Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah
: SMA N Atlantis
Matapelajaran :
Sejarah Indonesia
Kelas/Semester :
X/I
Materi Pokok :
Proses berkembangnya agama Hindu-Budha di Kerajaan Mataram Kuno.
Alokasi Waktu :
2x45 menit (pertemuan ketiga)
A.
KompetensiInti
(KI)
1.
KI 1 : Menghayatidanmengamalkanajaran
agama yang dianutnya.
2.
KI 2 : Menghayatidanmengamalkanperilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsifdan pro-aktifdanmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia.
3.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisispengetahuanfaktual, konseptual,
proseduralberdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya,
danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian,
sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang
spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah.
4.
KI 4 : Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari
yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri,
danmampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan.
B.
KompetensiDasardanIndikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.2 Menghayatiketeladananparapemimpindalamtoleransiantarumatberagamadanmengamalkannyadalamkehidupansehari-hari.
|
1.2.1
Toleransi
dalam berdo’a antar umat beragama.
1.2.2
Musyawarah
mufakat dalam memecahkan masalah.
|
2.1 Menunjukkansikaptanggungjawab,
peduliterhadapberbagaihasilbudayapadazamanpraaksara, Hindu-Budhadan Islam.
|
2.1.1
Memanfaatkan
museum/perpustakaan sebagai sumber referensi belajar kebudayaan kerajaan
Hindu-Budha di Indonesia.
2.1.2
Menunjukkan
rasaa taggung jawab dengan memelihara dan menjaga hasil kebudayaan
Hindu-Budha di Indonesia.
|
3.6 Menganalisiskarakteristikkehidupanmasyarakat,
pmerintahan, dankebudayaanpadamasakerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
sertamenunjukkancontohbukti-bukti yang masihberlakupadakkehidupanmasyarakat
Indonesia masakini.
|
3.6.1
Mengklasifikasi
kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di Indonesia.
3.6.2
Mendiskripsikankerajaan-kerajaan
Hindu-Budha di Indonesia.
3.6.3
Menunjukkan bukti-bukti peninggalan budayakerajaan
Hindu-Budha di Indonesia.
|
4.6 Menyajikanhasilpenalarandalambentuktulisantentangnilai-nilaidanunsurbudaya
yang berkembangpadamasakerajaan Hindu-Buddha
danmasihberkelanjutandalamkehidupanbangsa Indonesia padamasakini.
|
4.6.1
Menyajikanhasildeskripsikerajan-kerajaan
Hindu-budha di Indonesia
4.6.2
Menyajikan
hasil telaah klasifikasi kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
4.6.3
Menyajikan
hasil telaah tentang bukti-butki hasil peninggalan kebudayaan kerajaan
Hindu-Budha.
|
C.
TujuanPembelajaran
Melalui proses pembelajaran siswa dapat:
·
Menjelaskankehidupan masyarakat di Kerajaan Kalingga pada masa Hindu-Budha.
·
Menjelaskankehidupan masyarakat di Kerajaan Mataram kuno pada masa Hindu-Budha.
·
Menganalisiskepemimpinan raja-raja
pada Kerajaan Kalingga dan Kerajaan Mataram kuno pada masa Hindu-Budha.
·
Mengidentifikasipeninggalan budaya
Kerajaan Mataram kuno pada masa Hindu-Budha.
·
Menunjukkansikapkerjasamadalammengerjakantugas
D.
MateriPembelajaran
Pertemuan Ketiga
1.
Kerajaan Kalingga
2.
Kerajaan Mataram
Kuno pada masa Hindu-Budha
3.
Kekuasaan Dinasti
Isyana
E.
MetodePembelajaran
Pendekatan,
StrategidanMetodePembelajaran
Pendekatan :
Saintifik
Strategi : Cooperative learning
Metode : Ceramah, diskusi,
tanyajawabdanpenugasan
F.
Media,
Alat, danSumberPembelajaran
Media
Powerpoint
tentang kerajaan Mataram kuno.
Alat/Bahan
Laptop,
whiteboard, dan LCD
Sumber
Belajar
Hapsari,Ratna.
M.Adil. 2013. Sejarah Indonesia Jilid 1 untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta:
Erlangga.
Kemendikbud.
2013, Sejarah Indonesia kelas X/Kementerian Pendidikan Indonesia. Jakarta.
G.
Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pertemuan Kesatu
|
2x45
menit
|
|
Pendahuluan
|
a.
Guru melakukan salam pembuka
untuk mengawali kegiatan sekaligus dilanjutkan do’a bersama sesuai ajaran
agama yang dianut masing-masing lalu mengucap syukur kepada Tuhan YME.
b.
Guru menanyakan kehadiran
siswa dan mempersiapkan siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaan.
c.
Guru
melakukanapersepsimelaluitanyajawabmengenaimateriyang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.
|
12
menit
|
Inti
|
Guru
menjelaskan secara singkat mengenai Kerajaan Kalingga dan kerajaan Mataram
Kuno.
Mengamati
a.
Pesertadidikmembentuk kelompok dengan anggota 4-5 orang.
b.
Pesertadidikdalam kelompok membaca dan mengamati mengenai Kerajaan
Kalingga, Kerajaan Mataram kuno dan kekuasaan Dinasti Isyana.
c.
Peserta
didik dalam kelompok mengidentifikasi kerajaan Mataram kuno dan menuliskannya
kembali sesuai sumber yang ada.
d.
Kompetensi
yang dikembangkan : mencari informasi, melatih kesungguhan.
Menanya
a.
Guru memanggil setiap ketua
kelompok untuk mendapat satu materi tugas sehingga setiap kelompok mendapat
yang berbeda dari kelompok lain. Materi tugas tiap kelompok diambil dari
pembahasan mengenai kerajaan Mataram kuno. Guru
dapatmembimbingpesertadidikmenyusunpertanyaanmengenai:
·
Corak Kehidupan
masyarakat kerajaan Kalingga!
·
Hubungan
Kerajaan Kalingga dengan Kerajaan Mataram Kuno.!
·
KetokohanparapemimpinKalinga dan MataramKuno!
·
PerkembanganKerajaanMataramKuno!
·
PeninggalanbudayaCandiBorobudur !
·
Peristiwa
penting apa yang pernah terjadi di kerajaan Mataram kuno?
b.
Peserta didik
mengidentifikasi dan mengklasifikasi pertanyaan tentang kerajaan –kerajaan
yang akan dicari jawabannya dalam diskusi kelompok.
c.
Kompetensi yang dikembangkan
: mengembangkan kreatifitas, rasa ingin tahu.
Mencoba/Mengumpulkan
Data atau Informasi
a.
Pesertadidikmencariinformasidanmendiskusikanjawabanataspertanyaan
yang sudahdisusundenganmembacauraianmateri di BukuSejarah Indonesia KelasX atau
bisa pergi ke perpustakaan.
b.
Guru menyediakanberbagaisumberbelajar dan dapat menjelaskan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh peserta
didik dalam kelompok.
c.
Peserta didik mengecek
kembali jawaban pertanyaan dengan menggunakan sumber belajar yang telah
disediakan guru.
d.
Nilai yang dikembangkan :
sikap teliti, sopan, dan menghargai pendapat lain.
Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a.
Pesertadidikdengan bimbingan guru mendiskusikanhubunganatasberbagaiinformasi
yang sudahdiperoleh.
b.
Peserta didik
menyusun simpulan atas berbagai pertanyaan dengan bimbingan gurutentang kerajaan Kalingga, kerajaan Mataram kuno dan kekuasaan Dinasti
Isyana.
c.
Nilai yang dikembangkan :
kemampuan berpikir deduktif serta induktif dalam menyimpulkan.
Mengkomunikasikan
a.
Peserta didik dengan arahan
guru membuatbahantayang atau lembar kerja kelompok secara sistematis untuk melaporkan hasil
kerja kelompok tentang kerajaan Kalingga, kerajaan Mataram kuno dan kekuasaan
Dinasti Isyana.
b.
Peserta didik mematuhitatacarapenyajiankelompok,
seperti :
· Kelompokmenyajikansecarabergantianbahantayang
yang telahdisusunsebelumnya.
· Kelompokpenyajimenyajikanmateri
paling lama 5 menit.
Kelompoklainmemperhatikanpenyajiankelompokpenyajidanmencatathal-hal yang
pentingsertamempersiapkanpertanyaanterhadaphal
yang belumjelas.
· Kelompokpenyajibertanyajawabdandiskusidenganpesertadidiklaintentangmateri
yang disajikan paling lama 15 menit.
· Menyampaikanpertanyaanataupendapatsetelahdipersilahkanoleh
guru (moderator).
· Menggunakanbahasa
yang sopansaatmenyampaikanpertanyaanataupendapat.
· Berbicarasecarabergantiandantidakmemotongpembicaraan
orang lain
c.
Peserta didik melakukan
diskusi kelas dengan bimbingan atau dimoderatori oleh guru.
d.
Kelompok lain memberikan
tanggapan dan gurumemberikankonfirmasiterhadapjawabanpesertadidikdalamdiskusi,
denganmeluruskanjawaban yang
kurangtepatdanmemberikanpenghargaanbilajawabanbenar.
e.
Nilai yang dikembangkan : mengungkapkan pendapat dan mampu berbahasa yang baik dan benar.
|
60
menit
|
Penutup
|
a.
Pesertadidikdengan bimbingan guru menyimpulkanmateripembelajaranmelaluitanyajawabsecaraklasikal tentang kerajaan Kalingga, kerajaan Mataram kuno dan kekuasaan Dinasti
Isyana.
b.
Peserta didik melakukan
refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan danmenentukantindakan yang akandilakukan denganmemintamenjawabpertanyaanberikut secara lisan.
·
Apamanfaat yang diperolehdaripembelajaran tadi bagi kalian?
·
Aparencanatindaklanjutyang akan
kalian lakukan?
·
Teladan apa yang bisa kalian
ambil dari pemimpin di kerajaan Kalingga, kerajaan Mataram kuno dan kekuasaan
Dinasti Isyana?
c.
Pesertadidikmencatat tugas pekerjaan rumah untuk pengayaan dan membacamateriuntuk pertemuanberikutnyayaitu kerajaan Kediri,Kerajaan Singasari, Majapahit dan Bali.
|
28
menit
|
H. Penilaian
1. KompetensiSikap
Spiritual danSikapSosial
a.
Teknik
Penilaian : Observasi
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian
Observasi
c.
Kisi-kisi :
No
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1
|
Toleransi
dalam berdo’a antar umat beragama.
|
1
|
2
|
Musyawarah
mufakat dalam memecahkan masalah.
|
2
|
3
|
Memanfaatkan museum/perpustakaan
sebagai sumber referensi belajar kebudayaan kerajaan Hindu-Budha di
Indonesia.
|
3
|
4
|
Menunjukkan
rasaa taggung jawab dengan memelihara dan menjaga hasil kebudayaan
Hindu-Budha di Indonesia.
|
4
|
Instrumen:
lihat Lampiran 1
2.
Kompetensi Pengetahuan
Teknik Penilaian : Diskusi
Bentuk Instrumen : LKPD
Kisi-kisi :
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Menjelaskan
kehidupan masyarakat di Kerajaan Kalingga dan Kerajaan Mataram kuno pada masa
Hindu-Budha.
|
1
|
2
|
Menganalisiskepemimpinan raja-raja
pada Kerajaan KalinggadanKerajaanMataram kuno pada masa
Hindu-Budha.
|
|
3
|
Mengidentifikasipeninggalan budaya
Kerajaan KalinggadanKerajaanMataram kuno pada masa
Hindu-Budha.
|
|
Instrumen:
lihat Lampiran 2
3.
Kompetensi Keterampilan
Teknik Penilaian : Observasi
Bentuk Instrumen : Lembar
observasi
Kisi-kisi :
No
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
1
|
Menyajikan
hasil deskripsi kerajan-kerajaan Hindu-budha di Indonesia
|
|
2
|
Menyajikan hasil
telaah klasifikasi kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
|
|
3
|
Menyajikan hasil telaah tentang bukti-butki hasil
peninggalan kebudayaan kerajaan Hindu-Budha.
|
|
Instrumen:
lihat Lampiran 3
LEMBAR
PENGAMATAN/ OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
Mata Pelajaran :Sejarah
Indonesia
Kelas / Semester :X
/ 1
MateriPokok :
Kerajaan-kerajaan Hindu-Budha
Hari / tanggal pengamatan :
1.
Penilaian dilakukan selama
kegiatan diskusi
2.
Hasil penilaian ini digunakan
untuk mengetahui tingkat aktivitas peserta didik
3.
Aspek yang dinilai:
1). Tanggung jawab
2). Kerja sama
3). Keberanian mengajukan pertanyaan
4). Kemampuan menyampaikan informasi/ menjawab
pertanyaan
5). Menghargai pendapat orang lain
4. Keterangan Skor dan Katagori skor
Skor 1 = sangat kurang Jumlah skor 1- 5
katagori tidak aktif
Skor 2= kurang Jumlah
skor 5-10 katagori kurang aktif
Skor 3= cukup Jumlah
Skor11-15 katagori cukup aktif
Skor 4= baik Jumlah
skor 16-20 katagori aktif
Skor 5 = baik sekali Jumlah
skor 21 -25 katagori sangat aktif
Berilah skor untuk setiap aspek!
NO
|
NAMA PESERTA DIDIK
|
ASPEK PENILAIAN
|
JUMLAH SKOR
|
KATEGORI
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
Ani
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
18
|
aktif
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semarang,
12 Maret 2014
Kepala
Sekolah Guru Sejarah
SMA
Drs.
Arysius dos Santos, M.Pd Ahmat
Charistiawan, S.Pd
NIP.
NIP.
Lampiran
1:
Lembar
ObservasiSikap Spiritual dan Sikap Sosial
NamaPesertaDidik :
Kelas :
TanggalPengamatan :
MateriPokok :
No
|
Aspek
Spiritual dan Sosial
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Memberikan
kesempatan untuk beribadah bagi umat agama lain .
|
|
|
|
|
|
2
|
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan dirumuskannya
Pancasila sebagai dasar negara oleh para pendiri negara.
|
|
|
|
|
|
3
|
Memanfaatkan Museum/Perpustakaansebagai sumber referensi
bejalar kebudayaan Hindu – Buddha.
|
|
|
|
|
|
4
|
Menunjukkan
rasa tanggung jawab dengan memelihara dan menjaga hasil kebudayaan Hindu –
Buddha di Indonesia
|
|
|
|
|
|
JumlahSkor
|
|
|
Skor
Penilaian:
4
= selalu,
apabilaselalumelakukansesuaipernyataan
3
= sering,
apabilaseringmelakukansesuaipernyataandankadang-kadangtidakmelakukan
2
= kadang-kadang,
apabilakadang-kadangmelakukandanseringtidakmelakukan
1
= tidakpernah,
apabilatidakpernahmelakukan
Rubrik Penilaian:
Nilai = (Jumlah Skor : Skor Maksimal) x 4
Sangat
Baik :
apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1,33 < skor≤ 2,33
Kurang :
apabila memperoleh skor: skor ≤ 1,33
Lampiran
2:
LKPD
(lembar kerja peserta didik)
Lampiran
3:
Lembar
Observasi Keterampilan
NamaPesertaDidik
:
Kelas :
TanggalPengamatan :
MateriPokok :
No
|
Aspek
Keterampilan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
A
|
Menyajikan
hasil telaah klasifikasi kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia
|
|
|
|
|
|
1.
Menyampaikan gagasan dengan
lancar dan logis
|
|
|
|
|
|
|
2.
Mendukung kerjasama kelompok
|
|
|
|
|
|
|
B
|
Menyajikan
hasil deskripsi masing – masing kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di
Indonesia
|
|
|
|
|
|
3.
Kejelasanisipaparan
|
|
|
|
|
|
|
4.
Menyampaikan gagasan dengan
lancar dan logis
|
|
|
|
|
|
|
5.
Mendukung kerjasama kelompok
|
|
|
|
|
|
|
6.
Menanggapi pertanyaan dengan
lugas dan jelas
|
|
|
|
|
|
|
7.
Menerimasecaralogispendapatkelompok
lain
|
|
|
|
|
|
|
C
|
Menyajikan
telaah tentang bukti – bukti peninggalan hasil kebudayaan pengaruh Hindu –
Buddha yang masih ada pada saat ini
|
|
|
|
|
|
8.
Kejelasanisipaparan
|
|
|
|
|
|
|
9.
Menyampaikan gagasan dengan
lancar dan logis
|
|
|
|
|
|
|
10.
Mendukung kerjasama kelompok
|
|
|
|
|
|
|
11.
Menanggapi pertanyaan dengan
lugas dan jelas
|
|
|
|
|
|
|
12. Menerimasecaralogispendapatkelompok
lain
|
|
|
|
|
|
|
JumlahSkor
|
|
|
Skor
Penilaian:
4
= selalu,
apabilaselalumelakukansesuaipernyataan
3
= sering, apabilaseringmelakukansesuaipernyataandankadang-kadangtidakmelakukan
2
= kadang-kadang,
apabilakadang-kadangmelakukandanseringtidakmelakukan
1
= tidakpernah,
apabilatidakpernahmelakukan
Rubrik Penilaian:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar