Sabtu, 15 Maret 2014

RPP kurikulum 2013 terbaru



RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Oleh Tio Algumeri
Sekolah                       : SMAN  SEMARANG
Mata pelajaran             : SEJARAH INDONESIA
Kelas/Semester            : X/1
Materi Pokok              : ASAL – USUL NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA
Alokasi  Waktu           : 2X45 Menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      KI – 1 :  Menghayati dan mengamalkan ajaran yang dianutnya
2.      KI – 2 : menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,  peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      KI – 3 : memahami, menerapkan , menganalisis pengetahuan, factual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budsaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.       KI – 4            : mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarai di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan




B.     Kompetensi Dasar
1.      KD Pada KI – 1 :
1.1 Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.
Indikator:
1.1.1 Menunjukan rasa syukur pada ciptaan Tuhan YME berupa peninggalan nenek Moyang bangsa Indonesia
2.      KD Pada KI – 2 :
2.1 Menunjukan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya  pada zaman pra-aksara, Hindu – Budha dan Islam
Indikator:
2.1.1 Menunjukan sikap toleransi terhadap suku bangsa yang ada di Indonesia sebagai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia
3.      KD Pada KI – 3:
3.3.Menganalisis asal usul nenek moyang bangsa Indonesia ( Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid)
Indikator:
3.3.1  Menganalisis asal – usul nenek moyang bangsa Indonesia dan
pesebarannya.
3.3.2  Mengetahui bagaimana proses migrasi  nenek moyang bangsa Indonesia dari daerah asalnya ke  Indonesia
4.      KD Pada KI – 4
4.3 Menyajikan kesimpulan – kesimpulan dari informasi mengenai asal – usul nenek moyang  nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero, Melayu, dan Melanesoid) dalam bentuk tulisan.
Indikator:
4.3.1 Menyajikan kerterkaitan antara Proto Melayu, Deutero Melayu, dan Melanesoid dengan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia


C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah Proses Pembelajaran Siswa di harapakan dapat:
1.1.1.1. Siswa  dapat menunjukan rasa syukur pada ciptaan Tuhan YME berupa peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia
2.1.1.1   Siswa dapat menunjukan sikap toleransi terhadap suku bangsa yang ada di Indonesia sebagai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia
3.3.1.1. Siswa dapat menganalisi  asal usul nenek moyang bangsa Indonesia.
3.3.1.2. Siswa dapat mengetahui bagaimana proses migrasi  nenek moyang bangsa Indonesia dari daerah asalnya ke  Indonesia
4.3.1.1  Siswa dapat menyajikan kerterkaitan antara Proto Melayu, Deutero Melayu, dan Melanesoid dengan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia

D.    .Materi Pembelajaran
Asal-usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia
Tahukah kalian, dari mana asal-usul nenek moyang bangsa kita? Ada yang menyebutkan nenek moyang kita berasal dari cina, ada yang bilang nenek moyang kita berasal dari melayu, ada yang bilang berasal dari Taiwan, bahkan ada yang bilang berasal dari afrika. Untuk lebih jelasnya, mari kita pelajari mengenai teori-teori asal-usul nenek moyang Bangsa Indonesia dari para ahli sejarah dan antropologi.
1. Teori Yunnan
Menurut teori ini, migrasi penduduk dari Yunnan menuju Kepulauan Nusantara ini melalui tiga gelombang, yaitu ; perpindahan orang negrito, proto melayu dan juga deutro nelayu.
2. Teori Nusantara
Teori Nusantara menyatakan bahwa asal usul bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri, bukan dari luar. Teori ini didukung antara lain oleh Muhammad Yamin, Gorys Keraf, dan J.Crawford.
3. Teori Out of Taiwan
Teori ini berpandangan bahwa bangsa yang ada di Nusantara ini berasal dari Taiwan bukan Daratan Cina. Teori ini didukung oleh Harry Truman Simanjuntak.

4. Teori Out of Africa
Teori ini menyatakan bahwa manusia modern yang hidup sekarang berasal dari Afrika. Dasar dari teori ini adalah berdasarkan ilmu genetika melalui penelitian DNA mitokondria gen perempuan dan gen laki-laki..
E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Pembelajaran : Think Pair Share 
 Metode : ceramah, diskusi, Tanya jawab, dan penugasan.

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media dan Alat Pembelajaran : White board, Power Point, LCD.
2.      Sumber Belajar :
·         Hapsari, Ratna dan Adil M. 2013. Sejarah Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga
·         Sejarah Indonesia : buku guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.--Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , 2013.
·          Sumber lain dari Internet
G.    Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal (10 menit)
·         Memberi Salam
·         Melakukan Absensi  terhadap siswa/i
·         Menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran kepada siswa/i
2.      Kegiatan Inti (70 Menit)
Mengamati
·         Melihat  peta migrasi nenek moyang bangsa Indonesia.
·         Melihat  bagan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia
·         Nilai yang di kembangkan: Melatih kesungguhan
Menanya
·         Peserta didik dimotivasi untuk mengeksplorasi dan merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung (pertanyaan hipotetik) terkait dengan materi ajar. apa, siapa, dimana, kapan, bagaimana, mengapa.
·      Nilai yang dikembangkan : Mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis

Mengumpulkan Informasi
·         Guru menugaskan siswa untuk mendiskusikan tentang materi yang dibahas ( asal – usul nenek moyang bangsa Indonesia dan proses migrasinya) dalam kelompok, masing – masing kelompok terdiri dari 2 orang. Waktu diskusi 30 menit
·         Nilai yang di kembangkan : Mengembangkan sikap teliti, jujur,sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
Menalar
·         Peserta didik menganalisis data dan informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
·         Peserta didik mendiskusikan didalam kelompok untuk merumuskan kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah disusun.
·         Nilai yang di kembangkan : Mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,  taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan materi
Mengomunikasikan
·         Guru menunjuk beberapa kelompok untuk menyampaikan hasil pekerjaannya
·         Guru menerangkan lebih lanjut tentang asal – usul nenek moyang bangsa Indonesia
·         Nilai yang dikembangkan: Mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan singkat dan jelas, dan mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar
3.      Penutup (10 menit)
·  Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran 
·  Peserta didik diberi tugas untuk menyempurnakan laporan berdasarkan masukan dan saran pada saat presentasi yang telah dikonfirmasi guru.



H.    Penilaian
1)       Kompetensi Sikap
a.       Teknik Penilaian: Observasi dan Jurnal
b.      Bentuk Instrumen: Lembar Observasi dan Jurnal

No.
Aspek yang Diamati
Skor
1
2
3
4
1.                    
Berdoa sebelum kegiatan pembelajaran




2.                    
Mengucapkan syukur ketika selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran




3.                    
Menghargai dan menghormati guru




4.                    
Memelihara hubungan baik dengan teman sekelas




5.                    
Menjaga kebersihan lingkungan kelas





Total Skor





 KRITERIA PENILAIAN SEBAGAI BERIKUT:
4  =  selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3  =  sering, apabila cenderung lebih banyak melakukan aspek yang diamati
2  =  kadang-kadang, apabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1  =  tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan aspek yang diamati
PETUNJUK PENSKORAN:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
                        skor yang diperoleh
Skor akhir =  -------------------------- x 4
                          skor maksimum


 




2)      Kompetensi Pengetahuan
A.    Teknik Penilaian
Tes : Tulis
B.     Bentuk Instrumen
Soal Tulis Uraian
C.     Contoh Soal:
No.
Instrumen
Bobot
Skor
Jml skor= bobotx10
1.       
Jelaskan  Asal – Ususl Nenek moyang bangsa Indonesia  berdasarkan Teori yunan?
·         Teori ini menyatakan bahwa asal-usul nenek moyang kita berasal dari Yunnan, China. Teori ini didukung oleh Moh. Ali, yang berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Mongol yang terdesak oleh bangsa-bangsa yang lebih kuat sehingga melakukan migrasi menuju ke selatan.

4
10

2.       
Jelaskan asal – usul nenek moyang bangsa Indonesia berdasarkan teori  Nusantara
·         Teori Nusantara menyatakan bahwa asal usul bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri, bukan dari luar. Teori ini didukung antara lain oleh Muhammad Yamin, Gorys Keraf, dan J.Crawford. Teori ini dilandasi oleh beberapa argument, antara lain :
Ø  Bangsa Melayu merupakan bangsa yang berperadaban tinggi. Peradaban ini tidak mungkin dapat dicapai apabila tidak melalui proses perkembangan dari kebudayaan sebelumnya.
Ø  Bahasa Melayu memang memiliki kesamaan dengan bahasa Champa (Kamboja), namun persamaan ini hanyalah suatu kebetulan saja.
Ø  Adanya kemungkinan bahwa orang Melayu adalah keturunan dari Homon soloensis danHomo wjakensis.
Ø  Adanya perbedaan bahasa antara bahasa Austronesia yang berkembang di Nusantara dengan bahsa Indo-eropa yang berkembang di Asia Tengah.

4
10

3.       
Apa yang di maksud dengan proto melayu dan deutro melayu
2
10


Total Bobot dan Skor
10
40
100

Pedoman penilaian:
Rentang Nilai: 0 -100

Skor  yang diperoleh
Nilai akhir =  -------------------------- x 100
Skor  maksimum

3)      Kompetensi Keterampilan
a.       Teknik: Praktik
b.      Bentuk Instrumen: Cheklist


No.
Aspek Penilaian
Kriteria Penilaian
Skor
1
2
3
4
1.        
Isi
Skor 4,   apabila isi laporan memenuhi empat kriteria, yaitu benar, rasional, runtut, dan lengkap sistematikanya
Skor 3,   apabila isi laporan memenuhi tiga dari empat kriteria, yaitu benar, rasional, runtut,
dan lengkap sistematikanya
Skor 2,   apabila isi laporan memenuhi dua dari empat kriteria, yaitu benar, rasional, runtut,
dan lengkap sistematikanya
Skor 1,  apabila isi laporan memenuhi satu dari empat kriteria, yaitu benar, rasional, runtut,
dan lengkap sistematikanya




2.        
Penggunaan Bahasa
Skor 4,  apabila memenuhi tiga kriteria, yaitu menggunakan bahasa baku, sesuai dengan EYD, dan mudah dipahami
Skor 3,   apabila memenuhi dua dari tiga kriteria,yaitu menggunakan bahasa baku, sesuai dengan EYD, dan mudah dipahami
Skor 2,   apabila memenuhi satu kriteria, yaitu menggunakan bahasa baku, sesuai dengan EYD, dan mudah dipahami
Skor 1,   apabila tidak memenuhi bahasa dan penulisan tidak sesuai EYD dan tidak mudah dipahami




3.        
Estetika
Skor 4,   jika memenuhi tiga kriteria
              yaitu kreatif, rapi, dan menarik
Skor 3,   jika memenuhi dua dari tiga  kriteria yaitu kreatif, rapi, dan menarik
Skor 2,   jika memenuhi satu dari tiga kriteria yaitu kreatif, rapi, dan menarik
Skor 1,    jika tidak memenuhi tiga kriteria yaitu kreatif, rapi, dan menarik




4.        
Presentasi
Skor 4,   jika mampu mempresentasikan dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan penuh secara percaya diri
Skor 3,   jika mampu mempresentasikan dengan benar secara substantif dan disampaikan secara percaya diri
Skor 2,   jika mampu mempresentasikan dengan kurang percaya diri
Skor 1,   jika tidak mampu mempresentasikan dengan benar secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan dengan tidak percaya diri.





Petunjuk Penskoran
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh    x  100
            Jumlah skor maksimal

……..., .............................. 20........  Mengetahui                                                                  
Kepala SMA                                                               Guru Mata Pelaj aran
______________________                                        Tio Algumeri S.Pd
NIP. ...                                                                                    NIP 3101013020


Tidak ada komentar:

Posting Komentar