Senin, 17 Maret 2014

RPP Sejarah Proses berkembangnya agama Hindu-Budha di Kerajaan Mataram Kuno.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah                    : SMA N Atlantis
Matapelajaran           : Sejarah Indonesia
Kelas/Semester         : X/I
Materi Pokok           : Proses berkembangnya agama Hindu-Budha di Kerajaan Mataram Kuno.
Alokasi Waktu         : 2x45 menit (pertemuan ketiga)

A.      KompetensiInti (KI)
1.      KI 1 :   Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya.
2.      KI 2 :   Menghayatidanmengamalkanperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsifdan pro-aktifdanmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia.
3.      KI 3 :   Memahami, menerapkan, menganalisispengetahuanfaktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah.
4.      KI 4 :   Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri, danmampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan.

B.       KompetensiDasardanIndikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.2  Menghayatiketeladananparapemimpindalamtoleransiantarumatberagamadanmengamalkannyadalamkehidupansehari-hari.
1.2.1        Toleransi dalam berdo’a antar umat beragama.
1.2.2        Musyawarah mufakat dalam memecahkan masalah.
2.1  Menunjukkansikaptanggungjawab, peduliterhadapberbagaihasilbudayapadazamanpraaksara, Hindu-Budhadan Islam.
2.1.1        Memanfaatkan museum/perpustakaan sebagai sumber referensi belajar kebudayaan kerajaan Hindu-Budha di Indonesia.
2.1.2        Menunjukkan rasaa taggung jawab dengan memelihara dan menjaga hasil kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia.
3.6  Menganalisiskarakteristikkehidupanmasyarakat, pmerintahan, dankebudayaanpadamasakerajaan Hindu-Buddha di Indonesia sertamenunjukkancontohbukti-bukti yang masihberlakupadakkehidupanmasyarakat Indonesia masakini.
3.6.1        Mengklasifikasi kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di Indonesia.
3.6.2        Mendiskripsikankerajaan-kerajaan Hindu-Budha di Indonesia.
3.6.3        Menunjukkan bukti-bukti peninggalan budayakerajaan Hindu-Budha di Indonesia.

4.6  Menyajikanhasilpenalarandalambentuktulisantentangnilai-nilaidanunsurbudaya yang berkembangpadamasakerajaan Hindu-Buddha danmasihberkelanjutandalamkehidupanbangsa Indonesia padamasakini.
4.6.1        Menyajikanhasildeskripsikerajan-kerajaan Hindu-budha di Indonesia
4.6.2        Menyajikan hasil telaah klasifikasi kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
4.6.3        Menyajikan hasil telaah tentang bukti-butki hasil peninggalan kebudayaan kerajaan Hindu-Budha.

C.      TujuanPembelajaran
Melalui proses pembelajaran siswa dapat:
·         Menjelaskankehidupan masyarakat di Kerajaan Kalingga pada masa Hindu-Budha.
·         Menjelaskankehidupan masyarakat di Kerajaan Mataram kuno pada masa Hindu-Budha.
·         Menganalisiskepemimpinan raja-raja pada Kerajaan Kalingga dan Kerajaan Mataram kuno pada masa Hindu-Budha.
·         Mengidentifikasipeninggalan budaya Kerajaan Mataram kuno pada masa Hindu-Budha.
·         Menunjukkansikapkerjasamadalammengerjakantugas
     
D.      MateriPembelajaran
Pertemuan Ketiga
1.      Kerajaan Kalingga
2.      Kerajaan Mataram Kuno pada masa Hindu-Budha
3.      Kekuasaan Dinasti Isyana
E.       MetodePembelajaran
Pendekatan, StrategidanMetodePembelajaran
Pendekatan          : Saintifik
Strategi                 : Cooperative learning
Metode                 : Ceramah, diskusi, tanyajawabdanpenugasan

F.       Media, Alat, danSumberPembelajaran
Media
Powerpoint tentang kerajaan Mataram kuno.
Alat/Bahan
Laptop, whiteboard, dan LCD
Sumber Belajar
Hapsari,Ratna. M.Adil. 2013. Sejarah Indonesia Jilid 1 untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Kemendikbud. 2013, Sejarah Indonesia kelas X/Kementerian Pendidikan Indonesia. Jakarta.

G.      Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pertemuan Kesatu
2x45 menit
Pendahuluan
a.       Guru melakukan salam pembuka untuk mengawali kegiatan sekaligus dilanjutkan do’a bersama sesuai ajaran agama yang dianut masing-masing lalu mengucap syukur kepada Tuhan YME.
b.      Guru menanyakan kehadiran siswa dan mempersiapkan siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaan.
c.       Guru melakukanapersepsimelaluitanyajawabmengenaimateriyang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.
12 menit
Inti
Guru menjelaskan secara singkat mengenai Kerajaan Kalingga dan kerajaan Mataram Kuno.
Mengamati
a.    Pesertadidikmembentuk kelompok dengan anggota 4-5 orang.
b.    Pesertadidikdalam kelompok membaca dan mengamati mengenai Kerajaan Kalingga, Kerajaan Mataram kuno dan kekuasaan Dinasti Isyana.
c.    Peserta didik dalam kelompok mengidentifikasi kerajaan Mataram kuno dan menuliskannya kembali sesuai sumber yang ada.
d.   Kompetensi yang dikembangkan : mencari informasi, melatih kesungguhan.

Menanya
a.    Guru memanggil setiap ketua kelompok untuk mendapat satu materi tugas sehingga setiap kelompok mendapat yang berbeda dari kelompok lain. Materi tugas tiap kelompok diambil dari pembahasan mengenai kerajaan Mataram kuno. Guru dapatmembimbingpesertadidikmenyusunpertanyaanmengenai:
·           Corak Kehidupan masyarakat kerajaan Kalingga!
·           Hubungan Kerajaan Kalingga dengan Kerajaan Mataram Kuno.!
·          KetokohanparapemimpinKalinga dan MataramKuno!
·          PerkembanganKerajaanMataramKuno!
·          PeninggalanbudayaCandiBorobudur !
·           Peristiwa penting apa yang pernah terjadi di kerajaan Mataram kuno?
b.    Peserta didik mengidentifikasi dan mengklasifikasi pertanyaan tentang kerajaan –kerajaan yang akan dicari jawabannya dalam diskusi kelompok.
c.    Kompetensi yang dikembangkan : mengembangkan kreatifitas, rasa ingin tahu.

Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a.    Pesertadidikmencariinformasidanmendiskusikanjawabanataspertanyaan yang sudahdisusundenganmembacauraianmateri di BukuSejarah Indonesia KelasX atau bisa pergi ke perpustakaan.
b.    Guru menyediakanberbagaisumberbelajar dan dapat menjelaskan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh peserta didik dalam kelompok.
c.    Peserta didik mengecek kembali jawaban pertanyaan dengan menggunakan sumber belajar yang telah disediakan guru.
d.   Nilai yang dikembangkan : sikap teliti, sopan, dan menghargai pendapat lain.

Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi
a.    Pesertadidikdengan bimbingan guru mendiskusikanhubunganatasberbagaiinformasi yang sudahdiperoleh.
b.    Peserta didik menyusun simpulan atas berbagai pertanyaan dengan bimbingan gurutentang kerajaan Kalingga, kerajaan Mataram kuno dan kekuasaan Dinasti Isyana.
c.    Nilai yang dikembangkan : kemampuan berpikir deduktif serta induktif dalam menyimpulkan.

Mengkomunikasikan
a.    Peserta didik dengan arahan guru membuatbahantayang atau lembar kerja kelompok secara sistematis untuk melaporkan hasil kerja kelompok tentang kerajaan Kalingga, kerajaan Mataram kuno dan kekuasaan Dinasti Isyana.
b.    Peserta didik mematuhitatacarapenyajiankelompok, seperti :
·      Kelompokmenyajikansecarabergantianbahantayang yang telahdisusunsebelumnya.
·      Kelompokpenyajimenyajikanmateri paling lama 5 menit. Kelompoklainmemperhatikanpenyajiankelompokpenyajidanmencatathal-hal yang pentingsertamempersiapkanpertanyaanterhadaphal yang belumjelas.
·      Kelompokpenyajibertanyajawabdandiskusidenganpesertadidiklaintentangmateri yang disajikan paling lama 15 menit.
·      Menyampaikanpertanyaanataupendapatsetelahdipersilahkanoleh guru (moderator).
·      Menggunakanbahasa yang sopansaatmenyampaikanpertanyaanataupendapat.
·      Berbicarasecarabergantiandantidakmemotongpembicaraan orang lain
c.    Peserta didik melakukan diskusi kelas dengan bimbingan atau dimoderatori oleh guru.
d.   Kelompok lain memberikan tanggapan dan gurumemberikankonfirmasiterhadapjawabanpesertadidikdalamdiskusi, denganmeluruskanjawaban yang kurangtepatdanmemberikanpenghargaanbilajawabanbenar.
e.    Nilai yang dikembangkan : mengungkapkan pendapat dan mampu berbahasa yang baik dan benar.
60 menit
Penutup
a.    Pesertadidikdengan bimbingan guru menyimpulkanmateripembelajaranmelaluitanyajawabsecaraklasikal tentang kerajaan Kalingga, kerajaan Mataram kuno dan kekuasaan Dinasti Isyana.
b.    Peserta didik melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan danmenentukantindakan  yang akandilakukan denganmemintamenjawabpertanyaanberikut secara lisan.
·         Apamanfaat yang diperolehdaripembelajaran tadi bagi kalian?
·         Aparencanatindaklanjutyang akan kalian lakukan?
·         Teladan apa yang bisa kalian ambil dari pemimpin di kerajaan Kalingga, kerajaan Mataram kuno dan kekuasaan Dinasti Isyana?
c.    Pesertadidikmencatat tugas pekerjaan rumah untuk pengayaan dan membacamateriuntuk pertemuanberikutnyayaitu kerajaan Kediri,Kerajaan Singasari, Majapahit dan Bali.
28 menit

H.    Penilaian
1.      KompetensiSikap Spiritual danSikapSosial
a.       Teknik Penilaian   : Observasi
b.      Bentuk Instrumen            : Lembar Penilaian Observasi
c.       Kisi-kisi                            :
No
Indikator
Butir Instrumen
1
Toleransi dalam berdo’a antar umat beragama.
1
2
Musyawarah mufakat dalam memecahkan masalah.
2
3
Memanfaatkan museum/perpustakaan sebagai sumber referensi belajar kebudayaan kerajaan Hindu-Budha di Indonesia.
3
4
Menunjukkan rasaa taggung jawab dengan memelihara dan menjaga hasil kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia.
4
Instrumen: lihat Lampiran 1

2.      Kompetensi Pengetahuan
Teknik Penilaian          :           Diskusi
Bentuk Instrumen       :           LKPD
Kisi-kisi                       :
No
Indikator
Butir Instrumen
1
Menjelaskan kehidupan masyarakat di Kerajaan Kalingga dan Kerajaan Mataram kuno pada masa Hindu-Budha.
1
2
Menganalisiskepemimpinan raja-raja pada Kerajaan KalinggadanKerajaanMataram kuno pada masa Hindu-Budha.

3
Mengidentifikasipeninggalan budaya Kerajaan KalinggadanKerajaanMataram kuno pada masa Hindu-Budha.

Instrumen: lihat Lampiran 2



3.      Kompetensi Keterampilan
Teknik Penilaian          :           Observasi
Bentuk Instrumen       :           Lembar observasi
Kisi-kisi                       :
No
Keterampilan
Butir Instrumen
1
Menyajikan hasil deskripsi kerajan-kerajaan Hindu-budha di Indonesia

2
Menyajikan hasil telaah klasifikasi kerajaan Hindu-Budha di Indonesia

3
Menyajikan hasil telaah tentang bukti-butki hasil peninggalan kebudayaan kerajaan Hindu-Budha.

Instrumen: lihat Lampiran 3
LEMBAR  PENGAMATAN/ OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
Mata Pelajaran                                    :Sejarah Indonesia
Kelas / Semester                                  :X / 1                          
MateriPokok                                       : Kerajaan-kerajaan Hindu-Budha
Hari / tanggal pengamatan                  :
1.         Penilaian dilakukan selama kegiatan  diskusi
2.         Hasil penilaian ini digunakan untuk mengetahui tingkat aktivitas peserta didik
3.         Aspek yang dinilai:
1). Tanggung jawab
2). Kerja sama
3). Keberanian mengajukan pertanyaan
4). Kemampuan menyampaikan informasi/ menjawab pertanyaan
5). Menghargai pendapat orang lain
4. Keterangan Skor     dan Katagori skor
Skor 1 = sangat kurang                  Jumlah skor 1- 5  katagori tidak aktif
Skor 2= kurang                               Jumlah skor 5-10 katagori kurang aktif
Skor 3= cukup                                Jumlah Skor11-15 katagori  cukup aktif
Skor 4= baik                                   Jumlah skor 16-20 katagori aktif
Skor 5 = baik sekali                        Jumlah skor 21 -25 katagori sangat aktif
Berilah skor untuk setiap aspek! 
NO
NAMA PESERTA DIDIK
ASPEK PENILAIAN
JUMLAH SKOR
KATEGORI
1
2
3
4
5
1
Ani
4
3
4
4
3
18
aktif
2








3








4








5








6








7








8








9








10









                                                                        Semarang, 12 Maret 2014
Kepala Sekolah                                                 Guru Sejarah
SMA



Drs. Arysius dos Santos, M.Pd  Ahmat Charistiawan, S.Pd
NIP.                                                                   NIP.
















Lampiran 1:
Lembar ObservasiSikap Spiritual dan Sikap Sosial
NamaPesertaDidik      :
Kelas                           :
TanggalPengamatan    :
MateriPokok               :

No
Aspek Spiritual dan Sosial
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Memberikan kesempatan untuk beribadah bagi umat agama lain .






2
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan dirumuskannya Pancasila sebagai dasar negara oleh para pendiri negara.





3
Memanfaatkan Museum/Perpustakaansebagai sumber referensi bejalar kebudayaan Hindu Buddha.





4
Menunjukkan rasa tanggung jawab dengan memelihara dan menjaga hasil kebudayaan Hindu – Buddha di Indonesia





JumlahSkor




Skor Penilaian:
4        =   selalu, apabilaselalumelakukansesuaipernyataan
3        =   sering, apabilaseringmelakukansesuaipernyataandankadang-kadangtidakmelakukan
2        =   kadang-kadang, apabilakadang-kadangmelakukandanseringtidakmelakukan
1        =   tidakpernah, apabilatidakpernahmelakukan

Rubrik Penilaian:
Nilai                     =   (Jumlah Skor : Skor Maksimal) x 4

Sangat Baik     : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup             : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor≤ 2,33
Kurang            : apabila memperoleh skor: skor ≤ 1,33

Lampiran 2:
LKPD (lembar kerja peserta didik)

Lampiran 3:
Lembar Observasi Keterampilan


NamaPesertaDidik                  :          
Kelas                                       :          
TanggalPengamatan                :          
MateriPokok                           :          

No
Aspek Keterampilan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
A
Menyajikan hasil telaah klasifikasi kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia





1.     Menyampaikan gagasan dengan lancar dan logis





2.     Mendukung kerjasama kelompok






B
Menyajikan hasil deskripsi masing – masing kerajaan – kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia





3.     Kejelasanisipaparan






4.     Menyampaikan gagasan dengan lancar dan logis





5.     Mendukung kerjasama kelompok






6.     Menanggapi pertanyaan dengan lugas dan jelas






7.     Menerimasecaralogispendapatkelompok lain






C
Menyajikan telaah tentang bukti – bukti peninggalan hasil kebudayaan pengaruh Hindu – Buddha yang masih ada pada saat ini





8.     Kejelasanisipaparan





9.     Menyampaikan gagasan dengan lancar dan logis





10. Mendukung kerjasama kelompok





11. Menanggapi pertanyaan dengan lugas dan jelas





12. Menerimasecaralogispendapatkelompok lain





JumlahSkor





Skor Penilaian:
4        =   selalu, apabilaselalumelakukansesuaipernyataan
3 =         sering, apabilaseringmelakukansesuaipernyataandankadang-kadangtidakmelakukan
2        =   kadang-kadang, apabilakadang-kadangmelakukandanseringtidakmelakukan
1        =   tidakpernah, apabilatidakpernahmelakukan
Rubrik Penilaian:
Nilai                     =   (Jumlah Skor : Skor Maksimal) x 100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar