Senin, 17 Maret 2014

RPP KLS XI Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah                    : SMA Negeri 3 Semarang
Matapelajaran           : Sejarah Indonesia
Kelas/Semester         : XI/I
Materi Pokok           : Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.
Alokasi Waktu         : 4JP (2x pertemuan)

A.      Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.2  Menghayati nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan YME terhadap bangsa dan negara Indonesia.
1.2.1        Mengamalkan nilai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan bangsa.
1.2.2        Menunjukkan  sikap syukur terhadap Tuhan YME telah dilahirkan sebagai bangsa dan warga negara Indonesia
2.2  Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang dalam mewujudkan cita-cita mandiri negara dan bangsa Indonesia dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.2.1        Menunjukkan sikap kerjasama dalam menyelesaikan masalah dalam kelas.
2.2.2        Menunjukkan sikap tanggung jawab dengan tugas-tugas harus dikerjakan.
2.2.3        Menunjukkan sikap cinta damai dalam menyikapi perbedaan pendapat di lingkungan sekolah maupun lingkungan sekitar.
3.3  Menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.
3.3.1        Mengidentifikasi strategi perlawanan bangsa Indonesia dalam memerangi dominasi asing sebelum abad 20.
3.3.2        Menganalisis berbagai perlawanan daerah terhadap penjajah sebelum abad 20.
3.3.3        Menjelaskan Perlawanan bangsa Indonesia terhadap bangsa Portugis, VOC dan Pemerintah Kolonial belanda sebelum abad 20.
4.3  Mengolah informasi tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20 dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
4.3.1        Menyajikan hasil identifikasi strategi perlawanan bangsa Indonesia dalam memerangi dominasi asing sebelum abad 20.
4.3.2        Memaparkan hasil analisis perlawanan daerah terhadap penjajahan bangsa barat sebelum abad 20.
4.3.3        Menceritakan kembali mengenai perlawanan bangsa Indonesia terhadap bangsa Portugis, VOC dan Pemerintah Kolonial Belanda.

C.      Tujuan Pembelajaran
Melalui proses pembelajaran siswa dapat:
·         Mengidentifikasi jenis-jenis perlawanan bangsa Indonesia yang bersifat fisik
·         Mengklasifikasi jenis perlawanan bangsa Indonesia terhadap dominasi Portugis, VOC dan Pemerintah Kolonial Belanda.
·         Mengidentifikasi  penyebab munculnya perlawanan Bangsa Indonesia terhadap Portugis, VOC dan pemerintah kolonial Belanda
·         Menjelaskan perlawanan-perlawanan yang terjadi didaerah terhadap Portugis dan VOC
·         Menjelaskan perlawanan yang terjadi didaerah  terhadap pemerintah kolonial Belanda
·         Menunjukkan sikap kerjasama dalam mengerjakan tugas
     
D.      Materi  Pembelajaran
Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan asing sebelum abad ke-20.
1.      Reaksi bangsa Indonesia terhadap dominasi Portugis dan VOC
·         Perlawanan Demak 1512
·         Perlawanan Aceh
·         Perlawanan Mataram
·         Perlawnan Banten
·         Perlawanan Makasar
2.      Reaksi bangsa Indonesia terhadap Pemerintah Kolonial Belanda
·         Perlawanan rakyat Saparua
·         Perang Padri
·         Perang Diponegoro
·         Perang Jagaraga Bali
·         Perang Banjar
·         Perang Aceh
·         Perjuangan rakyat Batak

E.       Metode Pembelajaran
Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan          : Saintifik
Strategi                 : Cooperative learning
Metode                 : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
Model pembelajaran : Group Investigation

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media
Powerpoint mengenai perlawanan terhadap Portugis, VOC dan Pemerintah Kolonial Belanda
Gambar dokumentasi dan foto perlawanan daerah terhadap pendudukan asing.
Alat/Bahan
Laptop, whiteboard, dan LCD
Sumber Belajar
Hapsari,Ratna. M.Adil. 2013. Sejarah Indonesia Jilid 1 untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Listyani, Dwi Ari. 2009. Sejarah SMA kelas XI. Jakarta: BSE

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 
Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pertemuan Kesatu
2x45 menit
Pendahuluan
a.       Guru melakukan salam pembuka untuk mengawali kegiatan sekaligus dilanjutkan do’a bersama sesuai ajaran agama yang dianut masing-masing lalu mengucap syukur kepada Tuhan YME.
b.      Guru menanyakan kehadiran siswa dan mempersiapkan siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaan.
c.       Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.
d.      Guru menerangkan tujuan pembelajaran pada pertemuan kali ini.
e.       Guru menjelaskan model pembelajaran (Grop investigation) yang akan dilaksanakan.
12 menit
Inti
Guru menjelaskan secara singkat mengenai strategi perlawanan-perlawanan bangsa Indonesia terhadap Portugis dan VOC.
Mengamati
a.    Peserta didik membentuk kelompok dengan anggota 4-5 orang.
b.    Peserta didik dalam kelompok mengidentifikasi strategi-strategi perlawanan yang dilakukan bangsa Indonesia mengusir bangsa Barat di berbagai daerah dan menuliskannya kembali sesuai sumber yang ada.
c.    Kompetensi yang dikembangkan : mencari informasi, melatih kesungguhan.

Menanya
a.    Guru memanggil setiap ketua kelompok untuk mendapat satu materi tugas sehingga setiap kelompok mendapat yang berbeda dari kelompok lain. Materi tugas tiap kelompok diambil dari pembahasan mengenai materi yang sedang dibahas. Guru dapat membimbing peserta didik menyusun pertanyaan mengenai:
·           Di daerah manakah munculnya perlawanan-perlawanan bangsa Indonesia!
·           Mengapa bangsa Indonesia melakukan perlawanan terhadap bangsa barat!
·          Siapa pemimpin perlawanan dan bagaimana sepak terjang tokoh tersebut!
·          Bagaimana perlawanan tersebut berlangsung!
·          Hasil dari perlawanan tersebut!
b.    Peserta didik mengidentifikasi dan mengklasifikasi pertanyaan yang telah diajukan dan mencari jawabannya dalam diskusi kelompok berdasarkan sumber yang ada di buku.
c.    Kompetensi yang dikembangkan : mengembangkan kreatifitas, rasa ingin tahu.

Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a.    Peserta didik mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca uraian materi di Buku Sejarah Indonesia Kelas XI atau bisa pergi ke perpustakaan.
b.    Guru menyediakan berbagai sumber belajar dan dapat menjelaskan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh peserta didik dalam kelompok.
c.    Peserta didik mengecek kembali jawaban pertanyaan dengan menggunakan sumber belajar yang telah disediakan guru.
d.   Nilai yang dikembangkan : sikap teliti, sopan, dan menghargai pendapat lain.

Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a.    Peserta didik dengan bimbingan guru mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh.
b.    Peserta didik menyusun simpulan atas berbagai pertanyaan dengan bimbingan guru tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia.
c.    Nilai yang dikembangkan : kemampuan berpikir deduktif serta induktif dalam menyimpulkan.

Mengkomunikasikan
a.    Peserta didik dengan arahan guru membuat bahan tayang atau lembar kerja kelompok secara sistematis untuk melaporkan hasil kerja kelompok tentang identifikasi strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap Portugis dan VOC.
b.    Peserta didik mematuhi tata cara penyajian kelompok, seperti:
·      Kelompok menyajikan secara bergantian bahan tayang yang telah disusun  sebelumnya.
·      Kelompok penyaji menyajikan materi paling lama 5 menit. Kelompok lain memperhatikan penyajian kelompok penyaji dan mencatat hal-hal yang penting serta mempersiapkan pertanyaan terhadap hal yang belum jelas.
·      Kelompok penyaji bertanya jawab dan diskusi dengan peserta didik lain tentang materi yang disajikan paling lama 15 menit.
·      Menyampaikan pertanyaan atau pendapat setelah dipersilahkan oleh guru (moderator).
·      Menggunakan bahasa yang sopan saat menyampaikan pertanyaan atau pendapat.
·      Berbicara secara bergantian dan tidak memotong pembicaraan orang lain
c.    Peserta didik melakukan diskusi kelas dengan bimbingan atau dimoderatori oleh guru.
d.   Kelompok lain memberikan tanggapan dan guru memberikan konfirmasi terhadap jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan penghargaan bila jawaban benar.
e.    Nilai yang dikembangkan : mengungkapkan pendapat dan mampu berbahasa yang baik dan benar.
60 menit
Penutup
a.    Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal tentang perlawanan bangsa Indonesia terhadap Portugis dan VOC.
b.    Peserta didik melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan  yang akan dilakukan dengan meminta menjawab pertanyaan berikut secara lisan.
·         Apa manfaat yang diperoleh dari pembelajaran tadi bagi kalian?
·         Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan?
·         Teladan apa yang bisa kalian ambil dari pemimpin perlawanan yang telah dibahas?
c.    Peserta didik mencatat tugas pekerjaan rumah untuk pengayaan dan  membaca materi untuk pertemuan berikutnya yaitu perlawanan bangsa Indoensia terhadap pemerintah Kolonial belanda.
28 menit

Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pertemuan Kedua
2x45 menit
Pendahuluan
a.       Guru melakukan salam pembuka untuk mengawali kegiatan sekaligus dilanjutkan do’a bersama sesuai ajaran agama yang dianut masing-masing lalu mengucap syukur kepada Tuhan YME.
b.      Guru menanyakan kehadiran siswa dan mempersiapkan siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaan.
c.       Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.
d.      Guru menerangkan tujuan pembelajaran pada pertemuan kali ini.
e.       Guru menjelaskan model pembelajaran (STAD) yang akan dilaksanakan.
12 menit
Inti
Guru menjelaskan secara singkat mengenai strategi perlawanan-perlawanan bangsa Indonesia terhadap Pemerintah Kolonial Belanda.
Mengamati
a.       Peserta didik membentuk kelompok dengan anggota 4-5 orang.
b.      Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok.
c.       Peserta didik dalam kelompok membaca dan mengamati materi mengenai perlawanan-perlawanan bangsa Indonesia di berbagai daaerah.
d.      Peserta didik dalam kelompok mengidentifikasi strategi-strategi perlawanan yang dilakukan bangsa Indonesia mengusir bangsa Barat di berbagai daerah dan menuliskannya kembali sesuai sumber yang ada.
e.       Kompetensi yang dikembangkan : mencari informasi, melatih kesungguhan.

Menanya
a.       Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu.
b.      Materi tugas tiap kelompok diambil dari pembahasan mengenai materi yang sedang dibahas. Guru dapat membimbing peserta didik menyusun pertanyaan mengenai:
·           Penyebab munculnya perlawanan bangsa Indonesia terhadap kolonial Belanda!
·          Siapa saja pemimpin perlawanan dan bagaimana sepak terjang tokoh tersebut!
·          Didaerah mana saja peristiwa tersebut terjadi!
·          Bagaimana perlawanan tersebut berlangsung!
·          Hasil dari perlawanan tersebut!
c.       Peserta didik mengidentifikasi dan mengklasifikasi pertanyaan yang telah diajukan dan mencari jawabannya dalam diskusi kelompok berdasarkan sumber yang ada di buku.
d.      Kompetensi yang dikembangkan : mengembangkan kreatifitas, rasa ingin tahu.

Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a.       Peserta didik mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca uraian materi di Buku Sejarah Indonesia Kelas XI atau bisa pergi ke perpustakaan.
b.      Guru menyediakan berbagai sumber belajar dan dapat menjelaskan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh peserta didik dalam kelompok.
c.       Peserta didik mengecek kembali jawaban pertanyaan dengan menggunakan sumber belajar yang telah disediakan guru.
d.      Nilai yang dikembangkan : sikap teliti, sopan, dan menghargai pendapat lain.

Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a.      Peserta didik dengan bimbingan guru mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh.
b.      Peserta didik menyusun simpulan atas berbagai pertanyaan dengan bimbingan guru tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia.
c.       Nilai yang dikembangkan : kemampuan berpikir deduktif serta induktif dalam menyimpulkan.

Mengkomunikasikan
a.    Peserta didik melaporkan hasil kerja kelompok tentang identifikasi strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap pemerintah Kolonial Belanda.
b.    Peserta didik melakukan diskusi kelas dengan bimbingan atau dimoderatori oleh guru.
c.    Kelompok lain memberikan tanggapan dan guru memberikan konfirmasi terhadap jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan penghargaan bila jawaban benar.
d.   Nilai yang dikembangkan : mengungkapkan pendapat dan mampu berbahasa yang baik dan benar.
60 menit
Penutup
a.    Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal tentang perlawanan bangsa Indonesia terhadap pemerintah Kolonial Belanda.
b.    Peserta didik melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan  yang akan dilakukan dengan meminta menjawab pertanyaan berikut secara lisan.
·         Apa manfaat yang diperoleh dari pembelajaran tadi bagi kalian?
·         Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan?
·         Teladan apa yang bisa kalian ambil dari pemimpin perlawanan yang telah dibahas?
c.    Peserta didik mencatat tugas pekerjaan rumah untuk pengayaan dan  membaca materi untuk pertemuan berikutnya yaitu strategi-strategi perlawanan bangsa Indonesia sebelum abad 20.
28 menit

H.    Penilaian
1.             Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
a.              Teknik Penilaian                :          Observasi
b.             Bentuk Instrumen              :          Lembar Penilaian Observasi
c.              Kisi-kisi                             :

No
Indikator
Butir Instrumen
1
Mengamalkan nilai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan bangsa.
1
2
Menunjukkan  sikap syukur terhadap Tuhan YME telah dilahirkan sebagai bangsa dan warga negara Indonesia
2
3
Menunjukkan sikap cinta damai dalam menyikapi perbedaan pendapat di lingkungan sekolah maupun lingkungan sekitar.
3
4
Menunjukkan sikap tanggung jawab dengan tugas-tugas harus dikerjakan.
4
Instrumen: lihat Lampiran 1

2.             Kompetensi Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian:
1)        Tes: tulis
2)        Non tes: Penugasan kelompok
  1. Bentuk Instrumen:
1)        Soal tes tulis uraian
2)        Tugas Kelompok
  1. Kisi-kisi

No
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Kunci Jawaban
1
Mengidentifikasi strategi perlawanan bangsa Indonesia dalam memerangi dominasi asing sebelum abad 20.

Tes Tulis
Uraian
No :
Kunci Terlampir
2
Menganalisis berbagai perlawanan daerah terhadap penjajah sebelum abad 20.
Tes Tulis
Uraian
No :
Kunci Terlampir
3
Menjelaskan Perlawanan bangsa Indonesia terhadap bangsa Portugis, VOC dan Pemerintah Kolonial belanda sebelum abad 20.
Tes Tulis
Uraian
No :
Kunci Terlampir
Instrumen: lihat Lampiran 2

3.             Kompetensi Keterampilan
a.              Teknik Penilaian   :           Praktik
b.             Bentuk Instrumen            :           Checklist
c.              Kisi-kisi                :
No.
Indikator
Teknik Penilaian
Butir Instrumen
1.       
Menyajikan hasil identifikasi strategi perlawanan bangsa Indonesia dalam memerangi dominasi asing sebelum abad 20.
Praktik

2.       
Memaparkan hasil analisis perlawanan daerah terhadap penjajahan bangsa barat sebelum abad 20.
Praktik

3.       
Menceritakan kembali mengenai perlawanan bangsa Indonesia terhadap bangsa Portugis, VOC dan Pemerintah Kolonial Belanda.
Praktik

Instrumen: lihat Lampiran 3

LEMBAR  PENGAMATAN/ OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
Mata Pelajaran                                    :Sejarah Indonesia
Kelas / Semester                                  :XI / 1                         
Materi Pokok                                     : Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan banrat sebelum abad ke-20.
Hari / tanggal pengamatan                  :
1.         Penilaian dilakukan selama kegiatan  diskusi
2.         Hasil penilaian ini digunakan untuk mengetahui tingkat aktivitas peserta didik
3.         Aspek yang dinilai:
1). Tanggung jawab
2). Kerja sama
3). Keberanian mengajukan pertanyaan
4). Kemampuan menyampaikan informasi/ menjawab pertanyaan
5). Menghargai pendapat orang lain
4. Keterangan Skor     dan Katagori skor
Skor 1 = sangat kurang                  Jumlah skor 1- 5  katagori tidak aktif
Skor 2= kurang                               Jumlah skor 5-10 katagori kurang aktif
Skor 3= cukup                                Jumlah Skor11-15 katagori  cukup aktif
Skor 4= baik                                   Jumlah skor 16-20 katagori aktif
Skor 5 = baik sekali                        Jumlah skor 21 -25 katagori sangat aktif
Berilah skor untuk setiap aspek! 
NO
NAMA PESERTA DIDIK
ASPEK PENILAIAN
JUMLAH SKOR
KATEGORI
1
2
3
4
5
1
Ani
4
3
4
4
3
18
Aktif
2








3








4








5








6









JUMLAH SKOR








RERATA SKOR







                                                                                               
Semarang, 9 Maret 2014
Mengetahui,
Kepala SMAN 3 Semarang                                                    Guru Mapel Sejarah



Drs Bambang Nianto Mulyo, M.Ed                                        ..............................
NIP. 19610429 199603 1 007                       








LAMPIRAN-LAMPIRAN


Lampiran 1

LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN SIKAP

Petunjuk:
Lembar ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4  =  selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3  =  sering, apabila cenderung lebih banyak melakukan aspek yang diamati
2  =  kadang-kadang, apabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1  =  tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan aspek yang diamati
Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan   : …………………..
Materi Pokok/Tema     : …………………..
No
Aspek yang Diamati
Skor
1
2
3
4
1.                   
Mengamalkan nilai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan bangsa.




2.                   
Menunjukkan  sikap syukur terhadap Tuhan YME telah dilahirkan sebagai bangsa dan warga negara Indonesia




3.                   
Menunjukkan sikap cinta damai dalam menyikapi perbedaan pendapat di lingkungan sekolah maupun lingkungan sekitar.




4.                   
Menunjukkan sikap tanggung jawab dengan tugas-tugas harus dikerjakan.





Total Skor




Petunjuk Penskoran:
                        skor yang diperoleh
Skor akhir =  -------------------------- x 4
                          skor maksimum

 
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Lampiran 2.1

INSTRUMEN TES TULIS URAIAN

JAWABLAH DENGAN TEPAT
No
Soal
Skor
1
Mengapa perang Aceh dapat berlangsung cukup lama!
20
2
Jelaskan faktor-faktor penyebab kegagalan berbagai perlawanan daerah terhadap pendudukan asing secara umum!
20
3
Ditinjau dari segi sasaran perang Padri, gerakan perlawanan Padri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu!
20

4
Sebutkan sebab-sebab meletusnya perang Jawa atau Perlawanan Diponegoro!
20
5
Kenapa Pangeran Hidayatullah cenderung mendukung Pangeran Antasari daripada menggantikan kedudukan Pangeran Tamjid II!
20
Jumlah skor
100
Pedoman penilaian:
Rentang Nilai: 0 -100
                        Skor  yang diperoleh
Nilai akhir =  -------------------------- x 100
                          Skor  maksimum

 
 
                       


                        75
Nilai akhir =  ----- x 100
                        90
                         =   83,33
 
Contoh perhitungan nilai:



KUNCI JAWABAN:
1.      Perang Aceh bisa berlangsung lama karena perlawanannya bersifat frontal dimana pemerintah masih bersifat mapan, pemimpin perlawanan memiliki kharisma, rakyat berjuang atas nama jihad fissabilillah.
2.      Bersifat lokal atau kedaerahan, Perlawanan secara sporadic dan tidak serentak, Perlawanan dipimpin oleh pimpinan kharismatik sehingga tidak ada yang melanjutkan dan Para pejuang di adu domba oleh penjajah (devide et impera politik memecah belah bangsa Indonesia)
3.      Perbedaan perlawanan Padri yaitu :
a.       Periode 1803–1821 adalah masa perang Paderi melawan Adat dengan corak keagamaan.
b.      Periode 1821–1838 adalah masa perang Paderi melawan Belanda dengan corak keagamaan dan patriotisme.
4.      Sebab-sebab perlawanan Diponegoro, antara lain:
a.       Adanya kekecewaan dan kebencian kerabat istana terhadap tindakan Belanda yang makin intensif mencampuri urusan keraton
b.      Adanya kekecewaan di kalangan para bangsawan, karena hak-haknya banyak yang dikurangi.
c.       adanya pembuatan jalan oleh Belanda melewati makam leluhur Pangeran Diponegoro di Tegalrejo.
5.      Karena Pangeran Hidayatullah mengetahui taktik Belanda ketika mengangkatnya sebagai sultan Banjar menggantikan pangeran Tamjid Illah hanya untuk mengambil hati rakyat dan mencampuri urusan kerajaan agar tidak melakukan perlawanan-perlawanan lagi terhadap Belanda.


















Lampiran 2.2

INSTRUMEN TUGAS KELOMPOK 

Diskusikan bersama anggota kelompokmu tugas berikut :
1.      Jelaskan mengapa perlawana Sultan Agung Hanyokrokusumo, Sultan Ageng Tirtayasa dan Sultan Hasanuddin merupakan perlawanan terrhadap kolonialisme bukan terhadap imperialisme!
2.      Jelaskan apa hubungan perlawanan daerah dengan pelaksanaan Pax Nederlandica!
3.      Bandingkan perlawanan yang terjadi di setiap daerah ditinjau dari kepemimpinan tokoh, strategi dan dukungan rakyat dalam melawan penjajahan barat!
4.      Mengapa perlawanan Diponegoro terhadap Belanda disebut juga Perang Jawa!

KUNCI JAWABAN
1.      Yang membedakan antara kolonialisme dan imperialisme addalah ada atau tidaknya pemerintah jajahan di daerrah koloni. Kalau imperalisme merupakan bentuk kolonialisme yang ditandai adanya pemerintah jajahan. Sementara perlawanan Sultan Agung Anyokrokusumo, Sultan Ageng Tirtayasa dan Sultan Hasanuddin merupakan perlawanan terhaddap VOC yaitu suatu maskapai perdagangan bukan pemerintah jajahan. Jadi perlawanan tersebut adalah terhadap kolonialisme bukan imperialisme.
2.      Pada masa kolonial Belanda pemerintah Belanda pernah mengadakan Pax Nederlandica yang artinya perluasan wilayah jajahan dan penyatuan wilayah jajahan. Karena itu saat Belanda melaksanakan Pax Nederlandica timbllah reaksi-reaksi dari daerah-daerah.
RUBRIK PENILAIAN TUGAS
Kompetensi
yang diukur
Deskripsi Skor

Skor
1
2
3
4
Pengetahuan

1.    Menyajikan data atau fakta dengan lengkap




2.    Data atau fakta tersaji dengan rapi, dan jelas




3.    Menampilkan ulasan sebab akibat dari data yang diperoleh




4.    Memberikan interpretasi data atau fakta berdasarkan konsep yang dimiliki




Total Skor




Nilai tugas yang dikerjakan oleh peserta didik dihitung dengan rumus:

                            Skor yang diperoleh
Nilai Akhir      =  -------------------------- x 100
                               Skor Maksimal

Lampiran 3

INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KETRAMPILAN

Lembar Observasi Keterampilan
Nama Peserta Didik             :    ...
Kelas                                    :    ...
Tanggal Pengamatan            :    ...
Materi Pokok                       : Strategi Perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa barat sebelum abad ke20

No
Aspek Keterampilan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
A
Menyajikan hasil identifikasi strategi perlawanan bangsa Indonesia dalam memerangi dominasi asing sebelum abad 20.





1.     Menyampaikan gagasan dengan lancar dan logis





2.     Mendukung kerjasama kelompok






B
Memaparkan hasil analisis perlawanan daerah terhadap penjajahan bangsa barat sebelum abad 20.





3.     Kejelasan isi paparan






4.     Menyampaikan gagasan dengan lancar dan logis





5.     Mendukung kerjasama kelompok






6.     Menanggapi pertanyaan dengan lugas dan jelas






7.     Menerimasecaralogispendapatkelompok lain






C
Menceritakan kembali mengenai perlawanan bangsa Indonesia terhadap bangsa Portugis, VOC dan Pemerintah Kolonial Belanda.





8.     Kejelasan isi paparan






9.     Menyampaikan gagasan dengan lancar dan logis





10. Mendukung kerjasama kelompok






11. Menanggapi pertanyaan dengan lugas dan jelas





12. Menerima secara logis pendapat kelompok lain






JumlahSkor





Skor Penilaian:
4        =   selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3        =   sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2        =   kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1        =   tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Rubrik Penilaian:
Nilai    =          (Jumlah Skor : Skor Maksimal) x 100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar