarumanegara. Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk mengidentifikasi pertanyaan dari hasil pengamatan yang berkaitan dengan ketiga kerajaan tersebut .Guru dapat membimbing peserta didik menyusun pertanyaan seperti :
·           Apa agama yang di anut ?
·           Tahun berapa kerajaan kutai dan Tarumanegara berdiri ?
·           Dimana letak kerajaan ?
·           Siapa raja tekenal ?
·           Apa peninggalan/bukti dari masing-masing  kerajaan ?
b.      Peserta didik mengajukan pertanyaan dengan ungkapan bahasa yang santun. Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
c.       Peserta didik mengidentifikasi dan mengklasifikasi pertanyaan tentang kerajaan –kerajaan yang akan dicari jawabannya dalam diskusi kelompok.
-          Kompetensi yang dikembangkan :
Mengembangkan Kreativitas, rasa ingin tahu, berpikir kritis
Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a.       Peserta didik mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca uraian materi di Buku Sejarah Kelas X halaman ..., juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain dan internet dengan bimbingan guru.
b.      Peserta didik menanyakan jawaban yang telah disusun dengan mengkonfirmasikan jawaban tersebut kepada guru tentang kebenaran jawaban yang dibuat kelompok.  Guru menyediakan berbagai sumber belajar dan dapat menjelaskan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh peserta didik dalam kelompok.
c.       Peserta didik mengecek kembali jawaban pertanyaan dengan menggunakan sumber belajar yang telah disediakan guru.
-          Kompetensi yang dikembangkan :
Mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan dan menghargai pendapat orang lain
Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a.         Peserta didik dengan bimbingan guru mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti :
·           Mengapa Kerajaan – kerajaan tersebut memperoleh pengaruh baik  Hindu atau Buddha ?
·           Apa peninggalan sejarah yang bisa dijadikan sumber untuk menguak atau mengidentifikasi kerajaan-kerajan tersebut ?
·           Mengapa kerajaan – kerajaan tersebut runtuh ?
b.        Peserta didik menyusun simpulan atas berbagai pertanyaan dengan bimbingan guru tentang kerajaan Kutai dan Tarumanegara.
-          Kompetensi yang dikembangkan :
Sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan dan kerja keras
Mengkomunikasikan
a.         Peserta didik dengan arahan guru membuat bahan tayang atau lembar kerja kelompok secara sistematis untuk melaporkan hasil kerja kelompok tentang kerajaan Kutai dan Tarumanegara.
b.        Peserta didik mematuhi tata cara penyajian kelompok, seperti :
·           Kelompok menyajikan secara bergantian bahan tayang yang telah disusun  sebelumnya.
·           Kelompok penyaji menyajikan materi paling lama 5 menit. Kelompok lain memperhatikan penyajian kelompok penyaji dan mencatat hal-hal yang penting serta mempersiapkan pertanyaan terhadap hal yang belum jelas.
·           Kelompok penyaji bertanya jawab dan diskusi dengan peserta didik lain tentang materi yang disajikan paling lama 15 menit.
·           Mengangkat tangan sebelum memberikan pertanyaan atau menyampaikan pendapat.
·           Menyampaikan pertanyaan atau pendapat setelah dipersilahkan oleh guru (moderator).
·           Menggunakan bahasa yang sopan saat menyampaikan pertanyaan atau pendapat.
·           Berbicara secara bergantian dan tidak memotong pembicaraan orang lain
c.         Peserta didik melakukan diskusi kelas dengan bimbingan atau dimoderatori oleh guru.
d.        Kelompok lain memberikan tanggapan dan guru memberikan konfirmasi terhadap jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan penghargaan bila jawaban benar.
-          Kopetensi yang dikembangkan
Sikap teliti, toleransi, kemampan berpikir sistematis
3)             Kegiatan Penutup (18 menit)
a.         Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal tentang kerajaan Kutai dan Tarumanegara.
b.        Peserta didik melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan  yang akan dilakukan berkaitan kerajaan Kutai dan Tarumanegara, dengan meminta menjawab pertanyaan berikut secara lisan.
·         Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari sejarah kerajaan Kutai danTarumanegara bagi kalian?
·         Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran yang telah dilakukan?
·         Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
·         Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
c.         Peserta didik mencatat tugas pekerjaan rumah untuk pengayaan dan  membaca materi untuk pertemuan berikutnya yaitu perumasan dasar negara.
H.           Penilaian
1.             Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
a.              Teknik Penilaian                :          Observasi
b.             Bentuk Instrumen              :          Lembar Penilaian Observasi
c.              Kisi-kisi                             :
No
Indikator
Butir Instrumen
1
Toleransi dalam berdoa antar umat beragama
1
2
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan dirumuskannya Pancasila sebagai dasar negara oleh para pendiri negara.
2
3
Memanfaatkan Museum sebagai sumber referensi bejalar kebudayaan Hindu Buddha.
3
4
Menunjukkan rasa tanggung jawab dengan memelihara dan menjaga hasil kebudayaan Hindu – Buddha di Indonesia
4
Instrumen: lihat Lampiran 1
a. Teknik Penilaian            :          Observasi
b. Bentuk Instrumen          :          Lembar Penilaian Observasi
c. Kisi-kisi                          :
2.             Kompetensi Pengetahuan
No
Indikator
Butir Instrumen
1
Menjelaskan perkembangan kerajaan Kutai dan Tarumanegara
1
2
Menganalisis kehidupan  ekonomi masyarakat zaman kerajan Kutai dan Tarumanegara
5, 9
3
Menganalisis perkembangan hasil kebudayaan zaman kerajaan Kutai dan Tarumanegara
8
4
Menunjukkan nilai-nilai kehidupan dan unsur budaya zaman kerajaan Kutai dan Tarumanegara yang masih ada sampai sekarang
6
5
Meneladani tokoh Mulawarman dan purnawarman dalam memimpin Kerajaan Kutai dan      Tarumanegara
2
6
Menunjukkan letak kerajaan Kutai dan Tarumanegara
4
7
Menganalisis agama dan kepercayaan kerajaan Kutai dan Tarumanegara
3, 7, 10
Instrumen: lihat Lampiran : 2
3.             Kompetensi Keterampilan
a.              Teknik Penilaian   :           Observasi
b.             Bentuk Instrumen            :           Lembar observasi
c.              Kisi-kisi                :
No
Keterampilan
Butir Instrumen
1
Menyajikan hasil telaah klasifikasi kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia
1,2
2
Menyajikan hasil deskripsi masing – masing kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia
3,4,5,6,7
3
 Menyajikan hasil telaah tentang bukti – bukti kehidupan hasil kebudayaan pengaruh Hindu – Buddha yang masih ada pada saat ini
8,9,10,11,12
Instrumen: lihat Lampiran 3
Lampiran 1
Lembar Observasi
Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
NamaPesertaDidik               :    ...
Kelas                                    :    ...
TanggalPengamatan             :    ...
MateriPokok                        :    Kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia
No
Aspek Spiritual dan Sosial
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Toleransi dalam berdoa antar umat beragama
4
2
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan dirumuskannya Pancasila sebagai dasar negara oleh para pendiri negara.
4
3
Memanfaatkan Museum sebagai sumber referensi bejalar kebudayaan Hindu Buddha.
1
4
Menunjukkan rasa tanggung jawab dengan memelihara dan menjaga hasil kebudayaan Hindu – Buddha di Indonesia
2
Jumlah Skor
Skor Penilaian:
4        =   selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3        =   sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadangtidak melakukan
2        =   kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1        =   tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Rubrik Penilaian:
Nilai                     =  
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup             : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor≤ 2,33
Kurang            : apabila memperoleh skor: skor ≤ 1,33
Lampiran 2
a.       Teknik Penilaian                            :          Tes Tertulis
b.      Bentuk Instrumen                          :          Uraian
c.       Kisi-kisi                                         :
No
Indikator
Butir Instrumen
1
Mengklasifikasikan kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia
1, 2,
2
Mendeskripsikan masing – masing kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia
3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14
3
Menunjukkan Bukti-bukti Kehidupan dan hasil-hasil kebudayaan pengaruh Hindu-Buddha yang masih ada pada saat ini
15
Lampiran 3:
Lembar Observasi Keterampilan
Nama Peserta Didik             :    ...
Kelas                                    :    ...
Tanggal Pengamatan            :    ...
Materi Pokok                       :    Kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia
No
Aspek Keterampilan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
A
Menyajikan hasil telaah klasifikasi kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia
1.      Menyampaikan gagasan dengan lancar dan logis
2.      Mendukung kerjasama kelompok
B
Menyajikan hasil deskripsi masing – masing kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia
3.      Kejelasan isi paparan
4.      Menyampaikan gagasan dengan lancar dan logis
5.      Mendukung kerjasama kelompok
6.      Menanggapi pertanyaan dengan lugas dan jelas
7.      Menerimasecaralogispendapatkelompok lain
C
 Menyajikan hasil telaah tentang bukti – bukti kehidupan hasil kebudayaan pengaruh Hindu – Buddha yang masih ada pada saat ini
8.      Kejelasanisipaparan
9.      Menyampaikan gagasan dengan lancar dan logis
10.  Mendukung kerjasama kelompok
11.  Menanggapi pertanyaan dengan lugas dan jelas
12.  Menerimasecaralogispendapatkelompok lain
JumlahSkor
Skor Penilaian:
Nilai=
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup             : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor≤ 2,33
Kurang            : apabila memperoleh skor: skor ≤ 1,33
Lampiran 3
No. kelompok                      :    ...
Kelas                                    :    ...
Tanggal Pengamatan            :    ...
Materi Pokok                       :    Kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia
Lampiran Lembar Kerja Kelompok
Kondisi Ekonomi Kerajaan Kutai
Sumber sejarah
Kondisi Politik
No. kelompok                                            :    ...
Kelas                                                         :    ...
Tanggal Pengamatan                                 :    ...
Materi Pokok                                             :    Kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia
Lampiran Lembar Kerja Kelompok
Raja-raja yang memerintah Kerajaan Kutai
Runtuhnya Kerajaan Kutai
Hasil Kebudayaan
No. kelompok                                            :    ...
Kelas                                                         :    ...
Tanggal Pengamatan                                 :    ...
Materi Pokok                                             :    Kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia
Lampiran Lembar Kerja Kelompok
Letak dan corak kerajaan Kartanegara
Kehidupan sosial
Politik dan pemerintahan

2 komentar:

  1. Saya sangat berterima kasih sebanyak banyaknya,berkat rpp ini saya bisa mengerti kurikulum k13 yang cukup memusingkan buat guru baru seperti saya. Buat penulis saya berharap tidak berhenti berkarya terimakasih banyak.

    BalasHapus
  2. TERIMA KASIH SAYA SANGAT TERBANTUN DENGAN ADANYA RPP SEJARAH INI

    BalasHapus