Senin, 17 Maret 2014

RPP KLS XI Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah                    : SMA N 3 SEMARANG
Mata pelajaran          : Sejarah Indonesia
Kelas/Semester         : XI/I
Materi Pokok           : Strategi perlawanan  bangsa  Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad  ke-20.
Alokasi Waktu         : 10 JP (5x pertemuan)

A.      Kompetensi Inti (KI)
1.      KI 1 :   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      KI 2 :   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      KI 3 :   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      KI 4 :   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.2  Menghayati nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan YME terhadap bangsa dan negara Indonesia.
1.2.1        Mengamalkan nilai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan bangsa.
1.2.2        Menunjukkan  sikap syukur terhadap Tuhan YME telah dilahirkan sebagai bangsa dan warga negara Indonesia
2.2  Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang dalam mewujudkan cita-cita mandiri negara dan bangsa Indonesia dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.2.1        Menunjukkan sikap kerjasama dalam menyelesaikan masalah dalam kelas.
2.2.2        Menunjukkan sikap tanggung jawab dengan tugas-tugas harus dikerjakan.
2.2.3        Menunjukkan sikap cinta damai dalam menyikapi perbedaan pendapat di lingkungan sekolah maupun lingkungan sekitar.
3.3  Menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.
3.3.4        Mengidentifikasi pengaruh pendidikan dan perubahan masyrakat Indonesia terhadap strategi perlawanan  non fisik bangsa Indonesia.
3.3.5        Menganalisis kaitan antara lahirnya golongan terpelajar dengan lahirnya strategi pergerakan nasional
3.3.6        Menjelaskan peranan pers dan peranan wanita terhadap strategi perlawanan bangsa Indonesia setelah abad 20
4.3  Mengolah informasi tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20 dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
4.3.4        Menyajikan hasil identifikasi pengaruh pendidikan dan perubahan masyrakat Indonesia terhadap strategi perlawanan  non fisik bangsa Indonesia.
4.3.5        Menyajikan hasil analisis kaitan antara lahirnya golongan terpelajar dengan lahirnya strategi pergerakan  nasional
4.3.6        Menjelaskan peranan pers dan peranan wanita terhadap strategi perlawanan bangsa Indonesia setelah abad 20

C.      Tujuan Pembelajaran
Melalui proses pembelajaran siswa dapat:                                                      
·         Menyajikan hasil identifikasi pengaruh pendidikan dan perubahan masyrakat Indonesia terhadap strategi perlawanan  non fisik bangsa Indonesia.
·         Menyajikan hasil analisis kaitan antara lahirnya golongan terpelajar dengan lahirnya strategi pergerakan  nasional
·         Menjelaskan peranan pers dan peranan wanita terhadap strategi perlawanan bangsa Indonesia setelah abad 20

D.      Materi  Pembelajaran
Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan asing sebelum dan sesudah abad ke-20.
1.      Bentuk strategi perlawanan non fisik
·         Isi politik Etis / Trias Vande
·         Faktor Pendorong timbulnya kebangkitan Nasional.
·         Peranan Pers pada masa pergerakan Nasional
·         Peranan wanita dalam Pergerakan Nasional

E.       Metode Pembelajaran
Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan                      : Saintifik
Strategi                             : Cooperative learning
Metode                             : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
Model pembelajaran         : Think Pair and Share
                                   
F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media
Powerpoint
Gambar dokumentasi dan foto
Alat/Bahan
Laptop, whiteboard, dan LCD
Sumber Belajar
Hapsari,Ratna. M.Adil. 2013. Sejarah Indonesia Jilid 1 untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Listyani, Dwi Ari. 2009. Sejarah SMA kelas XI. Jakarta: BSE
http://id.wikipedia.org/wiki/Politik_Etis, Halaman ini terakhir diubah pada 17.37, 19 Februari 2014, dan di unduh tanggal 25 Maret 2014.

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 


Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pertemuan Ketiga
2x45 menit
Pendahuluan
a.       Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
b.      Guru melakukan apersepsi  melalui tanya jawab atau problem solving mengenai materi sebelumnya yang telah dibahas.
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
d.      Guru menjelaskan langkah-langkah model pembelajaran Think Pair and Share.
e.       Siswa berkelompok sesuai petunjuk.

12 menit
Inti
Guru menjelaskan secara singkat mengenai strategi perlawanan-perlawanan bangsa Indonesia terhadap Pemerintah Kolonial Belanda.
Mengamati
a.         Siswa bersama kelompok mengamati informasi tentang isi politik etis dan faktor pendorong timbulnya kebangkitan nasional serta pengaruhnya terhadap strategi perlawanan bangsa Indonesia dari berbagai sumber baik buku pegangan atau sumber lain.
b.        Peserta didik bersama kelompok mengamati foto-foto atau video yang ditampilkan guru melalui LCD.
c.         Peserta didik dalam kelompok mengamati ilustrasi menyangkut materi tentang latar belakang timbulnya kebangkitan nasional serta pengaruhnya terhadap strategi perlawanan bangsa Indonesia
d.        Nilai yang dikembangkan: kritis, kerja sama, teliti dan kerja keras
Menanya
a.       Peserta didik dalam kelompok menyusun sejumlah pertanyaan hal-hal yang berkenaan tentang isi politik etis dan faktor pendorong timbulnya kebangkitan nasional serta pengaruhnya terhadap strategi perlawanan bangsa Indonesia, sebagai contohnya :
1.      Sebutkan isi politik etis?
2.      Apakah yang melatar belakangi munculnya kebangkitan nasional?
3.      Faktor apakah yang sangat mendorong munculnya kebangkitan nasional di Indonesia?
b.      Peserta didik mengajukan pertanyaan dengan ungkapan bahasa yang santun. Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
c.       Nilai yang dikembangkan: keberanian, kerja sama, teliti dan kerja keras

Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a.       Peserta didik mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca uraian materi di Buku sejarah, juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain dan internet dengan bimbingan guru. Diskusi yang digunakan menggunakan Think Pair and Share.
b.      Peserta didik menanyakan jawaban yang telah disusun dengan mengkonfirmasikan jawaban tersebut kepada guru tentang kebenaran jawaban yang dibuat kelompok.  Guru menyediakan berbagai sumber belajar dan dapat menjelaskan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh peserta didik dalam kelompok.
c.       Peserta didik mengecek kembali jawaban pertanyaan dengan menggunakan sumber belajar yang telah disediakan guru.
d.      Nilai yang dikembangkan: kerja sama, teliti dan kerja keras

Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
 a.          Peserta didik bersama kelompoknya mendiskusikan tentang isi politik etis dan faktor pendorong timbulnya kebangkitan nasional serta pengaruhnya terhadap strategi perlawanan bangsa Indonesia.
b.          Peserta didik menyusun simpulan atas berbagai pertanyaan yang ada terkait dengan penelitian sejarah.
 c.          Nilai yang dikembangkan: tanggung jawab, kerja sama, teliti dan kerja keras

Mengkomunikasikan
a.       Peserta didik menyusun laporan hasil beberapa pertanyaan tentang isi politik etis dan faktor pendorong timbulnya kebangkitan nasional serta pengaruhnya terhadap strategi perlawanan bangsa Indonesia
b.      Peserta didik dalam  setiap kelompok menyajikan hasil telaah di depan kelas melalui perwakilannya. Kelompok lain memberikan komentar atas hasil telaah.
c.       Nilai yang dikembangkan: menghormati orang lain, kerja sama, teliti
60 menit
Penutup
a.       Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab.
b.      Peserta didik melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan  yang akan dilakukan berkaitan dengan isi politik etis dan faktor pendorong timbulnya kebangkitan nasional serta pengaruhnya terhadap strategi perlawanan bangsa Indonesia.
c.       Peserta didik secara berkelompok ditugaskan untuk membuat ringkasan dari materi yang telah diberikan.
d.      Peserta didik mencatat tugas pekerjaan rumah untuk pengayaan

28 menit

Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pertemuan Keempat
2x45 menit
Pendahuluan
a)      Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
b)      Guru melakukan apersepsi  melalui tanya jawab atau problem solving mengenai materi sebelumnya yang telah dibahas.
c)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
d)     Guru menjelaskan langkah-langkah model pembelajaran Think Pair and Share.
e)      Siswa berkelompok sesuai petunjuk.

12 menit
Inti
Guru menjelaskan secara singkat mengenai strategi perlawanan-perlawanan bangsa Indonesia terhadap Pemerintah Kolonial Belanda.
Mengamati
a)      Siswa bersama kelompok mengamati informasi tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia melawan penjajah melalui peranan pers dan peranan wanita dari berbagai sumber baik buku pegangan atau sumber lain.
b)      Peserta didik bersama kelompok mengamati contoh sumber-sumber sejarah yang berupa koran, buku dan sumber sejarah lain yang ditampilkan guru melalui LCD.
c)      Peserta didik dalam kelompok mengamati ilustrasi menyangkut materi tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia melawan penjajah melalui peranan pers dan peranan wanita
d)     Nilai yang dikembangkan: kritis, kerja sama, teliti dan kerja keras
Menanya
a)      Peserta didik dalam kelompok menyusun sejumlah pertanyaan hal-hal yang berkenaan tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia melawan penjajah melalui peranan pers dan peranan wanita.
b)      Peserta didik mengajukan pertanyaan dengan ungkapan bahasa yang santun. Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
c)      Nilai yang dikembangkan: keberanian, kerja sama, teliti dan kerja keras

Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)      Peserta didik mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca uraian materi di Buku sejarah, juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain dan internet dengan bimbingan guru. Diskusi yang digunakan menggunakan Think Paire and Share.
b)      Peserta didik menanyakan jawaban yang telah disusun dengan mengkonfirmasikan jawaban tersebut kepada guru tentang kebenaran jawaban yang dibuat kelompok.  Guru menyediakan berbagai sumber belajar dan dapat menjelaskan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh peserta didik dalam kelompok.
c)      Peserta didik mengecek kembali jawaban pertanyaan dengan menggunakan sumber belajar yang telah disediakan guru.
d)     Nilai yang dikembangkan: kerja sama, teliti dan kerja keras

Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a)      Peserta didik bersama kelompoknya mendiskusikan tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia melawan penjajah melalui peranan pers dan peranan wanita
b)      Peserta didik menyusun simpulan atas berbagai pertanyaan yang ada terkait dengan penelitian sejarah.
c)      Nilai yang dikembangkan: tanggung jawab, kerja sama, teliti dan kerja keras

Mengkomunikasikan
a)      Peserta didik menyusun laporan hasil beberapa pertanyaan tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia melawan penjajah melalui peranan pers dan peranan wanita
b)      Peserta didik dalam  setiap kelompok menyajikan hasil telaah di depan kelas melalui perwakilannya. Kelompok lain memberikan komentar atas hasil telaah.
c)      Nilai yang dikembangkan: menghormati orang lain, kerja sama, teliti
60 menit
Penutup
a)      Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab.
b)      Peserta didik melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan  yang akan dilakukan berkaitan dengan strategi perlawanan bangsa Indonesia melawan penjajah melalui peranan pers dan peranan wanita, dengan meminta menjawab pertanyaan berikut secara lisan.
c)      Peserta didik secara berkelompok ditugaskan untuk membuat ringkasan dari materi yang telah diberikan.
d)     Peserta didik mencatat tugas pekerjaan rumah untuk pengayaan dan  membaca materi untuk pertemuan berikutnya

28 menit

H.    Penilaian
Penilaian
1.             Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
a.              Teknik Penilaian   : Observasi
Bentuk Instrumen: Lembar Penilaian Observasi
b.             Kisi-kisi    :

No
Indikator
Butir Instrumen
1
Menunjukkan nilai-nilai syukur pada Tuhan YME serta meneladani para pemimpin.

1
2
Menunjukkan sikap jujur dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah

2
3
Menunjukkan sikap tanggungjawab dan santun dalam berdiskusi dengan kelompok
3-11

Instrumen: lihat Lampiran 1
2.             Kompetensi Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian:
1)        Tes: tulis
2)        Non tes: Penugasan kelompok
  1. Bentuk Instrumen:
1)        Soal tes tulis uraian
2)        Tugas Kelompok
  1. Kisi-kisi

No
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
1
Mengidentifikasi pengaruh pendidikan dan perubahan masyrakat Indonesia terhadap strategi perlawanan  non fisik bangsa Indonesia.

Tes Tulis
Uraian
No : 1,2
2
Menganalisis kaitan antara lahirnya golongan terpelajar dengan lahirnya strategi pergerakan nasional

Tes Tulis
Uraian
No : 3,4
3
Menjelaskan peranan pers dan peranan wanita terhadap strategi perlawanan bangsa Indonesia setelah abad 20
Tes Tulis
Uraian
No : 5
Instrumen: lihat Lampiran 2

3.             Kompetensi Keterampilan

Jenis/Teknik Penilaian                   : Test Praktik
Bentuk Instrumen dan Instrumen         : Lembar Kerja Kelompok
Pedoman Penskoran                      : Lampiran 3

Semarang,       Maret 2014
Mengetahui:                                                               
Kepala SMA...,                                                                       Guru Mata Pelajaran,




________________________                                                ........................................
NIP. ...                                                                                                NIP. ...











Tidak ada komentar:

Posting Komentar