PPG
- SM3T
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
: SMA 1 Kesatrian
Semarang
|
Mata Pelajaran
|
: Sejarah Indonesia
|
Kelas / Semester
|
: X / II
|
Materi Pokok
|
: Proses masuknya
Islam di Indonesia
|
Alokasi Waktu
|
: 12 x 45 menit
|
A.
Kompetensi
Inti (KI)
KI-1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI-2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif,
dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4. Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.2
Menghayati
keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan
mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.2.1
Menunjukkan
rasa syukur terkait keteladanan
para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan
mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
1.2.2
Memperjelas
nilai-nilai toleransi antar umat beragama dengan saling menghargai
peninggalan hasil budaya masa Hindu-Buddha di Indonesia pada masa masuknya
Islam
|
2.1 Menunjukkan
sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada zaman
praaksara, Hindu-Budha dan Islam.
|
2.1.1. Mengagumi
peninggalan-peninggalan dari zaman Hindu-Budha dan Islam.
2.1.2. Memiliki
rasa tanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas yang terkait dengan kegiatan
belajar-mengajar
2.1.3. Menunjukkan
sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang
ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi
masalah sosial dan lingkungannya.
|
3.7
Mengolah informasi mengenai proses masuk dan perkembangan kerajaan Islam
dengan menerapkan cara berpikir kronologis, dan pengaruhnya pada kehidupan
masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan.
|
3.7.1. Mengetahui informasi mengenai proses masuk dan perkembangan kerajaan Islam dengan menerapkan cara berpikir kronologis, dan pengaruhnya pada kehidupan
masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan.
3.7.2. Mengetahui
kehidupan politik dan social-budaya indonesia pada masa perkembangan Islam.
3.7.3. Pengaruh Islam dalam bidang politik, social-budaya,
seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di
Indonesia.
3.7.4. Menganalisis
bukti-bukti kehidupan dan hasil-hasil budaya pengaruh islam yang masih ada
pada saat ini
|
4.7
Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan
kebudayaan Islam di Indonesia.
|
4.7.1
Menganalisis pengaruh Islam dalam
bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari &
music,kalender dan agama di Indonesia.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Kompetensi
sikap spiritual 5, & 6
Setelah mengikuti pembelajaran,
diharapkan siswa mampu :
a)
Menunjukkan sikap
berdoa sebelum memulai pelajaran.
b)
Menunjukkan sikap
menghargai dan menghormati sesama peserta didik.
2.
Kompetensi
Social
a)
Menunjukkan sikab
toleransi terhadap perbedaan pendapat.
b)
Menunjukkan sikap
bertanggungjawab terhadap tugas-tugas yang diberikan dalam pembelajaran sejarah
3.
Kompetensi
Pengetahuan dan Ketrampilan
Setelah mengikuti
pembelajaran, diharapkan siswa mampu :
a) Menjelaskan
proses akulturasi Islam dalam bidang politik dan social-budaya di Indonesia.
b) Mendeskripsikan
hasil akulturasi dalam bidang politik dan social-budaya di Indonesia.
c) Menjelaskan
proses akulturasi pengaruh Islam dalam
bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari &
music,kalender dan agama di Indonesia.
4.
Kompetensi
Ketrampilan
a) Menganalisis
proses interaksi Islam di nusantara.
b) Menganalisis
hasil interaksi Islam yang masih ada hingga sekarang
c) Menyusun
makalah atau hasil laporan tulis tentang hasil akulturasi Islam di Indonesia.
D.
Materi
Pembelajaran
a. Kehidupan
politik dan social-budaya indonesia pada masa perkembangan Islam.
b. Pengaruh Islam dalam bidang politik, social-budaya,
seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia.
c. Bukti-bukti
kehidupan dan hasil-hasil budaya pengaruh islam yang masih ada pada saat ini
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan
umum : pendekatan spiral.
Metode : Group
Investigation, diskusi,observasi
literature.
Model
: Question Student Have,
F.
Media,
Alat, Dan Sumber Pembelajaran
Media : gambar, film dan power point
Alat : laptop, LCD,papan tulis,
kertas hvs, pensil,penghapus.
Sumber :
1.
Farid, Samsul. 2013. Sejarah Indonesia untuk SMA-MA/SMK.
Yrama Widya. Bandung.
2.
Hapsari, Ratna. 2013. Sejarah Indonesia untuk SMA-MA/SMK Kelas X.
Erlangga. Jakarta.
G.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Petemuan
ke 1
1.
Pendahuluan (10 menit)
a) Peserta
didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa
b) Mengkondisikan siswa
untuk belajar dan memotivasi siswa
terkait kehidupan politik dan social-budaya indonesia pada masa
perkembangan Islam.
c) Apersepsi:
bertanya jawab pengetahuan dasar mengenai kehidupan politik dan social-budaya
indonesia pada masa perkembangan Islam.
d) Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini, yaitu pembelajaran menggunakan model “Question
Student Have”.
2.
Inti
(70)
Membimbing
siswa secara untuk :
a) Mengamati (Observing)
1) Mendengarkan
penjelasan materi dari guru sebagai pendahuluan materi dengan menampilkan
gambar-gambar atau Power Point.
2) Membentuk
kelompok maksimal 5 orang
3) Membagikan
potongan kertas kepada peserta didik
4) Mengumpulkan
potongan kertas tersebut
Kompetensi
yang diharapkan : perhatian, disiplin,
ketelitian, rasa hormat
b) Menanya (Questioning)
1) Menugaskan
kepada peserta didik untuk menuliskan pertanyaan yang mengenai materi yang di
sampaikan guru ataupun materi yang nasih belum di mengerti oleh peserta didik
2) Mengajukan
pertanyaan mengenai pengaruh-pengaruh Islam di Indonesia.
3) Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan politik dan social-budaya Indonesia
pada masa perkembangan Islam.
4) Guru
dapat membimbing siswa peserta didik menyusun pertanyaan seperti :
·
Bagaimana proses
akulturasi Islam dengan budaya Hindu-Budha?
·
Factor apa yang membuat
pengaruh Islam berkembang pesat di Indonesia?
·
Bagaimana dengan
perkembangan politik pada masa penyebaran Islam.
5) Guru
memastikan tidak ada pertanyaan yang sama antar kelompok.
Kompetensi
yang diharapkan : menumbuhkembangkan kemampuan untuk bertanya,,menumbuhkan rasa
ingin tahu, perhatian, sikap saling menghormati,
c) Pengumpulan Data
(Experimenting)
1) Lembar
kertas dibagikan, setelah selesai lalu diambil kembali oleh guru.
2) Kemudian
dibagikan lagi secara acak dengan kelompok lain, untuk menjawab pertanyaan.
3) Peserta
didik membaca dari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan
pengaruh-pengaruh masuknya Islam di Indonesia.
4) Membaca
dari berbagai sumber kehidupan politik dan social-budaya indonesia pada masa
perkembangan Islam
5) Mengumpulkan data/informasi tentang
sumber mengenai pengaruh-pengaruh
Islam di Indonesia.
6) Menganalisis
sumber informasi mengenai pengaruh-pengaruh masuknya Islam di Indonesia.
7) Peserta
didik mencoba menjawab pertanyaan yang telah diajukan oleh peserta didik di
kelompok lain.
Kompetensi
yang diharapkan : perhatian, disiplin,
ketelitian, rasa hormat,disiplin dan menerima pendapat orang lain.
d) Mengasosiasi
(Associating)
1) Kelompok
tersebut wajib untuk menjawab pertanyaan tersebut
2) Guru
membantu jika ada siswa yang sudah tidak mampu memecahkan soal/pertanyaan yang
ada..
3) Menyimpulkan informasi atau data yang akan dikumpulkan
4) Menyimpulkan pengaruh
Islam dalam bidang politik, social-budaya, seni sastra,
seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia dari informasi
yang telah dikumpulkan.
Kompetensi
yang diharapkan : perhatian, disiplin,
ketelitian, rasa hormat
e) Mengkomunikasikan
(Communicating)
1) Mengkomunikasikan
pertanyaan dan jawaban dari seluruh kelompok tentang pengaruh bidang politik,
social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama
di Indonesia dalam bentuk laporan dan membacakannya.
2) Mendiskusikan kesimpulan tentang pengaruh
Islam dalam bidang agama dan bahasa di Indonesia.
Kompetensi
yang diharapkan : perhatian, disiplin,
ketelitian, rasa hormat
3.
Penutup
(10 menit)
1)
Mendorong siswa untuk
melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
2) Guru
menugaskan peserta didik untuk mencari dan mengumpulkan data/informasi tentang
pengaruh Islam dalam
bidang bidang politik,
social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama
di Indonesia untuk pertemuan yang akan dating.
Pertemuan ke-6
1.
Pendahuluan
(5 menit)
a.
Guru membuka pelajaran
dengan memberikan salam, berdoa bersama, presensi serta memotivasi peserta
didik.
b.
Menanyakan tugas yang
telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
c.
Guru membagi kelas
dalam beberapa kelompok heterogen
d.
Guru menjelaskan maksud
pembelajaran mengenai materi mengenai pengaruh
Islam dalam bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni
tari & music,kalender dan agama di Indonesia dengan model Group Investigation
2.
Inti
(75 menit)
Membimbing siswa secara berkelompok untuk
a) Mengamati (Observing)
1)
Guru memanggil ketua
kelompok dan setiap kelompok mendapat tugas satu materi/tugas tentang mengenai
pengaruh Islam dalam bidang politik,
social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama
di Indonesia yang berbeda dari kelompok lain,
2)
Masing-masing kelompok
membahas tugas yang telah ditetapkan secara kooperatif yang bersifat penemuan
3)
Membaca dari
berbagai sumber belajar
tentang sumber belajar tentang pengaruh Islam dalam bidang politik, social-budaya,
seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia.
4)
Menganalisis sumber
informasi mengenai sumber
belajar tentang pengaruh Islam dalam bidang politik, social-budaya,
seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia.
Kompetensi yang diharapkan : perhatian, disiplin, ketelitian, rasa hormat
b) Menanya (Questioning)
1)
Masing-masing kelompok
menyelesaikan tugas yang telah diberikan oleh guru.
2)
Guru memastikan bahwa
disetiap kelompok mempunyai materi untuk mengerjakan tugas.
3)
Mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan sumber belajar tentang
pengaruh Islam dalam bidang politik,
social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama
di Indonesia.
Kompetensi yang diharapkan : perhatian, disiplin, ketelitian, rasa hormat
c) Pengumpulan Data
(Experimenting)
1)
Mengumpulkan
data/informasi tentang berbagai informasi mengenai berbagai pengaruh Islam yang
masuk ke dalam kehidupan masyarakat Indonesia.
2)
Mengumpulkan data/informasi tentang
sumber belajar tentang
pengaruh Islam dalam bidang politik,
social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama
di Indonesia.
3)
Guru mendampingi
pelaksanaan, untuk memantau kegiatan berlangsung sesuai rencana.
Kompetensi yang diharapkan : perhatian, disiplin, ketelitian, rasa hormat
d) Mengasosiasi
(Associating)
1)
Masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil yang telah di capai dalam tugasnya.
2)
Mengevaluasi pengaruh-pengaruh Islam
dalam sumber belajar tentang pengaruh Islam dalam bidang politik, social-budaya,
seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia dalam bentuk
laporan setelah menganalisis dan
menyimpulkan informasi atau data yang
akan dikumpulkan.
3)
Menyimpulkan pengaruh
Islam dalam sumber belajar tentang pengaruh Islam dalam bidang politik, social-budaya,
seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia dari
informasi yang telah dikumpulkan.
Kompetensi yang diharapkan : perhatian, disiplin, ketelitian, rasa ingin tahu, kemampuan
untuk merumuskan pertanyaan, melatih pemikiran kritis
e) Mengkomunikasikan
(Communicating)
1)
Setelah selesai
diskusi, juru bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok
2)
Menyampaikan hasil
evaluasi dan simpulan
tentang pengaruh-pengaruh Islam bidang politik, social-budaya, seni
sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia di
depan kelas.
3)
Guru bertindak sebagai
pengawas dan fasilitator, selama proses presentasi dilaksanakan.
4)
Mengkomunikasikan hasil
evaluasi dan simpulan tentang pengaruh Islam dalam bidang bidang politik,
social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama
di Indonesia
5)
Mendiskusikan hasil kerja kelompok dengan teman sekelas dan menyimpulkan
tentang pengaruh Islam
dalam bidang bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni
tari & music,kalender dan agama di Indonesia
Kompetensi yang diharapkan : mengungkapkan pendapat
singkat, kemampuan berpikir sistematis
3.
Penutup
(10 menit)
·
Mendorong siswa untuk
melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik
dari aktivitas hari ini.
·
Guru mengingatkan
peserta didik untuk tetap belajar dan menghimbau kepada mereka untuk tidak
segan bertanya jika ada hal yang belum dimengerti pada pertemuan selanjutnnya.
H.
Penilaian
1. Kompetensi
Sikap Spiritual
a.
Teknik Penilaian : Jurnal
b.
Bentuk Intrumen :
Lembar Penilaian Jurnal
c.
Kisi-kisi
: 1. Tata cara berdoa yang baik
2.
Dapat mencontohkan sikap toleransi
3. Dapat menyebutkan sikap-sikap yang
seharusnya dimiliki oleh pemimpin.
No
|
Tanggal
|
Nama
Siswa
|
Kejadian
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Dst
|
|
|
|
2. Kompetensi
Sikap Sosial
a. Teknik
Penilaian : Observasi
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian
Observasi
c. Kisi-kisi :
No
|
Indicator
|
Score
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1.
|
Menunjukkan
perilaku sopan-santun sebagai perwujudan saling menghormati
|
|
|
|
|
2.
|
Menerima
saran dan kritik dari kelompok lain.
|
|
|
|
|
3.
|
Disiplin
waktu, artinya tepat waktu saat memulai dan mengakhiri diskusi
|
|
|
|
|
4.
|
Menunjukkan
rasa tanggung jawab dalam berdiskusi dan presentasi sebagai bentuk disiplin
dalam pembelajaran.
|
|
|
|
|
Keterangan :
Sikap sosial, spiritual, keterampilan:
Sikap sosial, spiritual, keterampilan:
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor 3,34 – 4,00
Baik :
apabila memperoleh skor 2,66 – 3,33
Cukup :
apabila memperoleh skor 1,66 – 2,65
Kurang :
apabila memperoleh skor kurang 1,66
3. Kompetensi
Pengetahuan
Teknik Penilaian : Tes tertulis
Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda dan Uraian
Kisi-kisi :
a)
Soal Pilihan
Ganda
b)
Uraian
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
No
Soal
|
Soal
|
Jawaban
|
1
|
Menganalisis
berbagai teori tentang proses masuk dan berkembang ya agama serta kebudayaan
Islam di Indonesia
|
Mengetahui
kehidupan politik dan social-budaya indonesia pada masa perkembangan Islam
Pengaruh Islam dalam bidang politik, social-budaya,
seni sastra, seni rupa, seni tari & music, kalender, dan agama di
Indonesia.
|
1
2
3.
4
5
|
Pengaruh budaya Islam dalam kehidupan masyarakat Indonesia
pada zaman madya adalah…
a) Pendewaan terhadap raja semakin
dalam
b) Pengaruh budaya asli Indonesia
semakin lenyap
c) Jabatan raja dalam pemerintahan
semakin pudar
d) Hilangnya sistem kasta dalam
masyarakat
e) Timbulnya penetrasi budaya
Indonesia Islam
Salah satu contoh adanya pengaruh budaya Islam di
Indonesia dalam bidang politik adalah…
a)
Raja
berkuasa atas kedaulatan rakyat
b)
Hubungan
raja dengan rakyat menjadi bebas
c)
Raja
bergelar Sultan atau Sunan
d)
Kekuasaan
wilayah di tangan keluarga raja
e)
Rakyat
berkewajiban membayar ganti rugi
Karya sastra Jawa yang didalamnya terdapat serat yang
mengisahkan dinasti raja-raja Jawa dihubungkan dengan para dewa atu juga para
nabi, serat tersebut adalah tersebut dibawah ini, kecuali…
a) Serat Titi Asri
b) Serat Pararaton
c) Serat Centiniyui
d) Serat Babad Tanah Jawi
e) Serat Gatot Kaca
Pada awal perkembangan Islam di Indonesia seni pahat tidak
dapat berkembang, karena….
a)
Seni
patung dianggap budaya Hindu
b)
Membuat
patung membutuhkan keahlian khusus
c)
Membuat
patung dianggap bertentangan dengan ajaran Islam
d)
Ajaran
Islam melarang pembuatan patung
e)
Patung
dapat dijadikan obyek pemujaan
Berikut ini merupakan hasil akultarasi budaya,kecuali….
a)
Tumbuhnya
kehidupan masyarakat Jawa Hindu
b)
Tumbuh
dan berkembangnya sistem birokrasi kerajaan Jawa
c)
Tumbuh
dan berkembangnya kekuasaan mutlak raja
d)
Adanya
karya Sastra berisi Cerita panji. Aji Saka. Kitab Negarakertagama, Kitab
Pararaton
e)
Adanya
masyarakat Islam Sinkretik.
|
D
C
D
C
C
|
4. Kompetensi
Ketrampilan
Teknik Penilaian : Observasi
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
Kisi-kisi :
a. Non
Test
1. Nilai
Individu
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Nama
siswa
|
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
Jumlah
|
1.
|
Keaktifan
siswa dalam diskusi
|
|
|
|
|
2.
|
Keaktifan
siswa dalam menjawab
|
|
|
|
|
3.
|
Keaktifan
siswa dalam mencari sumber belajar.
|
|
|
|
|
b. Nilai
kelompok
No
|
Nama
kelompok
|
Diskusi
|
Presentasi
|
Score
|
1.
|
Kelompok
1
|
|
|
|
2.
|
Kelompok 2
|
|
|
|
3.
|
Kelompok 3
|
|
|
|
4.
|
Kelompok 4
|
|
|
|
5.
|
Kelompok 5
|
|
|
|
2. Tertulis
No
|
Nama
|
Produk
|
Score
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
Keterangan
:
·
Sikap social,
spiritual, ketrampilan
Sangat Baik : apabila memperoleh skor 3,34 – 4,00
Baik : apabila memperoleh skor 2,66 – 3,33
Cukup : apabila memperoleh skor 1,66 – 2,65
Kurang :
apabila memperoleh skor kurang 1,66
·
Pengetahuan :
Pengetahuan : Objective test :
Jawaban
benar X 4 = Nilai
10
Essay
:
Jawaban
benar x 2 = Nilai
Semarang
06 Maret 2014
Mengetahui
Kepala
SMA Kesatrian 1 Semarang
|
Guru
Mata Pelajaran
|
|
|
…………………………………
NIP……..
|
Haning
Vianata, S.Pd
NIM.
3101013006
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar