Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah
: SMA Negeri 3
Semarang
Matapelajaran :
Sejarah Indonesia
Kelas/Semester :
XI/I
Materi Pokok :
Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di
Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.
Alokasi Waktu :
4JP (2x pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.2 Menghayati nilai-nilai persatuan dan keinginan
bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa
sebagai karunia Tuhan YME terhadap bangsa dan negara Indonesia.
|
1.2.1
Mengamalkan
nilai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan bangsa.
1.2.2
Menunjukkan sikap syukur terhadap Tuhan YME telah
dilahirkan sebagai bangsa dan warga negara Indonesia
|
2.2 Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para
pejuang dalam mewujudkan cita-cita mandiri negara dan bangsa Indonesia dan
menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.2.1
Menunjukkan
sikap kerjasama dalam menyelesaikan masalah dalam kelas.
2.2.2
Menunjukkan
sikap tanggung jawab dengan tugas-tugas harus dikerjakan.
2.2.3
Menunjukkan
sikap cinta damai dalam menyikapi perbedaan pendapat di lingkungan sekolah
maupun lingkungan sekitar.
|
3.3 Menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia
terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.
|
3.3.1
Mengidentifikasi
strategi perlawanan bangsa Indonesia dalam memerangi dominasi asing sebelum
abad 20.
3.3.2
Menganalisis
berbagai perlawanan daerah terhadap penjajah sebelum abad 20.
3.3.3
Menjelaskan
Perlawanan bangsa Indonesia terhadap bangsa Portugis, VOC dan Pemerintah
Kolonial belanda sebelum abad 20.
|
4.3 Mengolah informasi tentang strategi perlawanan
bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan
sesudah abad ke-20 dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
|
4.3.1
Menyajikan
hasil identifikasi strategi perlawanan bangsa Indonesia dalam memerangi
dominasi asing sebelum abad 20.
4.3.2
Memaparkan
hasil analisis perlawanan daerah terhadap penjajahan bangsa barat sebelum
abad 20.
4.3.3
Menceritakan
kembali mengenai perlawanan bangsa Indonesia terhadap bangsa Portugis, VOC
dan Pemerintah Kolonial Belanda.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses pembelajaran
siswa dapat:
·
Mengidentifikasi jenis-jenis perlawanan bangsa Indonesia yang bersifat
fisik
·
Mengklasifikasi jenis perlawanan bangsa Indonesia terhadap dominasi
Portugis, VOC dan Pemerintah Kolonial Belanda.
·
Mengidentifikasi penyebab munculnya perlawanan Bangsa
Indonesia terhadap Portugis, VOC dan pemerintah kolonial Belanda
·
Menjelaskan perlawanan-perlawanan yang terjadi didaerah terhadap Portugis
dan VOC
·
Menjelaskan perlawanan yang terjadi didaerah terhadap pemerintah kolonial Belanda
·
Menunjukkan
sikap kerjasama dalam mengerjakan tugas
D.
Materi Pembelajaran
Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan
asing sebelum abad ke-20.
1. Reaksi bangsa Indonesia terhadap
dominasi Portugis dan VOC
·
Perlawanan
Demak 1512
·
Perlawanan
Aceh
·
Perlawanan
Mataram
·
Perlawnan
Banten
·
Perlawanan
Makasar
2. Reaksi bangsa Indonesia terhadap Pemerintah
Kolonial Belanda
·
Perlawanan
rakyat Saparua
·
Perang
Padri
·
Perang
Diponegoro
·
Perang
Jagaraga Bali
·
Perang
Banjar
·
Perang
Aceh
·
Perjuangan
rakyat Batak
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan, Strategi dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Strategi :
Cooperative learning
Metode :
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
Model pembelajaran
: Group Investigation
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media
Powerpoint
mengenai perlawanan terhadap Portugis, VOC dan Pemerintah Kolonial Belanda
Gambar
dokumentasi dan foto perlawanan daerah terhadap pendudukan asing.
Alat/Bahan
Laptop,
whiteboard, dan LCD
Sumber
Belajar
Hapsari,Ratna.
M.Adil. 2013. Sejarah Indonesia Jilid 1 untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta:
Erlangga.
Listyani,
Dwi Ari. 2009. Sejarah SMA kelas XI. Jakarta: BSE
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pertemuan Kesatu
|
2x45
menit
|
|
Pendahuluan
|
a. Guru melakukan salam pembuka untuk mengawali
kegiatan sekaligus dilanjutkan do’a bersama sesuai ajaran agama yang dianut
masing-masing lalu mengucap syukur kepada Tuhan YME.
b. Guru menanyakan kehadiran siswa dan
mempersiapkan siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaan.
c. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab
mengenai materi yang telah dibahas pada
pertemuan sebelumnya.
d. Guru menerangkan tujuan pembelajaran pada
pertemuan kali ini.
e. Guru menjelaskan model pembelajaran (Grop
investigation) yang akan dilaksanakan.
|
12
menit
|
Inti
|
Guru
menjelaskan secara singkat mengenai strategi perlawanan-perlawanan bangsa
Indonesia terhadap Portugis dan VOC.
Mengamati
a. Peserta didik membentuk kelompok dengan anggota 4-5 orang.
b. Peserta didik dalam kelompok
mengidentifikasi strategi-strategi perlawanan yang dilakukan bangsa Indonesia
mengusir bangsa Barat di berbagai daerah dan menuliskannya kembali sesuai
sumber yang ada.
c. Kompetensi yang dikembangkan
: mencari informasi, melatih kesungguhan.
Menanya
a. Guru memanggil setiap ketua kelompok untuk
mendapat satu materi tugas sehingga setiap kelompok mendapat yang berbeda
dari kelompok lain. Materi tugas tiap kelompok diambil dari pembahasan
mengenai materi yang sedang dibahas. Guru dapat membimbing peserta didik menyusun pertanyaan mengenai:
·
Di daerah manakah munculnya perlawanan-perlawanan bangsa Indonesia!
·
Mengapa bangsa Indonesia melakukan perlawanan terhadap bangsa barat!
·
Siapa pemimpin perlawanan dan bagaimana sepak
terjang tokoh tersebut!
·
Bagaimana perlawanan tersebut berlangsung!
·
Hasil dari perlawanan tersebut!
b. Peserta didik mengidentifikasi dan
mengklasifikasi pertanyaan yang telah diajukan dan mencari jawabannya dalam
diskusi kelompok berdasarkan sumber yang ada di buku.
c. Kompetensi yang dikembangkan : mengembangkan
kreatifitas, rasa ingin tahu.
Mencoba/Mengumpulkan
Data atau Informasi
a. Peserta
didik mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah
disusun dengan membaca uraian materi di Buku Sejarah Indonesia Kelas XI atau bisa pergi ke perpustakaan.
b. Guru menyediakan berbagai sumber belajar dan dapat menjelaskan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh
peserta didik dalam kelompok.
c. Peserta didik mengecek kembali jawaban
pertanyaan dengan menggunakan sumber belajar yang telah disediakan guru.
d. Nilai yang dikembangkan : sikap teliti, sopan,
dan menghargai pendapat lain.
Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a. Peserta
didik dengan bimbingan guru mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi
yang sudah diperoleh.
b. Peserta didik menyusun simpulan atas berbagai pertanyaan dengan bimbingan guru tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia.
c. Nilai yang dikembangkan : kemampuan berpikir
deduktif serta induktif dalam menyimpulkan.
Mengkomunikasikan
a. Peserta didik dengan arahan guru membuat bahan tayang atau lembar kerja kelompok secara sistematis untuk melaporkan hasil
kerja kelompok tentang identifikasi strategi perlawanan bangsa Indonesia
terhadap Portugis dan VOC.
b. Peserta didik mematuhi tata cara penyajian kelompok, seperti:
·
Kelompok
menyajikan secara bergantian bahan tayang yang telah disusun sebelumnya.
·
Kelompok
penyaji menyajikan materi paling lama 5 menit. Kelompok lain memperhatikan
penyajian kelompok penyaji dan mencatat hal-hal yang penting serta mempersiapkan pertanyaan terhadap hal yang belum
jelas.
·
Kelompok
penyaji bertanya jawab dan diskusi dengan peserta didik lain tentang materi
yang disajikan paling lama 15 menit.
·
Menyampaikan
pertanyaan atau pendapat setelah dipersilahkan oleh guru (moderator).
·
Menggunakan
bahasa yang sopan saat menyampaikan pertanyaan atau pendapat.
·
Berbicara
secara bergantian dan tidak memotong pembicaraan orang lain
c. Peserta didik melakukan diskusi kelas dengan bimbingan atau dimoderatori oleh guru.
d. Kelompok lain memberikan tanggapan dan guru memberikan konfirmasi terhadap jawaban
peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang tepat dan
memberikan penghargaan bila jawaban benar.
e. Nilai yang dikembangkan : mengungkapkan pendapat
dan mampu berbahasa yang baik dan benar.
|
60
menit
|
Penutup
|
a. Peserta
didik dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya
jawab secara klasikal tentang perlawanan bangsa
Indonesia terhadap Portugis dan VOC.
b. Peserta didik melakukan refleksi atas manfaat
proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan dengan
meminta menjawab pertanyaan berikut secara lisan.
·
Apa manfaat
yang diperoleh dari pembelajaran tadi bagi
kalian?
·
Apa rencana
tindak lanjut yang akan kalian lakukan?
·
Teladan
apa yang bisa kalian ambil dari pemimpin perlawanan yang telah dibahas?
c. Peserta
didik mencatat tugas pekerjaan
rumah untuk pengayaan dan membaca materi untuk
pertemuan berikutnya yaitu perlawanan bangsa Indoensia terhadap
pemerintah Kolonial belanda.
|
28
menit
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pertemuan Kedua
|
2x45
menit
|
|
Pendahuluan
|
a. Guru melakukan salam pembuka untuk mengawali
kegiatan sekaligus dilanjutkan do’a bersama sesuai ajaran agama yang dianut
masing-masing lalu mengucap syukur kepada Tuhan YME.
b. Guru menanyakan kehadiran siswa dan
mempersiapkan siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaan.
c. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai materi yang telah dibahas pada
pertemuan sebelumnya.
d. Guru menerangkan tujuan pembelajaran pada
pertemuan kali ini.
e. Guru menjelaskan model pembelajaran (STAD) yang
akan dilaksanakan.
|
12
menit
|
Inti
|
Guru
menjelaskan secara singkat mengenai strategi perlawanan-perlawanan bangsa
Indonesia terhadap Pemerintah Kolonial Belanda.
Mengamati
a. Peserta didik membentuk kelompok dengan anggota 4-5 orang.
b. Guru memberi tugas
kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok.
c. Peserta didik dalam kelompok membaca dan mengamati materi
mengenai perlawanan-perlawanan bangsa Indonesia di berbagai daaerah.
d. Peserta didik dalam kelompok
mengidentifikasi strategi-strategi perlawanan yang dilakukan bangsa Indonesia
mengusir bangsa Barat di berbagai daerah dan menuliskannya kembali sesuai sumber
yang ada.
e. Kompetensi yang dikembangkan
: mencari informasi, melatih kesungguhan.
Menanya
a. Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh
siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu.
b. Materi tugas tiap kelompok diambil dari
pembahasan mengenai materi yang sedang dibahas. Guru dapat membimbing peserta didik menyusun pertanyaan mengenai:
·
Penyebab munculnya perlawanan bangsa Indonesia terhadap kolonial
Belanda!
·
Siapa saja pemimpin perlawanan dan bagaimana
sepak terjang tokoh tersebut!
·
Didaerah mana saja peristiwa tersebut terjadi!
·
Bagaimana perlawanan tersebut berlangsung!
·
Hasil dari perlawanan tersebut!
c. Peserta didik mengidentifikasi dan
mengklasifikasi pertanyaan yang telah diajukan dan mencari jawabannya dalam
diskusi kelompok berdasarkan sumber yang ada di buku.
d. Kompetensi yang dikembangkan : mengembangkan
kreatifitas, rasa ingin tahu.
Mencoba/Mengumpulkan
Data atau Informasi
a. Peserta
didik mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah
disusun dengan membaca uraian materi di Buku Sejarah Indonesia Kelas XI atau bisa pergi ke perpustakaan.
b. Guru menyediakan berbagai sumber belajar dan dapat menjelaskan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh
peserta didik dalam kelompok.
c. Peserta didik mengecek kembali jawaban
pertanyaan dengan menggunakan sumber belajar yang telah disediakan guru.
d. Nilai yang dikembangkan : sikap teliti, sopan,
dan menghargai pendapat lain.
Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a. Peserta didik
dengan bimbingan guru mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang
sudah diperoleh.
b.
Peserta didik menyusun simpulan atas berbagai
pertanyaan dengan bimbingan guru tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia.
c.
Nilai yang dikembangkan : kemampuan berpikir
deduktif serta induktif dalam menyimpulkan.
Mengkomunikasikan
a. Peserta didik melaporkan hasil kerja kelompok
tentang identifikasi strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap pemerintah
Kolonial Belanda.
b. Peserta didik melakukan diskusi kelas dengan bimbingan
atau dimoderatori oleh guru.
c. Kelompok lain memberikan tanggapan dan guru memberikan konfirmasi terhadap jawaban
peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang tepat dan
memberikan penghargaan bila jawaban benar.
d. Nilai yang dikembangkan : mengungkapkan pendapat
dan mampu berbahasa yang baik dan benar.
|
60
menit
|
Penutup
|
a. Peserta
didik dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya
jawab secara klasikal tentang perlawanan bangsa
Indonesia terhadap pemerintah Kolonial Belanda.
b. Peserta didik melakukan refleksi atas manfaat
proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan dengan
meminta menjawab pertanyaan berikut secara lisan.
·
Apa manfaat
yang diperoleh dari pembelajaran tadi bagi
kalian?
·
Apa rencana
tindak lanjut yang akan kalian lakukan?
·
Teladan
apa yang bisa kalian ambil dari pemimpin perlawanan yang telah dibahas?
c. Peserta
didik mencatat tugas pekerjaan
rumah untuk pengayaan dan membaca materi untuk pertemuan berikutnya yaitu strategi-strategi perlawanan
bangsa Indonesia sebelum abad 20.
|
28
menit
|
H. Penilaian
1.
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
a.
Teknik
Penilaian : Observasi
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian Observasi
c.
Kisi-kisi :
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Mengamalkan nilai persatuan
dan kesatuan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan bangsa.
|
1
|
2
|
Menunjukkan sikap syukur terhadap Tuhan YME telah
dilahirkan sebagai bangsa dan warga negara Indonesia
|
2
|
3
|
Menunjukkan sikap cinta damai dalam menyikapi perbedaan pendapat di
lingkungan sekolah maupun lingkungan sekitar.
|
3
|
4
|
Menunjukkan sikap tanggung
jawab dengan tugas-tugas harus dikerjakan.
|
4
|
Instrumen:
lihat Lampiran 1
2.
Kompetensi
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian:
1)
Tes: tulis
2)
Non tes: Penugasan
kelompok
- Bentuk Instrumen:
1)
Soal tes tulis uraian
2)
Tugas Kelompok
- Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
Kunci
Jawaban
|
1
|
Mengidentifikasi strategi
perlawanan bangsa Indonesia dalam memerangi dominasi asing sebelum abad 20.
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
No :
|
Kunci Terlampir
|
2
|
Menganalisis berbagai
perlawanan daerah terhadap penjajah sebelum abad 20.
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
No :
|
Kunci Terlampir
|
3
|
Menjelaskan Perlawanan bangsa
Indonesia terhadap bangsa Portugis, VOC dan Pemerintah Kolonial belanda
sebelum abad 20.
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
No :
|
Kunci Terlampir
|
Instrumen:
lihat Lampiran 2
3.
Kompetensi
Keterampilan
a.
Teknik
Penilaian : Praktik
b.
Bentuk
Instrumen : Checklist
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
Butir
Instrumen
|
1.
|
Menyajikan hasil
identifikasi strategi perlawanan bangsa Indonesia dalam memerangi dominasi asing
sebelum abad 20.
|
Praktik
|
|
2.
|
Memaparkan hasil analisis
perlawanan daerah terhadap penjajahan bangsa barat sebelum abad 20.
|
Praktik
|
|
3.
|
Menceritakan kembali mengenai perlawanan
bangsa Indonesia terhadap bangsa Portugis, VOC dan Pemerintah Kolonial Belanda.
|
Praktik
|
|
Instrumen:
lihat Lampiran 3
LEMBAR
PENGAMATAN/ OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
Mata Pelajaran :Sejarah
Indonesia
Kelas / Semester :XI / 1
Materi Pokok :
Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan banrat sebelum
abad ke-20.
Hari / tanggal pengamatan :
1.
Penilaian dilakukan selama
kegiatan diskusi
2.
Hasil penilaian ini digunakan
untuk mengetahui tingkat aktivitas peserta didik
3.
Aspek yang dinilai:
1). Tanggung jawab
2). Kerja sama
3). Keberanian mengajukan pertanyaan
4). Kemampuan menyampaikan informasi/ menjawab
pertanyaan
5). Menghargai pendapat orang lain
4. Keterangan Skor dan Katagori skor
Skor 1 = sangat kurang Jumlah skor 1- 5
katagori tidak aktif
Skor 2= kurang Jumlah
skor 5-10 katagori kurang aktif
Skor 3= cukup Jumlah
Skor11-15 katagori cukup aktif
Skor 4= baik Jumlah
skor 16-20 katagori aktif
Skor 5 = baik sekali Jumlah
skor 21 -25 katagori sangat aktif
Berilah skor untuk setiap aspek!
NO
|
NAMA PESERTA DIDIK
|
ASPEK PENILAIAN
|
JUMLAH SKOR
|
KATEGORI
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
Ani
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
18
|
Aktif
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RERATA SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|
Semarang,
9 Maret 2014
Mengetahui,
Kepala
SMAN 3 Semarang Guru
Mapel Sejarah
Drs Bambang Nianto Mulyo, M.Ed ..............................
NIP. 19610429
199603 1 007
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1
LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN SIKAP
Petunjuk:
Lembar ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual
peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual
yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 =
selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3 =
sering, apabila cenderung lebih banyak melakukan aspek yang diamati
2 =
kadang-kadang, apabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang
diamati
1 =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan aspek yang diamati
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok/Tema : …………………..
No
|
Aspek yang Diamati
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Mengamalkan nilai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia menuju
kemerdekaan bangsa.
|
|
|
|
|
2.
|
Menunjukkan sikap syukur
terhadap Tuhan YME telah dilahirkan sebagai bangsa dan warga negara Indonesia
|
|
|
|
|
3.
|
Menunjukkan sikap cinta damai dalam menyikapi perbedaan pendapat di
lingkungan sekolah maupun lingkungan sekitar.
|
|
|
|
|
4.
|
Menunjukkan sikap tanggung jawab dengan tugas-tugas harus dikerjakan.
|
|
|
|
|
|
Total Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penskoran:
|
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Lampiran 2.1
INSTRUMEN TES TULIS URAIAN
JAWABLAH DENGAN TEPAT
No
|
Soal
|
Skor
|
1
|
Mengapa
perang Aceh dapat berlangsung cukup lama!
|
20
|
2
|
Jelaskan
faktor-faktor penyebab kegagalan berbagai perlawanan daerah terhadap
pendudukan asing secara umum!
|
20
|
3
|
Ditinjau dari segi sasaran
perang Padri, gerakan perlawanan Padri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu!
|
20
|
4
|
Sebutkan sebab-sebab meletusnya
perang Jawa atau Perlawanan Diponegoro!
|
20
|
5
|
Kenapa Pangeran
Hidayatullah cenderung mendukung Pangeran Antasari daripada menggantikan
kedudukan Pangeran Tamjid II!
|
20
|
Jumlah
skor
|
100
|
Pedoman penilaian:
Rentang Nilai: 0 -100
|
|
KUNCI JAWABAN:
1.
Perang Aceh bisa berlangsung lama karena
perlawanannya bersifat frontal dimana pemerintah masih bersifat mapan, pemimpin
perlawanan memiliki kharisma, rakyat berjuang atas nama jihad fissabilillah.
2.
Bersifat lokal atau kedaerahan, Perlawanan secara
sporadic dan tidak serentak, Perlawanan dipimpin oleh pimpinan kharismatik
sehingga tidak ada yang melanjutkan dan Para pejuang di adu domba oleh penjajah
(devide et impera politik memecah belah bangsa Indonesia)
3.
Perbedaan perlawanan Padri yaitu :
a.
Periode
1803–1821 adalah masa perang Paderi melawan Adat dengan corak keagamaan.
b.
Periode
1821–1838 adalah masa perang Paderi melawan Belanda dengan corak keagamaan dan
patriotisme.
4. Sebab-sebab perlawanan Diponegoro, antara lain:
a. Adanya kekecewaan dan kebencian kerabat istana terhadap tindakan Belanda
yang makin intensif mencampuri urusan keraton
b. Adanya kekecewaan di kalangan para bangsawan, karena hak-haknya banyak yang
dikurangi.
c. adanya pembuatan jalan oleh Belanda melewati makam leluhur Pangeran
Diponegoro di Tegalrejo.
5. Karena Pangeran Hidayatullah mengetahui taktik Belanda ketika
mengangkatnya sebagai sultan Banjar menggantikan pangeran Tamjid Illah hanya untuk mengambil
hati rakyat dan mencampuri urusan kerajaan agar tidak melakukan
perlawanan-perlawanan lagi terhadap Belanda.
Lampiran 2.2
INSTRUMEN TUGAS KELOMPOK
Diskusikan
bersama anggota kelompokmu tugas berikut :
1. Jelaskan
mengapa perlawana Sultan Agung Hanyokrokusumo, Sultan Ageng Tirtayasa dan
Sultan Hasanuddin merupakan perlawanan terrhadap kolonialisme bukan terhadap
imperialisme!
2. Jelaskan
apa hubungan perlawanan daerah dengan pelaksanaan Pax Nederlandica!
3. Bandingkan
perlawanan yang terjadi di setiap daerah ditinjau dari kepemimpinan tokoh,
strategi dan dukungan rakyat dalam melawan penjajahan barat!
4. Mengapa
perlawanan Diponegoro terhadap Belanda disebut juga Perang Jawa!
KUNCI JAWABAN
1. Yang membedakan antara kolonialisme dan imperialisme
addalah ada atau tidaknya pemerintah jajahan di daerrah koloni. Kalau
imperalisme merupakan bentuk kolonialisme yang ditandai adanya pemerintah
jajahan. Sementara perlawanan Sultan Agung Anyokrokusumo, Sultan Ageng
Tirtayasa dan Sultan Hasanuddin merupakan perlawanan terhaddap VOC yaitu suatu
maskapai perdagangan bukan pemerintah jajahan. Jadi perlawanan tersebut adalah
terhadap kolonialisme bukan imperialisme.
2. Pada masa kolonial Belanda pemerintah Belanda pernah
mengadakan Pax Nederlandica yang artinya perluasan wilayah jajahan dan
penyatuan wilayah jajahan. Karena itu saat Belanda melaksanakan Pax
Nederlandica timbllah reaksi-reaksi dari daerah-daerah.
RUBRIK
PENILAIAN TUGAS
Kompetensi
yang
diukur
|
Deskripsi
Skor
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Pengetahuan
|
1. Menyajikan
data atau fakta dengan lengkap
|
|
|
|
|
2. Data atau
fakta tersaji dengan rapi, dan jelas
|
|
|
|
|
|
3. Menampilkan
ulasan sebab akibat dari data yang diperoleh
|
|
|
|
|
|
4. Memberikan
interpretasi data atau fakta berdasarkan konsep yang dimiliki
|
|
|
|
|
|
Total Skor
|
|
|
|
|
Nilai
tugas yang dikerjakan oleh peserta didik dihitung dengan rumus:
Skor yang diperoleh
Nilai
Akhir = -------------------------- x 100
Skor Maksimal
Lampiran 3
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KETRAMPILAN
Lembar
Observasi Keterampilan
Nama
Peserta Didik : ...
Kelas : ...
Tanggal
Pengamatan : ...
Materi Pokok :
Strategi Perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa barat sebelum
abad ke20
No
|
Aspek
Keterampilan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
A
|
Menyajikan hasil
identifikasi strategi perlawanan bangsa Indonesia dalam memerangi dominasi
asing sebelum abad 20.
|
|
|
|
|
|
1. Menyampaikan gagasan
dengan lancar dan logis
|
|
|
|
|
|
|
2. Mendukung kerjasama
kelompok
|
|
|
|
|
|
|
B
|
Memaparkan hasil analisis
perlawanan daerah terhadap penjajahan bangsa barat sebelum abad 20.
|
|
|
|
|
|
3. Kejelasan isi
paparan
|
|
|
|
|
|
|
4. Menyampaikan gagasan
dengan lancar dan logis
|
|
|
|
|
|
|
5. Mendukung kerjasama
kelompok
|
|
|
|
|
|
|
6. Menanggapi
pertanyaan dengan lugas dan jelas
|
|
|
|
|
|
|
7. Menerimasecaralogispendapatkelompok
lain
|
|
|
|
|
|
|
C
|
Menceritakan kembali mengenai
perlawanan bangsa Indonesia terhadap bangsa Portugis, VOC dan Pemerintah
Kolonial Belanda.
|
|
|
|
|
|
8. Kejelasan isi
paparan
|
|
|
|
|
|
|
9. Menyampaikan gagasan
dengan lancar dan logis
|
|
|
|
|
|
|
10. Mendukung kerjasama
kelompok
|
|
|
|
|
|
|
11. Menanggapi
pertanyaan dengan lugas dan jelas
|
|
|
|
|
|
|
12. Menerima secara
logis
pendapat
kelompok lain
|
|
|
|
|
|
|
JumlahSkor
|
|
|
Skor Penilaian:
4
= selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2
= kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1
= tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Rubrik Penilaian:
Nilai = (Jumlah Skor : Skor Maksimal) x 100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar