Senin, 17 Maret 2014

rpp kelas x sma kurikulum 2013



PPG - SM3T
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
: SMA 1 Kesatrian Semarang
Mata Pelajaran
: Sejarah Indonesia
Kelas / Semester
: X / II
Materi Pokok
: Proses masuknya Islam di Indonesia
Alokasi Waktu
: 12 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI-1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3.  Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4.  Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.2      Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
1.2.1   Menunjukkan rasa syukur terkait  keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
1.2.2   Memperjelas nilai-nilai toleransi antar umat beragama dengan saling menghargai peninggalan hasil budaya masa Hindu-Buddha di Indonesia pada masa masuknya Islam
2.1  Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada zaman praaksara, Hindu-Budha dan Islam.
2.1.1. Mengagumi peninggalan-peninggalan dari zaman Hindu-Budha dan Islam.
2.1.2. Memiliki rasa tanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas yang terkait dengan kegiatan belajar-mengajar
2.1.3. Menunjukkan  sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial  dan lingkungannya.
3.7 Mengolah informasi mengenai proses masuk dan perkembangan kerajaan Islam dengan menerapkan cara berpikir kronologis, dan pengaruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan.
3.7.1.      Mengetahui informasi mengenai proses masuk dan perkembangan kerajaan Islam dengan menerapkan cara berpikir kronologis, dan pengaruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan.
3.7.2.      Mengetahui kehidupan politik dan social-budaya indonesia pada masa perkembangan Islam.
3.7.3.      Pengaruh  Islam dalam bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia.
3.7.4.      Menganalisis bukti-bukti kehidupan dan hasil-hasil budaya pengaruh islam yang masih ada pada saat ini
4.7 Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.
4.7.1 Menganalisis pengaruh  Islam dalam bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Kompetensi sikap spiritual 5, & 6
Setelah mengikuti pembelajaran, diharapkan siswa mampu :
a)      Menunjukkan sikap berdoa sebelum memulai pelajaran.
b)      Menunjukkan sikap menghargai dan menghormati sesama peserta didik.
2.      Kompetensi Social
a)      Menunjukkan sikab toleransi terhadap perbedaan pendapat.
b)      Menunjukkan sikap bertanggungjawab terhadap tugas-tugas yang diberikan dalam pembelajaran sejarah
3.      Kompetensi Pengetahuan dan Ketrampilan 
Setelah mengikuti pembelajaran, diharapkan siswa mampu :
a)    Menjelaskan proses akulturasi Islam dalam bidang politik dan social-budaya di Indonesia.
b)   Mendeskripsikan hasil akulturasi dalam bidang politik dan social-budaya di Indonesia.
c)    Menjelaskan proses akulturasi pengaruh  Islam dalam bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia.
4.      Kompetensi Ketrampilan
a)      Menganalisis proses interaksi Islam di nusantara.
b)      Menganalisis hasil interaksi Islam yang masih ada hingga sekarang
c)      Menyusun makalah atau hasil laporan tulis tentang hasil akulturasi Islam di Indonesia.

D.    Materi Pembelajaran
a.       Kehidupan politik dan social-budaya indonesia pada masa perkembangan Islam.
b.      Pengaruh  Islam dalam bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia.
c.       Bukti-bukti kehidupan dan hasil-hasil budaya pengaruh islam yang masih ada pada saat ini

E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum      : pendekatan spiral.
Metode                        : Group Investigation, diskusi,observasi literature.
Model                          : Question Student Have,

F.     Media, Alat, Dan Sumber Pembelajaran
Media              : gambar, film dan power point
Alat                 : laptop, LCD,papan tulis, kertas hvs, pensil,penghapus.
Sumber            :
1.         Farid, Samsul. 2013. Sejarah Indonesia untuk SMA-MA/SMK. Yrama Widya. Bandung.
2.         Hapsari, Ratna. 2013. Sejarah Indonesia untuk SMA-MA/SMK Kelas X. Erlangga. Jakarta.

G.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Petemuan ke 1
1.         Pendahuluan (10 menit)
a)    Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa
b)   Mengkondisikan  siswa  untuk  belajar  dan memotivasi  siswa  terkait kehidupan politik dan social-budaya indonesia pada masa perkembangan Islam.
c)    Apersepsi: bertanya jawab pengetahuan dasar mengenai kehidupan politik dan social-budaya indonesia pada masa perkembangan Islam.
d)   Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini, yaitu pembelajaran menggunakan model “Question Student Have”.
2.         Inti (70)
Membimbing siswa secara untuk :   
a)      Mengamati (Observing)
1)    Mendengarkan penjelasan materi dari guru sebagai pendahuluan materi dengan menampilkan gambar-gambar atau Power Point.
2)      Membentuk kelompok maksimal 5 orang
3)      Membagikan potongan kertas kepada peserta didik
4)      Mengumpulkan potongan kertas tersebut
Kompetensi yang diharapkan : perhatian,  disiplin, ketelitian, rasa hormat
b)     Menanya (Questioning)
1)   Menugaskan kepada peserta didik untuk menuliskan pertanyaan yang mengenai materi yang di sampaikan guru ataupun materi yang nasih belum di mengerti oleh peserta didik
2)   Mengajukan pertanyaan mengenai pengaruh-pengaruh Islam di Indonesia.
3)   Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan politik dan social-budaya Indonesia pada masa perkembangan Islam.
4)   Guru dapat membimbing siswa peserta didik menyusun pertanyaan seperti :
·         Bagaimana proses akulturasi Islam dengan budaya Hindu-Budha?
·         Factor apa yang membuat pengaruh Islam berkembang pesat di Indonesia?
·         Bagaimana dengan perkembangan politik pada masa penyebaran Islam.
5)   Guru memastikan tidak ada pertanyaan yang sama antar kelompok.
Kompetensi yang diharapkan : menumbuhkembangkan kemampuan untuk bertanya,,menumbuhkan rasa ingin tahu, perhatian, sikap saling menghormati,
c)      Pengumpulan Data (Experimenting)
1)   Lembar kertas dibagikan, setelah selesai lalu diambil kembali oleh guru.
2)   Kemudian dibagikan lagi secara acak dengan kelompok lain, untuk menjawab pertanyaan.
3)   Peserta didik membaca dari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan pengaruh-pengaruh masuknya Islam di Indonesia.
4)   Membaca dari berbagai sumber kehidupan politik dan social-budaya indonesia pada masa perkembangan Islam
5)   Mengumpulkan  data/informasi  tentang  sumber mengenai  pengaruh-pengaruh Islam  di Indonesia.
6)   Menganalisis sumber informasi mengenai pengaruh-pengaruh masuknya Islam di Indonesia.
7)   Peserta didik mencoba menjawab pertanyaan yang telah diajukan oleh peserta didik di kelompok lain.
Kompetensi yang diharapkan : perhatian,  disiplin, ketelitian, rasa hormat,disiplin dan menerima pendapat orang lain.
d)     Mengasosiasi (Associating)
1)      Kelompok tersebut wajib untuk menjawab pertanyaan tersebut
2)      Guru membantu jika ada siswa yang sudah tidak mampu memecahkan soal/pertanyaan yang ada..
3)      Menyimpulkan  informasi atau data yang akan  dikumpulkan
4)      Menyimpulkan  pengaruh  Islam  dalam  bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia dari informasi yang telah dikumpulkan.
Kompetensi yang diharapkan : perhatian,  disiplin, ketelitian, rasa hormat
e)      Mengkomunikasikan (Communicating)
1)      Mengkomunikasikan pertanyaan dan jawaban dari seluruh kelompok tentang pengaruh bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia dalam bentuk laporan dan membacakannya.
2)      Mendiskusikan  kesimpulan tentang  pengaruh  Islam  dalam  bidang agama dan bahasa di Indonesia. 
Kompetensi yang diharapkan : perhatian,  disiplin, ketelitian, rasa hormat
3.         Penutup (10 menit)
1)      Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
2)      Guru menugaskan peserta didik untuk mencari dan mengumpulkan  data/informasi  tentang  pengaruh  Islam  dalam  bidang  bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia untuk pertemuan yang akan dating.
Pertemuan ke-6
1.         Pendahuluan (5 menit)
a.      Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam, berdoa bersama, presensi serta memotivasi peserta didik.
b.      Menanyakan tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
c.      Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
d.     Guru menjelaskan maksud pembelajaran mengenai materi mengenai pengaruh  Islam dalam bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia dengan model Group Investigation
2.         Inti (75 menit)
       Membimbing siswa secara berkelompok untuk
a)   Mengamati (Observing)
1)      Guru memanggil ketua kelompok dan setiap kelompok mendapat tugas satu materi/tugas tentang mengenai pengaruh  Islam dalam bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia yang berbeda dari kelompok lain,
2)      Masing-masing kelompok membahas tugas yang telah ditetapkan secara kooperatif  yang bersifat penemuan
3)      Membaca  dari  berbagai  sumber  belajar  tentang  sumber belajar  tentang pengaruh  Islam dalam bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia.
4)      Menganalisis  sumber  informasi mengenai  sumber belajar  tentang pengaruh  Islam dalam bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia.
Kompetensi yang diharapkan : perhatian,  disiplin, ketelitian, rasa hormat
b)   Menanya (Questioning)
1)      Masing-masing kelompok menyelesaikan tugas yang telah diberikan oleh guru.
2)      Guru memastikan bahwa disetiap kelompok mempunyai materi untuk mengerjakan tugas.
3)      Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan sumber belajar  tentang pengaruh  Islam dalam bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia.
Kompetensi yang diharapkan : perhatian,  disiplin, ketelitian, rasa hormat
c)    Pengumpulan Data (Experimenting)
1)   Mengumpulkan data/informasi tentang berbagai informasi mengenai berbagai pengaruh Islam yang masuk ke dalam kehidupan masyarakat Indonesia.
2)   Mengumpulkan  data/informasi  tentang  sumber belajar  tentang pengaruh  Islam dalam bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia.
3)   Guru mendampingi pelaksanaan, untuk memantau kegiatan berlangsung sesuai rencana.
Kompetensi yang diharapkan : perhatian,  disiplin, ketelitian, rasa hormat
d)   Mengasosiasi (Associating)
1)      Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil yang telah di capai dalam tugasnya.
2)      Mengevaluasi  pengaruh-pengaruh  Islam  dalam  sumber belajar  tentang pengaruh  Islam dalam bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia dalam  bentuk  laporan  setelah menganalisis dan menyimpulkan  informasi atau data yang akan  dikumpulkan.
3)      Menyimpulkan  pengaruh  Islam  dalam  sumber belajar  tentang pengaruh  Islam dalam bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia dari informasi yang telah dikumpulkan.
Kompetensi yang diharapkan : perhatian,  disiplin, ketelitian, rasa ingin tahu, kemampuan untuk merumuskan pertanyaan, melatih pemikiran kritis
e)      Mengkomunikasikan (Communicating)
1)   Setelah selesai diskusi, juru bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok
2)   Menyampaikan  hasil  evaluasi  dan  simpulan  tentang  pengaruh-pengaruh  Islam bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia di depan kelas.
3)   Guru bertindak sebagai pengawas dan fasilitator, selama proses presentasi dilaksanakan.
4)   Mengkomunikasikan hasil evaluasi dan simpulan tentang pengaruh Islam dalam bidang bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia
5)   Mendiskusikan  hasil kerja kelompok dengan teman sekelas dan  menyimpulkan  tentang  pengaruh  Islam  dalam bidang bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music,kalender dan agama di Indonesia
Kompetensi yang diharapkan : mengungkapkan pendapat singkat, kemampuan berpikir sistematis
3.         Penutup (10 menit)
·         Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
·         Guru mengingatkan peserta didik untuk tetap belajar dan menghimbau kepada mereka untuk tidak segan bertanya jika ada hal yang belum dimengerti pada pertemuan selanjutnnya.

H.    Penilaian
1.      Kompetensi Sikap Spiritual
a.         Teknik Penilaian : Jurnal
b.        Bentuk Intrumen : Lembar Penilaian Jurnal
c.         Kisi-kisi              :  1. Tata cara berdoa yang baik
  2.  Dapat mencontohkan sikap toleransi
     3. Dapat menyebutkan sikap-sikap yang seharusnya dimiliki oleh pemimpin.
No
Tanggal
Nama Siswa
Kejadian
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Dst












2.      Kompetensi Sikap Sosial
a.       Teknik Penilaian          : Observasi
b.      Bentuk Instrumen       : Lembar Penilaian Observasi
c.       Kisi-kisi                       :
No
Indicator
Score
SB
B
C
K
1.                                       
Menunjukkan perilaku sopan-santun sebagai perwujudan saling menghormati




2.                                       
Menerima saran dan kritik dari kelompok lain.




3.                                       
Disiplin waktu, artinya tepat waktu saat memulai dan mengakhiri diskusi




4.                                       
Menunjukkan rasa tanggung jawab dalam berdiskusi dan presentasi sebagai bentuk disiplin dalam pembelajaran.




Keterangan    :
                     
Sikap sosial, spiritual, keterampilan:
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,34 – 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor  2,66 – 3,33
Cukup                         : apabila memperoleh skor  1,66 – 2,65
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  1,66

3.      Kompetensi Pengetahuan
Teknik Penilaian          : Tes tertulis
Bentuk Instrumen       : Pilihan Ganda dan Uraian
Kisi-kisi                       :
a)         Soal Pilihan Ganda
b)        Uraian
No
Kompetensi Dasar
Indikator
No Soal
Soal
Jawaban
1
Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembang ya agama serta kebudayaan Islam di Indonesia
Mengetahui kehidupan politik dan social-budaya indonesia pada masa perkembangan Islam












Pengaruh  Islam dalam bidang politik, social-budaya, seni sastra, seni rupa, seni tari & music, kalender, dan agama di Indonesia.














1








2





3.






4







5
Pengaruh budaya Islam dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman madya adalah…  
a)      Pendewaan terhadap raja semakin dalam
b)      Pengaruh budaya asli Indonesia semakin lenyap
c)      Jabatan raja dalam pemerintahan semakin pudar
d)     Hilangnya sistem kasta dalam masyarakat
e)      Timbulnya penetrasi budaya Indonesia Islam

Salah satu contoh adanya pengaruh budaya Islam di Indonesia dalam bidang politik adalah…
a)      Raja berkuasa atas kedaulatan rakyat
b)      Hubungan raja dengan rakyat menjadi bebas
c)      Raja bergelar Sultan atau Sunan
d)     Kekuasaan wilayah di tangan keluarga raja
e)      Rakyat berkewajiban membayar ganti rugi


Karya sastra Jawa yang didalamnya terdapat serat yang mengisahkan dinasti raja-raja Jawa dihubungkan dengan para dewa atu juga para nabi, serat tersebut adalah tersebut dibawah ini, kecuali…
a)      Serat Titi Asri
b)      Serat Pararaton
c)      Serat Centiniyui
d)     Serat Babad Tanah Jawi
e)      Serat Gatot Kaca 

Pada awal perkembangan Islam di Indonesia seni pahat tidak dapat berkembang, karena….
a)      Seni patung dianggap budaya Hindu
b)      Membuat patung membutuhkan keahlian khusus
c)      Membuat patung dianggap bertentangan dengan ajaran Islam
d)     Ajaran Islam melarang pembuatan patung
e)      Patung dapat dijadikan obyek pemujaan

Berikut ini merupakan hasil akultarasi budaya,kecuali….
a)      Tumbuhnya kehidupan masyarakat Jawa Hindu
b)      Tumbuh dan berkembangnya sistem birokrasi kerajaan Jawa
c)      Tumbuh dan berkembangnya kekuasaan mutlak raja
d)     Adanya karya Sastra berisi Cerita panji. Aji Saka. Kitab Negarakertagama, Kitab Pararaton
e)      Adanya masyarakat Islam Sinkretik.
D






C






D







C







C

4.      Kompetensi Ketrampilan
Teknik Penilaian          : Observasi
Bentuk Instrumen       : Lembar Observasi
Kisi-kisi                       :
a.       Non Test
1.      Nilai Individu
No
Aspek yang dinilai
Nama siswa
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Jumlah
1.       
Keaktifan siswa dalam diskusi




2.       
Keaktifan siswa dalam menjawab




3.       
Keaktifan siswa dalam mencari sumber belajar.





b.      Nilai kelompok
No
Nama kelompok
Diskusi
Presentasi
Score
1.       
Kelompok 1



2.       
Kelompok 2



3.       
Kelompok 3



4.       
Kelompok 4



5.       
Kelompok 5




2.      Tertulis
No
Nama
Produk
Score
1.       



2.       



3.       



4.       



5.       



6.       



Dst




Keterangan :
·         Sikap social, spiritual, ketrampilan
            Sangat Baik     : apabila memperoleh skor 3,34 – 4,00
            Baik                 : apabila memperoleh skor 2,66 – 3,33
            Cukup                         : apabila memperoleh skor 1,66 – 2,65
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang 1,66
·         Pengetahuan :
            Pengetahuan    : Objective test :
Jawaban benar X 4 = Nilai
            10
                                    Essay :
                                    Jawaban benar x 2 = Nilai

Semarang 06 Maret 2014

Mengetahui
Kepala SMA Kesatrian 1 Semarang
Guru Mata Pelajaran





…………………………………
NIP……..
Haning Vianata, S.Pd
NIM. 3101013006






Tidak ada komentar:

Posting Komentar