Senin, 17 Maret 2014

RPP KLS XI Proses masukdanperkembanganpenjajahanbangsa Barat

RencanaPelaksanaanPembelajaran

            Sekolah                       : SMAN Negeri 3 Semarang
            Mata pelajaran : Sejarah
            Kelas/semester            : XI/ gasal
Materipokok                :Proses masukdanperkembanganpenjajahanbangsa Barat
            Alokasiwaktu              : 2 X 45 menit (2 x pertemuan)
           
A.    Kompetensiinti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya
2.       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora, dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban yang terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapakan pengetahuan procedural pada bidang kajianyang spesifik sesuai dengan bakat  dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkritdan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,bertindak secara efektif dan kreatifserta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.





B.     KompetensiDasardanIndikator
Kompetnsidasar
Indikator
1.1Menghayatinilai- nilaipersatuandankeinginanbersatudalamperjuanganpergerakannasionalmenujukemerdekaanbangsasebagaikaruniaTuhan Yang MahaEsaterhadapbangsadan Negara Indonesia
1.1.1Meneladanikepemimpinanpadamasaperjuanganpergerakannasional yang mampumengkondisikanpelaksanaankepercayaan yang dianut
2.1 Mengembangakannilaidanperilakumempertahankanhargadiribangsadenganbercerminpadakegigihanparapejuangdalammelawanpenjajah
2.5Berlaku jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas dari pembelajaran sejarah
2.2.1 Mampu meneladani kegigihan para dalam melawan penjajah
2.5.1 Mampu bersikap jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas dari pembelajaran sejarah

3.2 Menganalisis proses masukdanperkembanganpenjajahanbangsabarat (portugis, Spayol,Belanda, Inggris) di Indonesia
3.2.1Mendeskripsikan latar belakang dan tujuan masuknya bangsa barat ke Indonesia
3.2.2 Menganalisis proses masuknya bangsa barat ke Indonesia
3.2.3Menganalisis perkembangan penjajahan bangsa barat di Indonesia
4.2Mengolahinformasitentang proses masukdanberkembangnyapenjajahanbangsabaratdanmenyajikannyadalambentukceritasejarah
4.2.1Menyajikan cerita tentang proses masuknya bangsa barat
4.2.2 Memaparkan awal perkembangan penjajahan bangsa barat di Indonesia

C.    TujuanPembelajaran
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
2.1.1 Mampu meneladani kegigihan para pemimpin dalam melawan penjajah
2.5.1Bersikap jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas dari pembelajaran sejarah
v  Pertemuan pertama
Kompetensi pengetahuan
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik mampu:
3.2.2.1 Menganalisis proses masuknya bangsa barat ke Indonesia
3.2.2.2 Menganalisis tujuan bangsa barat datang ke Indonesia
3.2.2.3 Mengenali tokoh-tokoh yang mempelopori penjelajahan samudra
Kompetensi ketrampilan
4.2.1.1Menyajikan dalam bentuk cerita tentang proses masuknya bangsa barat
v  Pertemuankedua
Kompetensipengetahuan
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik mampu:
3.2.3.1 Menganalisis perkembangan penjajahan bangsa barat di Indonesia
Kompetensiketrampilan
4.2.2.1 Memaparkan awal perkembangan penjajahan bangsa barat di Indonesia

D.    Materipembelajaran

·         Proses masuknya bangsa baratke Indonesia
·         Perkembangan penjajahan bangsa barat di Indonesia

E.     Metodedan Model  pembelajaran
Pendekatan     : Saintifik
Metode            : Ceramah, Tanya jawab
Model               : Mind Mapping
F.     Media, alatdansumberbelajar
Media
·         Power point
Alat
·         Laptop
·         Lcd
·         papantulis
Sumber
·         Triyono,Suwito.2009. Sejarah sekolah menengah atas dan madrasah aliyah program IPS.Jakarta:BSE
G.    Langkah-langkahPembelajaran
Kegiatan
Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
Waktu
Pertemuan I
1 JP (2 x 45 menit)
Pendahuluan
Ø Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar
Ø Guru memberikan apersepsi dengan pertanyaan
Ø Peserta didik menerima informasi mengenaitujuanpembelajarandanmateripembelajaranhariinimelalui power point
Ø Guru menjelaskan tentang Model pembelajaran yang akan digunakan “Mind Mapping 
10menit
Inti
Mengamati
Ø  Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok yang terdiri dari 3-4 orang
Ø  Guru menayangkangambar- gambar penjelajah samudra yang datang ke Indonesia melalui power point sertamelakukantanyajawabsingkat

v Nilai yang dikembangkan: Mencariinformasidanmelatihkesungguhan

Menanya
Ø  Peserta didik dalam grup membuat sejumlah pertanyaan yang akan di bahas bersama-sama dengan didampingi guru untuk memberikan bimbingan kelompok selama mengerjakan tugas kelas dan kelompok. (Contoh-contoh pertanyaan yang diajukan)  misalnya:
1.      Bagaimanakah awal mula kedatangan bangsa barat ke indonesia?

v Nilai yang dikembangkan: rasa ingin tahu dan kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis.

Mencoba/Mengumpulkaninformasi
Ø  Pesertadidikdimintamengumpulkan data daninformasidenganmembacabukutekspelajaran, untukmenjawabpertanyaan yang telahdirumuskan.
Ø  Pesertadidikberdiskusidengankelompokuntukmenjelaskanawalkedatangan bangsa eropa di Indonesia

v Nilai yang dikembangkan: Mengembangkansikapteliti, menerapkankemampuanmengumpulkaninformasimelaluiberbagaicara yang dipelajari

Mengasosiasikan/mengolahInformasi
Ø  Peserta didik menganalisis data dan informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan
Ø  Peserta didik mendiskusikan didalam kelompok untuk merumuskan kesimpulan dan mencatat jawaban atas pertanyaan yang telah disusun

v Nilai yang dikembangkan :Kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan

Mengomunikasikan
Ø  Setiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) memaparkan hasil diskusinya dan mencatat di papan tulis inti dari hasil kelompok masing2. Kelompok lain  memberi tanggapan
Ø  Dari data-data di papan peserta didik diminta membuat kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru

v Nilai yang dikembangkan : mengungkapkanpendapatdengansingkatdanjelas, danmengembangkankemampuanberbahasa yang baikdanbenar
60menit
Penutup
Ø  Pesertadidikmengklarifikasi/kesimpulandibantuoleh guru menyimpulkanmateriawalkedatanganbangsabaratke Indonesia.
Ø  Pesertadidikdiberipesantentangnilaidan moral pentingnyamengetahuiawalkedatanganbangsabaratke Indonesia.
Ø Guru menanyakan tentang materi yang kurang dimengerti peserta didik
Ø  Peserta didik membuat tugas secara kelompok mencari di internet gambar kedatangan bangsa barat ke Indonesia.
Ø Guru menyampaikan secara garis besar tentang materi yang akan diajarkan pada pertemuan selanjutnya
Ø Guru mengucapkansalam
20 menit
Pertemuankedua
1JP (2x45 menit)
Pendahuluan
Ø Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar
Ø Guru memberikan apersepsi dengan pertanyaan
Ø Peserta didik menerima informasi mengenaitujuanpembelajarandanmateripembelajaranhariinimelalui power point
Ø Guru menjelaskan tentang Model pembelajaran yang akan digunakan
10 menit
Inti
Mengamati
Pesertadidikmengamatigambar-gambar (foto-foto, slide) tentangperkembanganpenjajahan di Indonesia.

v  Nilai yang dikembangkan :Melatihkesungguhan, ketelitian, mencariinformasi.

Menanyakan
Pesertadidikberdiskusitentangperkembanganpenjajahan di Indonesia.
Hasil dari kegiataniniadalahsejumlah (inventarisasi) pertanyaan/masalah.

v  Nilai yang dikembangkan : rasa ingintahu,berfikirkritis,mampumerumuskanpertanyaan

Mengumpulkaninformasi
Pesertadidikdalamkelompokdimintauntukmencarisumber-sumbersejarahdalamkaitanyadenganperkembanganpenjajahan di Indonesia.

v  Nilai yang dikembangkan :menerapkankemampuanmengumpulkaninformasimelaluiberbagaicara yang dipelajari, mengembangkankebiasaanbelajardanbelajarsepanjanghayat.

Guru mengamatidanmenilaisikappesertadidikdalamkerjakelompok

Mengasosiasi
pesertadidikberdiskusiuntukmenyimpulkanhubunganantaratujuanbangsabaratdatangke Indonesia denganperkembanganpenjajahan di Indonesia.

v  Nilai yang dikembangkan :kemampuanmenerapkanprosedurdankemampuanberpikirinduktifsertadeduktifdalammenyimpulkan.

Guru membimbing/menilaikemampuanpesertadidikdalamkerjakelompok

Mengkomunikasikan/menganalisis
Pesertadidikmempresentasikanhasilanalisisdatanya di depankelasdandikomentariolehkelompok lain.

v  Nilai yang dikembangkan :Sikapjujur, teliti, toleransi, mengungkapkanpendapatdengansingkatdanjelas, danmengembangkankemampuanberbahasa yang baikdanbenar.

Guru membimbing/menilaikemampuanpesertadidikdalamkerjakelompok
Menciptakan
Pesertadidikditugasimembuatmakalahtentangperkembanganpenjajahan di Indonesia. dalambentuklaporantertulis (makalah) secaraberkelompok (3-4 orang/kelompok).

v  Nilai yang di kembangkan :Sikapjujur, teliti, toleransi, kemampuanberpikirsistematis, mengungkapkanpendapatdengansingkatdanjelas, danmengembangkankemampuanberbahasayangbaikdanbenar.
60 menit
Penutup
Ø  Pesertadidikmengklarifikasi/kesimpulandibantuoleh guru menyimpulkanmateriawalkedatanganbangsabaratke Indonesia.
Ø  Pesertadidikdiberipesantentangnilaidan moral pentingnyamengetahuiawalkedatanganbangsabaratke Indonesia.
Ø Guru menanyakan tentang materi yang kurang dimengerti peserta didik
Ø  Peserta didik membuat tugas secara kelompok mencari di internet gambar kedatangan bangsa barat ke Indonesia.
Ø Guru menyampaikan secara garis besar tentang materi yang akan diajarkan pada pertemuan selanjutnya
Ø Guru mengucapkansalam
20 menit

A.    Penilaian
Sikap Spiritualdansosial
Jenis/TeknikPenilaian              : Pengamatan
Bentuk Instrumen dan Instrumen       : Tanya jawab,diskusi
PedomanPenskoran                             : (Lampiran 1)
Pengetahuan
Jenis/TeknikPenilaian              : Tes tertulis
Bentuk Instrumen dan Instrumen       : Lembar kerja peserta didik
PedomanPenskoran                             : (Lampiran 2)
Keterampilan
Jenis/TeknikPenilaian              : Non tes
Bentuk Instrumen dan Instrumen       : Penugasan
Pedoman Penskoran                            : (Lampiran 3)

Mengetahui,
Kepala SMAN 3 Semarang                                                    Guru Mapel Sejarah



Drs Bambang Nianto Mulyo, M.Ed                                        ..............................
NIP. 19610429 199603 1 007                       

1 komentar: