Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah
: SMA N 3 SEMARANG
Mata
pelajaran :
Sejarah Indonesia
Kelas/Semester :
XI/I
Materi Pokok :
Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di
Indonesia sebelum dan sesudah abad
ke-20.
Alokasi Waktu :
10 JP (5x pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1.
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.2 Menghayati nilai-nilai persatuan dan keinginan
bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa
sebagai karunia Tuhan YME terhadap bangsa dan negara Indonesia.
|
1.2.1
Mengamalkan
nilai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan bangsa.
1.2.2
Menunjukkan sikap syukur terhadap Tuhan YME telah
dilahirkan sebagai bangsa dan warga negara Indonesia
|
2.2 Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para
pejuang dalam mewujudkan cita-cita mandiri negara dan bangsa Indonesia dan
menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.2.1
Menunjukkan
sikap kerjasama dalam menyelesaikan masalah dalam kelas.
2.2.2
Menunjukkan
sikap tanggung jawab dengan tugas-tugas harus dikerjakan.
2.2.3
Menunjukkan
sikap cinta damai dalam menyikapi perbedaan pendapat di lingkungan sekolah
maupun lingkungan sekitar.
|
3.3 Menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia
terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.
|
3.3.4
Mengidentifikasi
pengaruh pendidikan dan perubahan masyrakat Indonesia terhadap strategi
perlawanan non fisik bangsa Indonesia.
3.3.5
Menganalisis
kaitan antara lahirnya golongan terpelajar dengan lahirnya strategi
pergerakan nasional
3.3.6
Menjelaskan
peranan pers dan peranan wanita terhadap strategi perlawanan bangsa Indonesia
setelah abad 20
|
4.3 Mengolah informasi tentang strategi perlawanan
bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan
sesudah abad ke-20 dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
|
4.3.4
Menyajikan hasil identifikasi pengaruh pendidikan dan perubahan masyrakat
Indonesia terhadap strategi perlawanan
non fisik bangsa Indonesia.
4.3.5
Menyajikan hasil analisis kaitan antara lahirnya golongan terpelajar dengan
lahirnya strategi pergerakan nasional
4.3.6
Menjelaskan peranan pers dan peranan wanita terhadap strategi
perlawanan bangsa Indonesia setelah abad 20
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses
pembelajaran
siswa dapat:
·
Menyajikan hasil
identifikasi pengaruh pendidikan dan perubahan masyrakat Indonesia terhadap strategi
perlawanan non fisik bangsa Indonesia.
·
Menyajikan hasil
analisis kaitan antara lahirnya golongan terpelajar dengan lahirnya strategi
pergerakan nasional
·
Menjelaskan peranan pers dan peranan wanita
terhadap strategi perlawanan bangsa Indonesia setelah abad 20
D.
Materi Pembelajaran
Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap
penjajahan asing sebelum dan sesudah
abad ke-20.
1. Bentuk strategi perlawanan non fisik
·
Isi politik Etis /
Trias Vande
·
Faktor Pendorong
timbulnya kebangkitan Nasional.
·
Peranan Pers pada masa
pergerakan Nasional
·
Peranan wanita dalam
Pergerakan Nasional
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan, Strategi dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Strategi : Cooperative learning
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan
penugasan
Model pembelajaran : Think Pair and Share
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media
Powerpoint
Gambar
dokumentasi dan foto
Alat/Bahan
Laptop,
whiteboard, dan LCD
Sumber
Belajar
Hapsari,Ratna.
M.Adil. 2013. Sejarah Indonesia Jilid 1 untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta:
Erlangga.
Listyani,
Dwi Ari. 2009. Sejarah SMA kelas XI. Jakarta: BSE
http://id.wikipedia.org/wiki/Politik_Etis, Halaman
ini terakhir diubah pada 17.37, 19 Februari 2014, dan di unduh tanggal 25 Maret
2014.
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pertemuan Ketiga
|
2x45
menit
|
|
Pendahuluan
|
a. Guru mempersiapkan
secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan
melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
b. Guru melakukan
apersepsi melalui tanya jawab atau
problem solving mengenai materi sebelumnya yang telah dibahas.
c. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
d. Guru
menjelaskan langkah-langkah model pembelajaran Think Pair and Share.
e. Siswa berkelompok
sesuai petunjuk.
|
12
menit
|
Inti
|
Guru
menjelaskan secara singkat mengenai strategi perlawanan-perlawanan bangsa
Indonesia terhadap Pemerintah Kolonial Belanda.
Mengamati
a.
Siswa bersama kelompok mengamati
informasi tentang isi politik etis dan faktor pendorong timbulnya kebangkitan
nasional serta pengaruhnya terhadap strategi perlawanan bangsa Indonesia dari
berbagai sumber baik buku pegangan atau sumber lain.
b.
Peserta didik bersama kelompok mengamati
foto-foto atau video yang ditampilkan guru melalui LCD.
c.
Peserta didik dalam kelompok mengamati
ilustrasi menyangkut materi tentang latar belakang timbulnya kebangkitan
nasional serta pengaruhnya terhadap strategi perlawanan bangsa Indonesia
d.
Nilai yang dikembangkan: kritis, kerja
sama, teliti dan kerja keras
Menanya
a. Peserta didik dalam
kelompok menyusun sejumlah pertanyaan hal-hal yang berkenaan tentang isi
politik etis dan faktor pendorong timbulnya kebangkitan nasional serta
pengaruhnya terhadap strategi perlawanan bangsa Indonesia, sebagai contohnya
:
1. Sebutkan isi politik
etis?
2. Apakah yang melatar
belakangi munculnya kebangkitan nasional?
3. Faktor apakah yang
sangat mendorong munculnya kebangkitan nasional di Indonesia?
b. Peserta didik
mengajukan pertanyaan dengan ungkapan bahasa yang santun. Guru memberi
motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan yang sesuai
dengan tujuan pembelajaran.
c. Nilai yang
dikembangkan: keberanian, kerja sama, teliti dan kerja keras
Mencoba/Mengumpulkan
Data atau Informasi
a. Peserta didik
mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah
disusun dengan membaca uraian materi di Buku sejarah, juga mencari melalui
sumber belajar lain seperti buku referensi lain dan internet dengan bimbingan
guru. Diskusi yang digunakan menggunakan Think
Pair and Share.
b. Peserta didik
menanyakan jawaban yang telah disusun dengan mengkonfirmasikan jawaban
tersebut kepada guru tentang kebenaran jawaban yang dibuat kelompok. Guru menyediakan berbagai sumber belajar
dan dapat menjelaskan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh peserta didik
dalam kelompok.
c. Peserta didik mengecek
kembali jawaban pertanyaan dengan menggunakan sumber belajar yang telah
disediakan guru.
d. Nilai yang
dikembangkan: kerja sama, teliti dan kerja keras
Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a.
Peserta didik bersama kelompoknya
mendiskusikan tentang isi politik etis dan faktor pendorong timbulnya
kebangkitan nasional serta pengaruhnya terhadap strategi perlawanan bangsa
Indonesia.
b.
Peserta didik menyusun simpulan atas
berbagai pertanyaan yang ada terkait dengan penelitian sejarah.
c.
Nilai yang dikembangkan: tanggung jawab,
kerja sama, teliti dan kerja keras
Mengkomunikasikan
a. Peserta didik
menyusun laporan hasil beberapa pertanyaan tentang isi politik etis dan
faktor pendorong timbulnya kebangkitan nasional serta pengaruhnya terhadap
strategi perlawanan bangsa Indonesia
b. Peserta didik
dalam setiap kelompok menyajikan hasil
telaah di depan kelas melalui perwakilannya. Kelompok lain memberikan
komentar atas hasil telaah.
c. Nilai yang
dikembangkan: menghormati orang lain, kerja sama, teliti
|
60
menit
|
Penutup
|
a. Peserta didik dengan
bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab.
b. Peserta didik
melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan
menentukan tindakan yang akan
dilakukan berkaitan dengan isi politik etis dan faktor pendorong timbulnya
kebangkitan nasional serta pengaruhnya terhadap strategi perlawanan bangsa
Indonesia.
c. Peserta didik secara
berkelompok ditugaskan untuk membuat ringkasan dari materi yang telah
diberikan.
d. Peserta didik
mencatat tugas pekerjaan rumah untuk pengayaan
|
28
menit
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pertemuan Keempat
|
2x45
menit
|
|
Pendahuluan
|
a) Guru mempersiapkan
secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan
melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
b) Guru melakukan
apersepsi melalui tanya jawab atau
problem solving mengenai materi sebelumnya yang telah dibahas.
c) Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
d) Guru
menjelaskan langkah-langkah model pembelajaran Think Pair and Share.
e) Siswa berkelompok
sesuai petunjuk.
|
12
menit
|
Inti
|
Guru
menjelaskan secara singkat mengenai strategi perlawanan-perlawanan bangsa
Indonesia terhadap Pemerintah Kolonial Belanda.
Mengamati
a) Siswa bersama
kelompok mengamati informasi tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia
melawan penjajah melalui peranan pers dan peranan wanita dari berbagai sumber
baik buku pegangan atau sumber lain.
b) Peserta didik
bersama kelompok mengamati contoh sumber-sumber sejarah yang berupa koran,
buku dan sumber sejarah lain yang ditampilkan guru melalui LCD.
c) Peserta didik dalam
kelompok mengamati ilustrasi menyangkut materi tentang strategi perlawanan
bangsa Indonesia melawan penjajah melalui peranan pers dan peranan wanita
d) Nilai yang
dikembangkan: kritis, kerja sama, teliti dan kerja keras
Menanya
a) Peserta didik dalam
kelompok menyusun sejumlah pertanyaan hal-hal yang berkenaan tentang strategi
perlawanan bangsa Indonesia melawan penjajah melalui peranan pers dan peranan
wanita.
b) Peserta didik mengajukan
pertanyaan dengan ungkapan bahasa yang santun. Guru memberi motivasi dan
penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan yang sesuai dengan tujuan
pembelajaran.
c) Nilai yang
dikembangkan: keberanian, kerja sama, teliti dan kerja keras
Mencoba/Mengumpulkan
Data atau Informasi
a) Peserta didik
mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah
disusun dengan membaca uraian materi di Buku sejarah, juga mencari melalui
sumber belajar lain seperti buku referensi lain dan internet dengan bimbingan
guru. Diskusi yang digunakan menggunakan Think
Paire and Share.
b) Peserta didik
menanyakan jawaban yang telah disusun dengan mengkonfirmasikan jawaban
tersebut kepada guru tentang kebenaran jawaban yang dibuat kelompok. Guru menyediakan berbagai sumber belajar
dan dapat menjelaskan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh peserta
didik dalam kelompok.
c) Peserta didik
mengecek kembali jawaban pertanyaan dengan menggunakan sumber belajar yang
telah disediakan guru.
d) Nilai yang
dikembangkan: kerja sama, teliti dan kerja keras
Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a) Peserta didik
bersama kelompoknya mendiskusikan tentang strategi perlawanan bangsa
Indonesia melawan penjajah melalui peranan pers dan peranan wanita
b) Peserta didik
menyusun simpulan atas berbagai pertanyaan yang ada terkait dengan penelitian
sejarah.
c) Nilai yang
dikembangkan: tanggung jawab, kerja sama, teliti dan kerja keras
Mengkomunikasikan
a) Peserta didik
menyusun laporan hasil beberapa pertanyaan tentang strategi perlawanan bangsa
Indonesia melawan penjajah melalui peranan pers dan peranan wanita
b) Peserta didik
dalam setiap kelompok menyajikan hasil
telaah di depan kelas melalui perwakilannya. Kelompok lain memberikan
komentar atas hasil telaah.
c) Nilai yang
dikembangkan: menghormati orang lain, kerja sama, teliti
|
60
menit
|
Penutup
|
a) Peserta didik dengan
bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab.
b) Peserta didik
melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan
menentukan tindakan yang akan
dilakukan berkaitan dengan strategi perlawanan bangsa Indonesia melawan
penjajah melalui peranan pers dan peranan wanita, dengan meminta menjawab
pertanyaan berikut secara lisan.
c) Peserta didik secara
berkelompok ditugaskan untuk membuat ringkasan dari materi yang telah
diberikan.
d) Peserta didik
mencatat tugas pekerjaan rumah untuk pengayaan dan membaca materi untuk pertemuan berikutnya
|
28
menit
|
H. Penilaian
Penilaian
1.
Kompetensi
Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian : Observasi
Bentuk
Instrumen: Lembar Penilaian Observasi
b.
Kisi-kisi :
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Menunjukkan
nilai-nilai syukur pada Tuhan YME serta meneladani para pemimpin.
|
1
|
2
|
Menunjukkan sikap
jujur dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
|
2
|
3
|
Menunjukkan sikap
tanggungjawab dan santun dalam berdiskusi dengan kelompok
|
3-11
|
Instrumen:
lihat Lampiran 1
2.
Kompetensi
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian:
1)
Tes: tulis
2)
Non tes: Penugasan
kelompok
- Bentuk Instrumen:
1)
Soal tes tulis uraian
2)
Tugas Kelompok
- Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
1
|
Mengidentifikasi pengaruh
pendidikan dan perubahan masyrakat Indonesia terhadap strategi
perlawanan non fisik bangsa Indonesia.
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
No : 1,2
|
2
|
Menganalisis kaitan
antara lahirnya golongan terpelajar dengan lahirnya strategi pergerakan
nasional
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
No : 3,4
|
3
|
Menjelaskan peranan pers dan
peranan wanita terhadap strategi perlawanan bangsa Indonesia setelah abad 20
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
No : 5
|
Instrumen:
lihat Lampiran 2
3.
Kompetensi
Keterampilan
Jenis/Teknik
Penilaian : Test Praktik
Bentuk
Instrumen dan Instrumen : Lembar Kerja Kelompok
Pedoman
Penskoran : Lampiran 3
Semarang,
Maret 2014
Mengetahui:
Kepala SMA..., Guru
Mata Pelajaran,
________________________ ........................................
NIP.
... NIP.
...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar