Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Sekolah : SMA Negeri 3 Semarang
Mata pelajaran : Sejarah
Kelas/semester : XI/ gasal
Materi
pokok : Proses masuk dan
perkembangan penjajahan bangsa Barat
(latar belakang dan tujuan bangsa barat datang
ke Indonesia)
Alokasi waktu : 2 X 45 menit (1x
pertemuan)
A.
Kompetensi inti (KI)
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agamanya
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama,toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora, dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban yang terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapakan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar dan
menyaji dalam ranah konkritdan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan
Indikator
Kompetnsi dasar
|
Indikator
|
1.1 Menghayati nilai- nilai persatuan dan
keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa
sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan Negara Indonesia.
|
1.1.1 Mampu mengucap salam dan berdoa di awal dan
akhir pelajaran.
1.1.2 Mampu mengucap syukur didalam kelas.
|
2.1 Mengembangakan nilai dan perilaku
mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada kegigihan para pejuang
dalam melawan penjajah.
2.5 Berlaku jujur dan tanggung jawab dalam
mengerjakan tugas dari pembelajaran sejarah.
|
2.1.1 Mampu meneladani kegigihan para pejuang dalam
melawan penjajah.
2.5.1 Mampu bertanggung jawab dalam mengerjakan
setiap tugas sejarah yang diberikan oleh guru.
|
3.2 Menganalisis proses masuk dan perkembangan
penjajahan Bangsa barat (Portugis, Belanda, Inggris) di Indonesia.
|
3.2.1 Mendeskripsikan latar belakang dan tujuan
masuknya bangsa barat ke Indonesia.
|
4.2 Mengolah informasi tentang proses masuk dan
berkembangnya penjajahan Bangsa barat
dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
|
4.2.1 Menyajikan cerita tentang proses
masuknya Bangsa barat (melalui membuat peta pelayaran Bangsa barat ke
Indonesia ).
|
C. Tujuan Pembelajaran
Kompetensi Sikap Spiritual dan
Sosial
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta
didik dapat:
1.1.1.1Mampu
mengucap salam dan berdoa di awal dan akhir pelajaran.
1.1.1.2
Mampu mengucap syukur di dalam kelas.
2.1.1.1
Mampu meneladani kegigihan para pejuang dalam melawan penjajah.
2.5.1.1Mampu
bertanggung jawab dalam mengerjakan setiap tugas sejarah yang diberikan oleh guru.
Kompetensi Pengetahuan dan keterampilan
Pertemuan
pertama
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik mampu:
3.2.2.1
Memahami latar belakang masuknya bangsa
barat ke Indonesia.
3.2.2.2 Mendeskripsikan latar belakang masuknya bangsa
barat ke Indonesia.
3.2.2.3 Menganalisis tujuan bangsa barat datang ke
Indonesia.
3.2.2.4
Menjelaskan proses
masuknya bangsa barat ke Indonesia (membuat peta pelayaran ).
D.
Metode dan Model pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode
: Ceramah, Tanya jawab
Model
: Tebak
kata
E.
Media, alat dan sumber
belajar
Media
: Gambar rempah-rempah, power
point, kartu tebak kata
Alat : Laptop, Lcd, papan tulis,
kertas HVS, pensil, penghapus, penggaris
Sumber : Triyono, Suwito.2009. Sejarah sekolah menengah atas dan madrasah aliyah program IPS.Jakarta: BSE
http://harunarcom.blogspot.com/2014/01/tokoh-tokoh-penjelajahan-samudera.html
(di unduh pada 24 Maret 2014)
Latar
belakang bangsa Eropa datang ke Indonesia.htm (di unduh pada 24 Maret 2014)
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Langkah-langkah
kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Kegiatan pembuka
·
Guru mempersiapkan
secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan
melakukan berdoa, menanyakan kehadiran
peserta didik, kebersihan
dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Guru menjelaskan tentang Model pembelajaran yang akan
digunakan Tebak kata
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
·
Guru
mengarahkan dan membangkitkan motivasi siswa untuk melihat gambar kekayaan Indonesia berupa rempah-rempah
·
Guru melakukan pemaparan
materi tentang latar belakang dan tujuan bangsa barat datang ke Indonesia
·
Siswa
memperhatikan gambar rempah-rempah
·
Nilai yang dikembangkan :
ketelitian,kesungguhan, mencari informasi
Menanya
·
Guru memberikan waktu
kepada peserta didik untuk berinteraksi Tanya jawab tentang gambar atau slide
Nilai yang
dikembangkan : rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran yang kritis
Mengumpulkan
data
·
Siswa dipersilahkan membaca
buku paket atau sumber lain yang terkait dengan materi
·
Nilai yang dikembangkan :
ketelitian,
Mengasosiasikan
·
Siswa
diminta untuk mencari pasangan (2 orang)
·
Peserta
didik menganalisis data dan informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai
sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan
·
Nilai
yang dikembangkan : Kerja keras
Mengkomunikasikan
·
Guru meminta siswa untuk
berkumpul dengan pasangan dan beberapa pasang siswa maju kedepan kelas
·
Siswa
diberikan kertas dimana salah satu dari siswa tersebut menjadi penebak dan
pemberi pertanyaan
·
Siswa
yang menjadi pemeberi pertanyaan memberikan klu atau kata kunci kepada
pasangan yang menjadi penebak.
Terjadi komunikasi atau interaksi antar siswa yang dipandu oleh guru
Nilai yang
dikembangkan : kemampuan berfikir sistematis, mengungkapkan pendapat yang
singkat dan jelas
|
60 menit
|
Kegiatan
penutup
·
Guru memberi
penugasan peserta didik membuat peta jalur pelayaran
(portugis,Spanyol,Belanda, Inggris) ke Indonesia
·
Guru mengingatkan siswa
untuk tetap belajar dan menghimbau
kepada mereka untuk tidak segan bertanya jika ada hal yang belum dimengerti
pada pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G.
Penilaian
1.
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
1. Kompetensi
Sikap Spiritual dan Sosial
a.
Teknik
Penilaian: Observasi
b.
Bentuk
Instrumen: Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi:
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok/Tema :
…………………..
No.
|
Aspek
yang Diamati
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Berdoa sebelum
kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
2.
|
Mengucapkan syukur
ketika selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
3.
|
Menghargai dan menghormati sesama
|
|
|
|
|
4.
|
Memelihara hubungan baik dengan teman sekelas
|
|
|
|
|
5.
|
Menjaga
kebersihan lingkungan kelas
|
|
|
|
|
|
Total
Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran :
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh
:
Skor
diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta didik
memperoleh nilai :
Sangat Baik : apabila memperoleh skor 3,34 – 4,00
Baik : apabila memperoleh skor 2,66 – 3,33
Cukup
: apabila memperoleh
skor 1,66 – 2,65
Kurang
: apabila memperoleh skor
kurang 1,66
Tes terulis
Kompetensi
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes tertulis
b.
Bentuk Instrumen : uraian
c.
Kisi-kisi :
Kunci jawaban
1)
Kisah perjalanan Marcopolo (1254-1324)
seorang pedagang dari Venesia, Italia ke Cina yang dituangkan dalam buku “Book
of Various Experiences” mengisahkan tentang keajaiban dunia atau Imago mundi.
Jatuhnya
Konstantinopel, Ibukota Romawi Timur ke tangan kesultanan Turki tahun 1453
menyebabkan terputusnya hubungan dagang ke dunia Timur
Adanya semangat
penaklukan (Reconquesta) terhadap orang-orang yang beragama Islam serta membuat
daerah-daerah kekuasaan yang dimiliki kerajaan-kerajaan Islam tersebut.
Semangat penaklukan ini misalnya dilakukan oleh Spanyol – Ratu Isabella
membiayai penjelajahan Samodra Columbus tahun 1492 untuk mencari jalan ke
“Barat”
teknik pelayaran
dan penemuan kompas. Kompas dapat berfungsi menentukan arah dan posisi laut.
Mereka menciptakan kapal yang lebih mudah dan lebih cepat digerakkan dengan
memperbaiki konstruksi kapal serta memadukan layar yang berbentuk segi tiga
dengan tali temali persegi.
Penemuan Copernicus yang didukung oleh
Galileo-Galileo menyatakan bahwa bumi ini bulat. Pendapat ini memperkuat
keberanian para pelaut karena orang yang berlayar ke dunia Timur tidak akan
tersesat. Semakin ke Timur akan sampai ke tempat semula.
Adanya keinginan untuk mengetahui lebih
jauh mengenai rahasia alam semesta, keadaan geografi dan bangsa-bangsa yang
tinggal di belahan bumi lain.
Ingin memperoleh keuntungan/kekayaan
sebanyak-banyaknya.
2)
Imprealisme adalah usaha untuk menguasai
daerah lain atau perluasan daerah jajahan atau kekuasaan
3)
Perbedaannya adalah dari segi tujuan
imperialism itu sendiri Imperialisme kuno bertujuan 3G (gold, groly dan gospel)
gold sendiri diartikan sebagai semangat untuk mencari emas,kekayaan glory
adalah mencari kejayaan politik dan gospel adalah menyebarkan agama nasrani.
Sedangkan imperialisme modern bertujuan 3P yaitu, mencari daerah sebagai
pemasaran hasil barang industri, penghasil
bahan mentah dan penanaman modal
4)
Ferdinand Magelhaens, Bartholomeus Diaz,
Cornelis De Houtman, Alfonso d’Alburqueque
5)
Jatuhnya
Konstantinopel, Ibukota Romawi Timur ke tangan kesultanan Turki tahun 1453
menyebabkan terputusnya hubungan dagang ke dunia Timur. Bangsa Barat berusaha
mencari jalan sendiri ke pusat rempah-rempah di Asia. Salah
satu latar belakang bangsa barat datang ke nusantara adalah jatuhnya kota
Konstantinopel Istanbul ke tangan Turki Ustnami. Pada tahun
1453, Sultan Usmani Muhammad II yang bergelar Al-Fatih (Sang Penakluk)
menyerang Konstantinopel. Ibu kota pun berpindah dari Andrianopel ke
Konstantinopel atau disebut juga Istambul yang berarti “Tahta Islam”. Dengan
dikuasainya Konstantinopel ini berarti berakhirlah riwayat kekaisaran Romawi,
dengan demikian, pusat perdagangan rempah-rempah di Instambul dikuasai oleh
para pedagang Islam. Bagi masyarakat Eropa, rempah-rempah merupakan kebutuhan
vital. Jatuhnya kota Konstantinopel menyebabkan harga rempah-rempah melambung
tinggi. Untuk itu , tidak ada jalan lain bagi bangsa-bangsa Eropa kecuali
berusaha mencari barang berharga itu (rempah-rempah) langsung dari sumbernya,
khususnya Maluku yang dikenal sebagai The Spice Island, nasib
perdagangan orang-orang Eropa bergantung pada Usmani. Kota ini merupakan jalur
perdagangan. Dikuasainya Konstantinopel,
pusat perdagangan di sekitar laut tengah dikuasai oleh para pedagang Islam
sehingga para pedagang Eropa mengarungi Samudera Atlantik dan Samudera Hindia
yang belum dikuasai oleh kerajaan Islam.Orang-orang Portugis mengalihkan rute
pelayaran samudera dengan melewati pantai barat Afrika,ujung Afrika, timur Afrika terus ke samudera Hindia dan sampailah ke
Malaka dan Maluku.Hasil pelayaran ini nanti diikuti oleh pelayar-pelayar lain
dari eropa.Inilah salah satu sebab awal terjadinya praktik kolonialisme dan
imperialisme bangsa-bangsa Eropa atas negeri negeri di Asia.
Tebak Kata
2)
Kompetensi Keterampilan
a.
Teknik: tertulis
b.
Bentuk Instrumen:
lembar observasi
c.
Kisi-kisi:
1)
Non
test
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok/Tema : …………………..
NO
|
Aspek
yang dinilai.
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
Ketepatan
menunjukkan arah pelayaran dari (Portugis,Inggris, Belanda)
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kejelasan
menggambar peta
|
|
|
|
|
|
3
|
Keaktifan
peserta didik dalam mencari sumber belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran :
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh
:
Skor
diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta didik
memperoleh nilai :
Sangat Baik : apabila memperoleh skor 3,34 – 4,00
Baik : apabila memperoleh
skor 2,66 – 3,33
Cukup
: apabila memperoleh skor 1,66 – 2,65
Kurang
: apabila memperoleh skor
kurang 1,66
Semarang,
Maret 2014
Mengetahui,
Kepala SMAN 3 Semarang Guru Mapel
Sejarah
Drs
Bambang Nianto Mulyo, M.Ed ..............................
NIP. 19610429 199603 1 007
Lampiran Materi
Latar belakang
Datangnya Bangsa Barat Ke Indonesia
Faktor-faktor apakah
yang mendorong Bangsa-Bangsa barat menjelajahi Samudra menuju belahan dunia
Timur? Beberapa faktor pendorong penjelajahan Bangsa Eropa adalah:
a.
Kisah perjalanan
Marcopolo (1254-1324) seorang pedagang dari Venesia, Italia ke Cina yang
dituangkan dalam buku “Book of Various Experiences” mengisahkan tentang
keajaiban dunia atau Imago mundi.
- Jatuhnya Konstantinopel, Ibukota Romawi Timur ke tangan kesultanan Turki tahun 1453 menyebabkan terputusnya hubungan dagang ke dunia Timur. Bangsa Barat berusaha mencari jalan sendiri ke pusat rempah-rempah di Asia. Salah satu latar belakang bangsa barat datang ke nusantara adalah jatuhnya kota Konstantinopel Istanbul ke tangan Turki Ustnami. Pada tahun 1453, Sultan Usmani Muhammad II yang bergelar Al-Fatih (Sang Penakluk) menyerang Konstantinopel. Ibu kota pun berpindah dari Andrianopel ke Konstantinopel atau disebut juga Istambul yang berarti “Tahta Islam”. Dengan dikuasainya Konstantinopel ini berarti berakhirlah riwayat kekaisaran Romawi, dengan demikian, pusat perdagangan rempah-rempah di Instambul dikuasai oleh para pedagang Islam. Bagi masyarakat Eropa, rempah-rempah merupakan kebutuhan vital. Jatuhnya kota Konstantinopel menyebabkan harga rempah-rempah melambung tinggi. Untuk itu , tidak ada jalan lain bagi bangsa-bangsa Eropa kecuali berusaha mencari barang berharga itu (rempah-rempah) langsung dari sumbernya, khususnya Maluku yang dikenal sebagai The Spice Island, nasib perdagangan orang-orang Eropa bergantung pada Usmani. Kota ini merupakan jalur perdagangan. Dikuasainya Konstantinopel, pusat perdagangan di sekitar laut tengah dikuasai oleh para pedagang Islam sehingga para pedagang Eropa mengarungi Samudera Atlantik dan Samudera Hindia yang belum dikuasai oleh kerajaan Islam.Orang-orang Portugis mengalihkan rute pelayaran samudera dengan melewati pantai barat Afrika,ujung Afrika, timur Afrika terus ke samudera Hindia dan sampailah ke Malaka dan Maluku.Hasil pelayaran ini nanti diikuti oleh pelayar-pelayar lain dari eropa.Inilah salah satu sebab awal terjadinya praktik kolonialisme dan imperialisme bangsa-bangsa Eropa atas negeri negeri di Asia.
c.
Adanya semangat
penaklukan (Reconquesta) terhadap orang-orang yang beragama Islam serta membuat
daerah-daerah kekuasaan yang dimiliki kerajaan-kerajaan Islam tersebut.
Semangat penaklukan ini misalnya dilakukan oleh Spanyol – Ratu Isabella
membiayai penjelajahan Samudra Columbus tahun 1492 untuk mencari jalan ke
Barat.
- Berkembangnya teknik pelayaran dan penemuan kompas. Kompas dapat berfungsi menentukan arah dan posisi laut. Mereka menciptakan kapal yang lebih mudah dan lebih cepat digerakkan dengan memperbaiki konstruksi kapal serta memadukan layar yang berbentuk segi tiga dengan tali temali persegi.
- Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo-Galileo menyatakan bahwa bumi ini bulat. Pendapat ini memperkuat keberanian para pelaut karena orang yang berlayar ke dunia Timur tidak akan tersesat. Semakin ke Timur akan sampai ke tempat semula.
- Adanya keinginan untuk mengetahui lebih jauh mengenai rahasia alam semesta, keadaan geografi dan bangsa-bangsa yang tinggal di belahan bumi lain.
- Ingin memperoleh keuntungan/kekayaan sebanyak-banyaknya.
Tujuan Bangsa barat ke
Nusantara
Pada awalnya, tujuan kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia
hanya untuk membeli rempah-rempah dari para petani Indonesia.
Jenis rempah-rempah yang dicari dan dibutuhkan oleh bangsa Eropa adalah cengkeh, lada, pala dan bunga
pala yang disebut fuli. Fungsi rempah-rempah adalah untuk bumbu/melezatkan
masakan, obat-obatan, penghangat tubuh terutama pada musim dingin. Namun, dengan semakin
meningkatnya kebutuhan industri di Eropa akan rempah-rempah, mereka kemudian
mengklaim daerah-daerah yang mereka kunjungi sebagai daerah kekuasaannya. Di
tempat-tempat ini, bangsa Eropa memonopoli perdagangan rempah-rempah dan
mengeruk kekayaan alam sebanyak mungkin. Dengan memonopoli perdagangan
rempah-rempah, bangsa Eropa menjadi satu-satunya pembeli bahan-bahan ini.
Akibatnya, harga bahan-bahan ini pun sangat ditentukan oleh mereka. Hal ini
memunculkan imperialisme dan kolonialisme. Kolonialisme
sendiri adalah penguasaan suatu wilayah
dan rakyatnya oleh negara lain untuk tujuan-tujuan yang bersifat militer atau
ekonomi. Imprealisme adalah usaha untuk
menguasai daerah lain atau perluasan daerah jajahan atau kekuasaan. Tujuannya
adalah untuk memperoleh kekayaan, rizki, segala macam kemewahan dunia dan
kebendaan dengan segala macam cara. Imperialisme sendiri dibagi menjadi dua.
Yaitu, imperialisme kuno dan modern. Imperialisme kuno bertujuan 3G (gold,
groly dan gospel) gold sendiri diartikan sebagai semangat untuk mencari
emas,kekayaan glory adalah mencari kejayaan politik dan gospel adalah
menyebarkan agama nasrani. Sedangkan imperialisme modern bertujuan 3P yaitu,
mencari daerah sebagai pemasaran hasil barang industri, penghasil bahan mentah dan penanaman modal.
Bangsa yang melakukan imperialisme kuno adalah Portugis dan Spanyol, sedangkan
yang melakukan imperialisme modern adalah Belanda, Perancis, Jepang.
Untuk memperoleh
hak monopoli perdagangan ini, bangsa Eropa tidak jarang melakukan pemaksaan.
Penguasaan sering dilakukan terhadap para penguasa setempat melalui suatu
perjanjian yang umumnya menguntungkan bangsa Eropa. Selain itu, mereka selalu turut campur dalam urusan politik
suatu daerah. Bangsa Eropa tidak jarang mengadu domba berbagai kelompok
masyarakat dan kemudian mendukung salah satunya. Dengan cara seperti ini,
mereka dengan mudah dapat mempengaruhi penguasa untuk memberikan hak-hak
istimewa dalam berdagang.
Tokoh-tokoh penjelajahan Samudra
antara lain:
1.
Portugis
Vasco
Da Gama, Alfonso D’ Alburqueque, Bartholomeu Dias
2.
Spanyol
Columbus,
Ferdinand Magelhaens, Cortes & Pizzaro,Juan Sebastian Delcano
3.
Inggris
SirFrancis
Drake, Pilgrim Fathers, Sir James Lancester,George Raymond, Sir Herry
Middelton,William Dampier
4.
Belanda
Barentz,
Cornelis De Houtman, Abel Tasman
minta tolong filenya di kirim ke emailku ya lionheart.sape@gmail.com,...semoga alloh paring aman selamat lancar dan barokah
BalasHapus