RencanaPelaksanaanPembelajaran
Sekolah : SMAN
Negeri 3 Semarang
Mata pelajaran : Sejarah
Kelas/semester : XI/ gasal
Materipokok :Proses
masukdanperkembanganpenjajahanbangsa Barat
Alokasiwaktu :
2 X 45 menit (2 x pertemuan)
A. Kompetensiinti (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama,toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora,
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban yang terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapakan pengetahuan procedural pada
bidang kajianyang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkritdan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri,bertindak secara efektif dan kreatifserta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KompetensiDasardanIndikator
Kompetnsidasar
|
Indikator
|
1.1Menghayatinilai-
nilaipersatuandankeinginanbersatudalamperjuanganpergerakannasionalmenujukemerdekaanbangsasebagaikaruniaTuhan
Yang MahaEsaterhadapbangsadan Negara Indonesia
|
1.1.1Meneladanikepemimpinanpadamasaperjuanganpergerakannasional
yang mampumengkondisikanpelaksanaankepercayaan yang dianut
|
2.1
Mengembangakannilaidanperilakumempertahankanhargadiribangsadenganbercerminpadakegigihanparapejuangdalammelawanpenjajah
2.5Berlaku jujur dan bertanggung jawab dalam
mengerjakan tugas dari pembelajaran sejarah
|
2.2.1 Mampu meneladani kegigihan para dalam melawan penjajah
2.5.1 Mampu bersikap jujur dan bertanggung jawab
dalam mengerjakan tugas dari pembelajaran sejarah
|
3.2
Menganalisis proses masukdanperkembanganpenjajahanbangsabarat (portugis, Spayol,Belanda,
Inggris) di Indonesia
|
3.2.1Mendeskripsikan latar belakang dan tujuan
masuknya bangsa barat ke Indonesia
3.2.2 Menganalisis proses masuknya bangsa barat ke Indonesia
3.2.3Menganalisis perkembangan penjajahan bangsa barat
di Indonesia
|
4.2Mengolahinformasitentang
proses
masukdanberkembangnyapenjajahanbangsabaratdanmenyajikannyadalambentukceritasejarah
|
4.2.1Menyajikan cerita tentang proses
masuknya bangsa barat
4.2.2 Memaparkan awal perkembangan penjajahan bangsa barat di Indonesia
|
C. TujuanPembelajaran
Kompetensi
Sikap Spiritual dan Sosial
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta
didik dapat:
2.1.1
Mampu meneladani kegigihan para pemimpin dalam melawan penjajah
2.5.1Bersikap jujur dan bertanggung jawab dalam
mengerjakan tugas dari pembelajaran sejarah
v Pertemuan pertama
Kompetensi pengetahuan
Setelah mengikuti proses
pembelajaran, peserta didik mampu:
3.2.2.1 Menganalisis proses masuknya bangsa barat ke Indonesia
3.2.2.2
Menganalisis tujuan bangsa barat datang ke Indonesia
3.2.2.3
Mengenali tokoh-tokoh
yang mempelopori penjelajahan samudra
Kompetensi ketrampilan
4.2.1.1Menyajikan dalam bentuk cerita tentang proses masuknya bangsa barat
v Pertemuankedua
Kompetensipengetahuan
Setelah mengikuti proses
pembelajaran, peserta didik mampu:
3.2.3.1
Menganalisis perkembangan penjajahan bangsa barat di Indonesia
Kompetensiketrampilan
4.2.2.1
Memaparkan awal perkembangan penjajahan bangsa barat di Indonesia
D. Materipembelajaran
·
Proses masuknya bangsa baratke Indonesia
·
Perkembangan penjajahan bangsa barat di Indonesia
E. Metodedan Model pembelajaran
Pendekatan
: Saintifik
Metode
: Ceramah, Tanya jawab
Model : Mind Mapping
F.
Media, alatdansumberbelajar
Media
·
Power point
Alat
·
Laptop
·
Lcd
·
papantulis
Sumber
·
Triyono,Suwito.2009. Sejarah
sekolah menengah atas dan madrasah aliyah program IPS.Jakarta:BSE
G. Langkah-langkahPembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
|
Waktu
|
Pertemuan
I
|
1 JP (2 x 45 menit)
|
|
Pendahuluan
|
Ø Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis
peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa,
menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan
buku tulis dan sumber belajar
Ø Guru memberikan apersepsi dengan pertanyaan
Ø Peserta didik menerima informasi mengenaitujuanpembelajarandanmateripembelajaranhariinimelalui
power point
Ø Guru menjelaskan tentang Model pembelajaran yang
akan digunakan “Mind Mapping”
|
10menit
|
Inti
|
Mengamati
Ø Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok
yang terdiri dari 3-4 orang
Ø Guru
menayangkangambar- gambar penjelajah
samudra yang datang ke Indonesia melalui
power point sertamelakukantanyajawabsingkat
v Nilai yang
dikembangkan: Mencariinformasidanmelatihkesungguhan
Menanya
Ø Peserta didik dalam grup membuat sejumlah
pertanyaan yang akan di bahas bersama-sama dengan didampingi guru untuk
memberikan bimbingan kelompok selama mengerjakan tugas kelas dan kelompok. (Contoh-contoh
pertanyaan yang diajukan) misalnya:
1. Bagaimanakah awal mula kedatangan bangsa
barat ke indonesia?
v Nilai yang dikembangkan: rasa ingin tahu dan kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis.
Mencoba/Mengumpulkaninformasi
Ø
Pesertadidikdimintamengumpulkan data
daninformasidenganmembacabukutekspelajaran, untukmenjawabpertanyaan yang
telahdirumuskan.
Ø
Pesertadidikberdiskusidengankelompokuntukmenjelaskanawalkedatangan bangsa eropa
di Indonesia
v Nilai yang
dikembangkan: Mengembangkansikapteliti,
menerapkankemampuanmengumpulkaninformasimelaluiberbagaicara yang dipelajari
Mengasosiasikan/mengolahInformasi
Ø Peserta didik menganalisis data dan informasi yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah
dirumuskan
Ø Peserta didik mendiskusikan didalam kelompok untuk
merumuskan kesimpulan dan mencatat jawaban atas pertanyaan yang telah disusun
v Nilai
yang dikembangkan :Kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan
Mengomunikasikan
Ø
Setiap
kelompok (atau diacak kelompok tertentu) memaparkan hasil
diskusinya dan mencatat di papan tulis inti dari hasil kelompok masing2. Kelompok lain memberi tanggapan
Ø
Dari
data-data di papan peserta didik diminta membuat kesimpulan atau guru memberi
perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru
v
Nilai yang dikembangkan : mengungkapkanpendapatdengansingkatdanjelas,
danmengembangkankemampuanberbahasa yang baikdanbenar
|
60menit
|
Penutup
|
Ø Pesertadidikmengklarifikasi/kesimpulandibantuoleh
guru menyimpulkanmateriawalkedatanganbangsabaratke Indonesia.
Ø Pesertadidikdiberipesantentangnilaidan
moral pentingnyamengetahuiawalkedatanganbangsabaratke
Indonesia.
Ø Guru menanyakan tentang materi
yang kurang dimengerti peserta didik
Ø Peserta didik membuat tugas secara kelompok mencari
di internet gambar kedatangan bangsa barat ke Indonesia.
Ø Guru menyampaikan secara garis
besar tentang materi yang akan diajarkan pada pertemuan selanjutnya
Ø Guru mengucapkansalam
|
20 menit
|
Pertemuankedua
|
1JP
(2x45 menit)
|
|
Pendahuluan
|
Ø Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis
peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa,
menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan
buku tulis dan sumber belajar
Ø Guru memberikan apersepsi dengan pertanyaan
Ø Peserta didik menerima informasi mengenaitujuanpembelajarandanmateripembelajaranhariinimelalui
power point
Ø Guru menjelaskan tentang Model pembelajaran yang
akan digunakan
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
Pesertadidikmengamatigambar-gambar
(foto-foto, slide) tentangperkembanganpenjajahan di Indonesia.
v Nilai yang
dikembangkan :Melatihkesungguhan, ketelitian, mencariinformasi.
Menanyakan
Pesertadidikberdiskusitentangperkembanganpenjajahan
di Indonesia.
Hasil dari kegiataniniadalahsejumlah (inventarisasi)
pertanyaan/masalah.
v
Nilai yang dikembangkan : rasa
ingintahu,berfikirkritis,mampumerumuskanpertanyaan
Mengumpulkaninformasi
Pesertadidikdalamkelompokdimintauntukmencarisumber-sumbersejarahdalamkaitanyadenganperkembanganpenjajahan
di Indonesia.
v Nilai yang
dikembangkan :menerapkankemampuanmengumpulkaninformasimelaluiberbagaicara
yang dipelajari, mengembangkankebiasaanbelajardanbelajarsepanjanghayat.
Guru
mengamatidanmenilaisikappesertadidikdalamkerjakelompok
Mengasosiasi
pesertadidikberdiskusiuntukmenyimpulkanhubunganantaratujuanbangsabaratdatangke
Indonesia denganperkembanganpenjajahan di Indonesia.
v Nilai yang
dikembangkan
:kemampuanmenerapkanprosedurdankemampuanberpikirinduktifsertadeduktifdalammenyimpulkan.
Guru
membimbing/menilaikemampuanpesertadidikdalamkerjakelompok
Mengkomunikasikan/menganalisis
Pesertadidikmempresentasikanhasilanalisisdatanya
di depankelasdandikomentariolehkelompok lain.
v Nilai yang
dikembangkan :Sikapjujur, teliti, toleransi,
mengungkapkanpendapatdengansingkatdanjelas,
danmengembangkankemampuanberbahasa yang baikdanbenar.
Guru
membimbing/menilaikemampuanpesertadidikdalamkerjakelompok
Menciptakan
Pesertadidikditugasimembuatmakalahtentangperkembanganpenjajahan
di Indonesia. dalambentuklaporantertulis (makalah) secaraberkelompok (3-4
orang/kelompok).
v Nilai yang di
kembangkan :Sikapjujur, teliti, toleransi, kemampuanberpikirsistematis,
mengungkapkanpendapatdengansingkatdanjelas,
danmengembangkankemampuanberbahasayangbaikdanbenar.
|
60 menit
|
Penutup
|
Ø Pesertadidikmengklarifikasi/kesimpulandibantuoleh
guru menyimpulkanmateriawalkedatanganbangsabaratke Indonesia.
Ø Pesertadidikdiberipesantentangnilaidan
moral pentingnyamengetahuiawalkedatanganbangsabaratke
Indonesia.
Ø Guru menanyakan tentang materi
yang kurang dimengerti peserta didik
Ø Peserta didik membuat tugas secara kelompok mencari
di internet gambar kedatangan bangsa barat ke Indonesia.
Ø Guru menyampaikan secara garis
besar tentang materi yang akan diajarkan pada pertemuan selanjutnya
Ø Guru mengucapkansalam
|
20 menit
|
A. Penilaian
Sikap Spiritualdansosial
Jenis/TeknikPenilaian :
Pengamatan
Bentuk Instrumen dan Instrumen : Tanya jawab,diskusi
PedomanPenskoran :
(Lampiran 1)
Pengetahuan
Jenis/TeknikPenilaian :
Tes tertulis
Bentuk Instrumen dan Instrumen : Lembar kerja peserta didik
PedomanPenskoran :
(Lampiran 2)
Keterampilan
Jenis/TeknikPenilaian :
Non tes
Bentuk Instrumen dan Instrumen : Penugasan
Pedoman Penskoran :
(Lampiran 3)
Mengetahui,
Kepala SMAN 3 Semarang Guru Mapel
Sejarah
Drs
Bambang Nianto Mulyo, M.Ed ..............................
NIP.
19610429 199603 1 007
sip bro... lanjutkan
BalasHapus